Tips Mengatur Keuangan Pacaran Ini Bakal Bikin Kamu Makin Lengket

Apr 27, 2018 by Dira L

Cara kamu dan si dia mengatur keuangan juga bisa jadi masalah besar dalam pacaran. Tips mengatur keuangan pacaran ini bakal bikin kamu makin lengket!

Saat pacaran sudah mencapai tahap serius, apa saja yang akan kamu dan si dia bicarakan? Isu satu ini juga memang sedikit sensitif, tapi sudah waktunya kamu mulai membicarakan bagaimana mengatur keuangan pacaran bersama.

Tidak ada keputusan yang salah atau benar kok bagaimana cara kamu mengatur keuangan bersama. Hal terpenting adalah berdiskusi bersama dan mencari solusi yang nyaman untuk kamu dan pasangan.  Berikut tips mengatur keuangan pacaran yang bakal bikin kamu makin lengket.

Pahami Pola Pikir Caranya Mengatur Keuangan Pacaran

mengatur keuangan pacaran
Photo by Artem Bali from Pexels

Penulis buku Money and Marriage berpendapat bahwa seringkali pertengkaran antar sepasang kekasih dalam mengatur keuangan terjadi bukan akibat permasalahan uang. Namun, emosi yang timbul dari keduanya. So, untuk menghindari bentrokan emosi ini, sebaiknya kamu dan pasangan memahami bagaimana cara pandang satu sama lain mengatur keuangan selama ini. Menyatukan dua kepala itu bukan perihal mudah. Maka sebelum kamu berembuk bersama untuk mengatur keuangan berdua, sebaiknya pahami poin ini dulu.

Posisi yang Sama

mengatur keuangan pacaran
Photo by Leah Kelley from Pexels

Sekarang bisa jadi kamu sudah bekerja, begitu pun pasangan. Jadi, setiap bulannya aka nada dua sumber pendapatan berbeda. Bila nanti memutuskan untuk menikah, dan si dia meminta kamu menjadi ibu rumah tangga, maka lain hal. Satu sumber pendapatan akan hilang. Pastikan perubahan ini tidak berdampak pada posisi siapa yang memegang kendali. Lihatlah keduanya secara sama rata, di posisi yang sama. Jangan sampai bikin kamu merasa minder dan bersalah karena tidak bisa menyumbangkan pendapatan. Dari rumah pun, kamu masih bisa mendapatkan penghasilan dengan berjualan atau bekerja remote.

Jangan Bebani Pasangan Secara Berlebihan

mengatur keuangan pacaran menjadi romantis img
Photo by freestocks.org from Pexels

Kamu atau si dia, siapa yang sering kali bertanggung jawab untuk segala pengeluaran saat pacaran? Sebaiknya, jangan bebani satu pihak secara berlebihan. Kalian berdua harus saling support untuk setiap pengeluaran selama pacaran. Saat kamu sedang punya uang lebih, kamu bisa traktir si dia, begitu pun sebaliknya.

Budgeting Itu Penting

tips mengatur keuanngan pacaran img
image source: pexels.com

Ngapain sih pakai bikin bujet segala. Repot ah! Aduh, budgeting itu penting lho! Bukan cuma bikin kamu teratur untuk menghabiskan uang untuk hal-hal apa saja. Kamu juga bisa lihat segala catatan pengeluaranmu selama ini itu ke mana habisnya.

Dana Pribadi

mengatur keuangan pacaran dengan pasangan img
Photo by Jessica Lewis from Pexels

Selain plan A, tentu saja harus ada plan B. Mengatur keuangan bersama memang rasanya romantis ya, tapi ini bisa jadi juga boomerang. Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, jadi sebaiknya sisakan juga untuk memiliki dana pribadi. Bila suatu hari, hal-hal buruk terjadi dan kamu tidak lagi bersamanya, kamu masih memiliki simpanan dana pribadi.

Baca Lebih Lanjut

Detoks Pacaran, Cara Terbaik Move On dari Mantan

Ucapan-Ucapan yang Bakal Bikin Pacarmu Bahagia dan Hubunganmu Bertahan Lama

Related Articles