Tips Bahagia Mudah & Murah: Berjemur di Bawah Sinar Matahari, Ini Faktanya

Jan 12, 2018 by carmelw

Girls, pernah nggak kamu merasa hari-harimu tampak suram dan cenderung kurang bersemangat saat mendung dan matahari hanya bersinar sedikit?  Ternyata, hal ini berkaitan dengan sinar matahari yang dapat mempengaruhi diri kita secara emosional.

Sinar matahari selama ini dikenal sebagai sumber utama vitamin D, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sel-sel dalam tubuh, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, sinar matahari juga berperan terhadap pertumbuhan sel dan tulang serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh seseorang yang diproduksi saat kulit terkena paparan sinar matahari.

Nggak hanya itu, berada di bawah sinar matahari terutama di pagi hari terbukti juga dapat menyehatkan diri secara emosional. Faktanya, durasi waktu antara matahari terbit  dan matahari terbenam ternyata dapat mempengaruhi suasana hati semua orang. Bahkan melebihi faktor lainnya seperti suhu udara, polusi, dan hujan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sinar matahari terbukti secara efektif dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang seiring dengan meningkatnya kadar serotonin dalam tubuh saat terkena cahaya yang terang. Hal ini terutama terjadi pada penderita Seasonal Affective Disorder (SAD). SAD merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami depresi secara klinis karena merasa kurang adanya sinar matahari.

Pada kondisi demikian, penderita SAD dapat melakukan terapi cahaya yang sangat membantu mengatasi depresi secara efektif. Sebab, terang pada cahaya secara umum juga dapat mempengaruhi sistem melatonin-serotonin untuk membantu meningkatkan mood. Itu artinya, laju produksi serotonin oleh otak berhubungan langsung dengan seberapa lama durasi cahaya terutama sinar matahari mempengaruhi suasana hati.  

Bagaimana sinar matahari dapat membuat bahagia?

Sinar matahari terutama di pagi hari mampu mengatur ulang jam sirkadian dan menghasilkan vitamin D dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang asisten profesor di Universitas Zayed, menemukan bahwa seseorang yang sering terpapar cahaya matahari akan dapat memacu terciptanya vitamin D dalam tubuh. Dan kemudian dapat memperbaiki mood, turut membenahi suasana hati, serta membantu meningkatkan kebahagiaan di dalam diri.

Selain itu paparan cahaya matahari juga dapat merangsang produksi zat serotonin, dopamin, dan beta-endorfin, serta menekan hormon melatonin yang paling sensitif terhadap rangsangan cahaya.

Sinar matahari dapat mengurangi rasa nyeri dan menurunkan tingkat stres

sinar matahari img
Sumber: pexels.com

Sinar matahari selain dapat mempengaruhi mood, ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri. Hal itu menjadi pendukung dalam penggunaan obat penghilang rasa sakit bagi para pasien yang sedang menjalani operasi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Pittsburgh, ditemukan bahwa para pasien yang ditempatkan di kamar yang terang dapat menurunkan tingkat stres yang dialaminya dibandingkan dengan pasien di kamar yang redup. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa paparan sinar matahari secara tidak langsung juga turut berperan untuk memperbaiki mood seseorang.

Berapa lama sebaiknya kita berjemur setiap harinya?

padang rumput pic
Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, tubuh tidak memerlukan waktu yang lama untuk berjemur dan membentuk vitamin D. Bagi mereka yang berkulit putih hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja per harinya. Sedangkan pada orang yang memiliki jenis kulit yang lebih gelap membutuhkan waktu lebih lama lagi, sekitar 90 menit.

Namun, sebenarnya kita tidak perlu berlama-lama berjemur diri. Sebab dengan melakukannya secara rutin dua hingga tiga kali dalam sepekan sudah cukup untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk kebutuhan seharian. Di Indonesia, waktu yang baik untuk terpapar sinar matahari adalah sebelum pukul 11 siang, dimana intensitas sinar UVB tertinggi terjadi pada pukul 11 hingga pukul 1 siang.

Jadi, buat kamu yang pingin merasa bahagia, nggak ada salahnya mulai sekarang banyakin berjemur di bawah cahaya matahari, Girls. Namun, jangan lupa, agar lebih aman gunakan pelindung matahari sebelum melakukannya.

Related Articles