Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Apr 16, 2018 by Gabriella Sakareza

Untuk kamu yang masih siswa dan sedang mempersiapkan masuk ke jenjang kuliah, pasti deg-degan akan seperti apa ya masa kuliah nanti? Belum lagi, kamu diharuskan memilih jurusan kuliah yang akan kamu hadapi selama masa perkuliahan kamu.

Memilih jurusan tentunya tidak boleh sembarangan. Apabila salah memilih jurusan, kamu bisa merasa terbeban dan mungkin tertekan untuk menyelesaikan masa perkuliahan. Paling cepat kuliah saja butuh waktu tiga tahun, tidak mau selama tiga tahun lebih kamu merasa tersiksa terus?

Maka itu, penting untuk kamu mengetahui dan memahami matang-matang mengenai jurusan kuliah yang akan kamu pilih. Ada tips yang perlu kamu ketahui sebelum memilih jurusan kuliah. Apa saja? Yuk simak berikut ini!

Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

1. Sesuaikan dengan impian

source: pixabay.com

Kamu sudah punya impian ini menjadi apa di masa depan? Misal kalau kamu ingin menjadi dokter, kamu bisa masuk jurusan kedokteran. Kalau mau menjadi akuntan, kamu bisa masuk jurusan akuntansi. Kalau ingin jadi pengacara atau hakim, kamu bisa masuk jurusan hukum.

Tapi kalau kamu belum bisa goal yang pasti, kamu bisa mencari referensi dari sekarang. Bisa dengan mengikuti berbagai seminar yang diadakan oleh beberapa kampus dan komunitas, yang memberikan pencerahan tentang masa kuliah.

2. Sejalan dengan jurusan di SMA

source: pixabay.com

SMA zaman sekarang pasti sudah ada penjurusan kan? Baik SMA maupun SMK. Apabila di sekolah umum, pasti ada jurusan IPA dan IPS. Beberapa sekolah ada yang dengan jurusan Bahasa. Apabila SMK, jurusannya bisa lebih spesifik lagi seperti perawat, koki, penjahit, dsb,

Ketika kamu kuliah, akan lebih mudah bagimu apabila ambil jurusan kuliah yang sejalan dengan jurusan waktu SMA. Misal, jurusan kedokteran berarti di jalur IPA, hukum di jalur IPS, psikologi di jalur IPA/IPS (berbeda-beda tiap kampus).

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa “menyebrang” jurusan kok. Bisa saja anak IPS masuk jurusan IPA, dan sebaliknya. Hanya, perjuanganmu akan jadi dua kali lebih berat mempelajari hal yang tidak kamu pelajari sebelumnya.

3. Jangan pilih jurusan hanya karena disuruh orang tua

tips memilih jurusan kuliah img
source: pixabay.com

Kasus ini sering terjadi. Orang tua memaksakan anaknya untuk mengambil jurusan tertentu. Padahal, kamu harus ingat yang menjalani masa kuliah adalah kamu, bukan orang tua. Hanya menjalani apa yang diimpikan orang tua belum tentu membuatmu bahagia, dan bisa jadi kamu malah semakin tertekan.

4. Pahami yang dipelajari dalam suatu jurusan

jurusan kuliah tepat img
source: pixabay.com

Kalau kamu sudah menentukan nih akan masuk jurusan apa, pastikan kamu sudah tahu kira-kira pelajaran apa saja yang akan kamu dapatkan nanti. Misal kamu masuk jurusan yang berhubungan dengan ekonomi, kamu pasti akan mendapatkan pelajaran seperti aljabar, hitungan keuangan, dsb,

Kalau kamu masuk jurusan hukum, kamu akan dapat mata pelajaran mengenai logika hukum, jenis-jenis kasus dan tingkatannya dalam hukum, dsb.

5. Pahami jenjang kariernya

jurusan kuliah yang tepat img
source: pixabay.com

Kamu pasti sering dengar nih ada beberapa jurusan yang dianggap tidak ada jenjang kariernya. Seperti filsafat, seni rupa, kriminologi, sosiologi, dsb. Tapi, di zaman sekarang, jurusan memang tidak selalu menjanjikan jenjang karier kamu. Namun akan lebih baik kalau kamu pilih jurusan yang mengantarkanmu pada profesi impianmu.

6. Ketahui kesulitan di suatu jurusan

Mau jurusannya sesuai impianmu atau tidak, tapi setiap jurusan pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Bahkan ada beberapa jurusan yang sudah dicap sebagai “jurusan susah”. Pastikan selain kamu tahu apa yang akan dipelajari, kamu juga sudah mengetahui apa saja kesulitan dalam jurusan tersebut.

Kamu bisa berkonsultasi dengan bagian akademik di suatu kampus, atau mengikuti seminar yang diadakan di kampus. Di internet sudah banyak orang-orang yang menulis review tentang perkuliahan tertentu, dan menginformasikan apa saja yang dipelajari dan kesulitannya.

Baca juga

Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Cara Unik Belajar Tanpa Harus Kuliah Lagi

Duh, Aku Salah Jurusan Kuliah. Harus Gimana Ya?

Related Articles