Tips Mempersiapkan dan Memilih Isi Kotak Seserahan

May 15, 2018 by carmelw

Di Indonesia ada sebuah tradisi yang biasanya dilakukan oleh calon mempelai sebelum memasuki tahapan perkawinan, yakni tradisi seserahan. Tradisi ini umumnya dimaknai sebagai wujud tanggung jawab pihak mempelai pria kepada mempelai wanita.Tanggung jawab ini kemudian diwujudkan dalam bentuk pemberian barang-barang sesuai dengan kebutuhan dari calon mempelai wanita.

Isi kotak seserahan

seserahan
Sumber: shutterstock.com

Mengenai jumlah seserahan yang diberikan tidak ada jumlah pastinya, hanya saja pada tradisi Jawa ada yang mewajibkan jenis seserahan berjumlah ganjil misalnya 5,7,9, 11, dan sebagainya, yang biasanya meliputi:

Perlengkapan Ibadah (Sholat)

Mempelai pria biasanya memberikan hantaran yang salah satu jenisnya berisi perlengkapan ibadah atau perlengkapan sholat seperti mukena, sajadah, dan al-quran kepada calon istrinya. Hantaran ini dimaksudkan agar sang wanita dapat menjadi pendamping dan istri yang sholeha.  Selain itu pemberian perlengkaapan ibadah ini dianggap sebagai bentuk dan simbol bimbingan sang pria kelak kepada sang istri.

Perlengkapan mandi

Umumnya perlengkapan mandi yang diberikan berupa produk perawatan tubuh dan wewangian seperti sabun, shampoo, handuk, dan lain sebagainya.

Pakaian dalam

Untuk urusan pakaian dalam biasanya sang mempelai wanita yang memilih sendiri barang-barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dimasukkan ke dalam kotak seserahan. Isi kotak biasanya terdiri dari satu set underwear, lingerie, dan juga baju tidur.

Perlengkapan kosmetik

Sama seperti urusan pakaian dalam, perlengkapan kosmetik biasanya juga dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan mempelai wanita. Sebab, selain jenisnya yang banyak, tidak semua orang memakai produk dari merek yang sama untuk berbagai kosmetik yang dipakainya.

Perhiasan

Ada makna kehidupan yang bersinar dan penuh harapan yang terkandung dalam seserahan pernikahan berupa perhiasan bagi sang wanita. Namun, perhiasan ini tidak wajib dan biasanya disesuaikan dengan kesepakatan dan budget yang ada.

Perlengkapan pesta

Ada banyak ragam yang bisa dimasukkan dalam perlengkapan pesta ini, misalnya kain, kebaya, tas pesta, sepatu, dan lain sebagainya.

Makanan dan buah-buahan

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada hantaran berupa makanan atau buah-buahan yang disertakan dalam seserahan tersebut. Namun terlepas, dari semua itu ada harapan agar kehidupan calon pengantin selalu manis dan segar seperti layaknya buah dan makanan yang dibawa.

Tips memilih hantaran seserahan

seserahan
Sumber: shutterstock.com

Selain jenis barang dan syarat yang harus dipenuhi saat seserahan, ada beberapa tips efektif yang bisa diikuti saat memilih hantaran seserahan. Berikut beberapa di antaranya:

Buat daftar barang yang dibutuhkan

Untuk memilih barang untuk seserahan, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, bukan yang hanya sekedar bertujuan mempercantik isi kotak. Tujuannya agar barang tersebut tidak sia-sia dan dapat bermanfaat nantinya.  Sedangkan daftar barang diperlukan untuk mengecek apakah tidak ada barang yang terlewat untuk dibeli dan juga sebagai panduan perkiraan untuk anggaran yang akan dikeluarkan.

Atur anggaran

Setelah membuat daftar barang, atur anggaran dan sesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya besarnya anggaran disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, tidak perlu berlebihan,  sebab masih banyak pengeluaran yang dibutuhkan setelah menikah.

Jangan membeli dengan terburu-buru

Membeli hantaran seserahan bisa dilakukan jauh-jauh hari dan tidak perlu dilakukan dalam satu waktu, apalagi dengan terburu-buru.  Manfaatkan moment promo dan diskon agar dapat menekan pengeluaran untuk hal lainnya.

Pertimbangkan untuk belanja secara online

Jaman sekarang, banyak orang lebih memilih untuk belanja secara online. Alasannya tentu saja elain lebih mudah untuk mendapatkan barang yang diinginkan, juga menghemat waktu dan biaya untuk menuju pusat perbelanjaan.

Kemaslah dalam kotak cantik

Pertimbangkan juga untuk mengemas hantaran dengan menggunakan kotak cantik yang akan memperindah penampilan. Daripada membuat sendiri,  saat ini ada banyak vendor yang menjual berbagai kemasan yang mendukung berbagai acara.

Nah, itulah beberapa tips memilih seserahan lamaran yang bisa Miignon bagi kali ini. Apakah kamu punya tips lainnya? Bagi pengalamanmu di kolom komentar yuk.

 

Related Articles