Tips Memilih Shampoo Yang Tepat Untuk Rambut Diwarnai

Feb 15, 2017 by carmelw

Mewarnai rambut bisa diibaratkan dengan menemukan tambatan hati. Kala pewarnaan yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan membuat tampilan jadi makin kece, rasanya sayang banget kalau warna tersebut harus luntur. Ya, memang seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan rambut, warna cat rambut akan memudar perlahan-lahan. Tetapi sayang banget ‘kan kalau pudarnya cepat banget hanya dalam hitungan kurang dari 6 bulan?

Banyak orang yang menggantungkan harapan akan awetnya pewarnaan rambutnya pada kualitas cat rambut yang digunakan. Tetapi kenyataannya justru lain. Sekalipun merk dan kualitas cat rambut yang dipilih adalah yang paling top, memilih shampoo yang salah akan membuyarkan segalanya.

Shampoo juga berperan penting pada keawetan cat rambutmu. Seperti investasi, untuk kamu yang mengecat rambut juga harus memilih shampoo yang tepat yang mampu mengunci pigmentasi cat rambut dengan baik.

Apa sih penyebab warna cat rambut memudar?

Penyebab warna cat rambut memudar ada 5 faktor, yaitu:

  • Kandungan sulfat pada shampoo: Sulfat sangat umum digunakan pada produk-produk perawatan rambut, terutama shampoo. Ini dikarenakan sulfat mampu menghasilkan busa lebih banyak. Jika rambutmu dicat, hindari menggunakan shampoo yang menggunakan sulfat agar warna tidak memudar.
  • Mencuci rambut langsung setelah diwarnai: Hal ini akan menyebabkan warna rambut jadi gampang memudar. Tunggulah sekitar tiga hingga empat hari agar cat rambut ‘meresap’ ke dalam rambut, barulah aman untuk mencuci rambut.
  • Mencuci rambut dengan air panas: Big no no! Bayangkan air panas yang mengguyur permukaan wajan yang berminyak. Seperti itulah kondisi rambut kita saat diguyur air panas langsung. Air panas seolah ‘membersihkan’ cat rambutmu. Cucilah rambut dengan air dingin agar warna rambut lebih tahan lama dan kulit kepala pun lebih sehat.
  • Terlalu banyak menggunakan produk styling dan terpapar sinar matahari: Segala hal yang berhubungan dengan panas, akan melunturkan warna cat rambutmu. Gunakan heat protector ke seluruh batang rambut sebelum memakai alat styling. Minimalkan penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut, sebaiknya keringkan dengan cara alami.
  • Kandungan air : Jangan salah, air untuk cuci rambut juga bisa berperan menjadi agen peluntur cat rambutmu. Elemen-elemen kalsium dan magnesium yang terkandung dalam air untuk cuci rambut ini merupakan problem yang mengikis pigmentasi cat rambutmu perlahan-lahan.

Bagaimana cara memilih shampoo untuk rambut yang diwarnai?

Ada lima cara memilih shampoo untuk rambut diwarnai agar lebih awet, yaitu:

1. Mengandung banyak pelembab

Shampoo yang cenderung ‘panas’ dan kering untuk rambut, tidak cocok untuk rambut yang diwarnai. Meski rambutmu cenderung berminyak, pilihlah shampoo yang mengandung banyak pelembab agar tidak mengikis pigmentasi warna cat rambutmu.

2. Pilih shampoo yang mengandung panthenol

Warna rambut memudar karena paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu pilihlah shampoo yang mengandung panthenol, almond oil, sunflower oil dan kedelai karena bahan-bahan ini bersifat sebagai ‘mantel’ untuk rambut.

3. Hindari menggunakan shampoo dengan bahan-bahan sulfat

Beberapa kandungan yang terkandung dalam shampoo normal tidak cocok untuk rambut yang diwarnai. Kandungan tersebut adalah sodium lauryl sulfate, ammonium laureth sulfate, ammonium lauryl sulfate, sodium thiosulfate, TEA lauryl sulfate, ammonium xylene sulfonate, magnesium sulfate, alkyl sodium sulfate, selenium sulfide dan sulfur.

4. Pilih shampoo yang mengandung dimetichone

Shampoo dengan kandungan dimetichone akan melembabkan rambut yang diwarnai sehingga jadi lebih mudah diatur dan terasa lebih lembut. Dimetichone termasuk dalam golongan silikon.

5. Shampoo untuk rambut diwarnai dipesan secara khusus

Biasanya, shampoo untuk rambut diwarnai tidak disediakan di swalayan-swalayan umum. Shampoo-shampoo dengan formulasi khusus ini disediakan oleh salon atau professional stylist. Satu hal yang perlu diingat, karena kandungannya yang istimewa, shampoo untuk jenis ini harganya lebih mahal ketimbang shampoo-shampoo drugstore.

Mewarnai rambut perlu ketelatenan dan pastinya budget yang tidak sedikit. Tetapi jika kamu mampu melakukannya, kenapa tidak? Siap bereksperimen dengan warna rambut untuk mengekspresikan diri?

 

Related Articles