Tips Agar Tidak Kalap Makan Saat Buka Puasa

May 23, 2018 by Larissa

Tenang saja, bukan kamu saja yang kalap makan saat buka puasa, girls. Sebenarnya kalap makan saat bedug Magrib berkumandang bisa dimaklumi. Biar bagaimanapun kamu pasti sudah enggak sabar untuk menyantap makanan yang mungkin sudah kamu bayangkan sepanjang hari. Tapi, kalap makan itu sebenarnya tidak dianjurkan karena bisa berakibat buruk terhadap kesehatan perutmu, loh.

Perutmu selama kurang lebih 14 jam telah kosong, jadi jika kamu langsung memasukkan beragam jenis makanan dan minuman, perutmu pasti akan kaget. Hal ini akan mengakibatkan perutmu merasa tidak enak dan kemungkinan masalah perut akan muncul. Jadi, alangkah baiknya kalau kamu tidak kalap makan saat buka puasa. Caranya mudah jika kamu menerapkan 4 hal ini!

 

1. Batasi menu buka puasa

Sebenarnya jika kamu tidak memiliki piliha menu buka puasa yang bejibun, kamu tidak akan kalap makan. Jika di meja makanmu terdapat banyak makanan, kamu pasti akan tergoda untuk mencoba semuanya. Hal itulah yang membuatmu tidak bisa berhenti makan dan pada akhirnya kekenyangan. Jadi, solusinya adalah jangan biarkan meja makanmu terlalu penuh. Tahanlah dirimu untuk membuat atau membeli berbagai pilihan takjil, makanan, dan minuman untuk berbuka. Batasi menu buka puasamu. (Baca juga: Resep Takjil Lezat dan Mudah Untuk Buka Puasamu)

 

2. Makan makanan berserat lebih dulu

Shutterstock

Sama seperti di kala makan biasa, manusia sebenarnya disarankan untuk memakan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan sebelum memakan makanan inti. Saat buka puasa pun sama. Begitu bedug berkumandang, usahakan makanan pertama yang kamu konsumsi adalah sayuran atau buah. Makanan berserat lambat dicerna sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. (Baca juga: Buah-Buahan Pilihan Berbuka Puasa Yang Manis dan Sehat)

 

3. Jangan makan makanan berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan sudah pasti akan terasa nikmat dimakan setelah seharian berpuasa. Tapi, percaya atau tidak, meski terbilang makanan snack, gorengan sebenarnya memiliki kalori yang tinggi. Sehingga jika kamu memakan gorengan sebagai pembuka, lalu setelahnya kamu makan makanan berat, perutmu akan luar biasa penuh dan tentunya semua kalori itu akan sulit dicerna nantinya.

 

4. Hindari minuman manis

tips agar tidak kalap makan saat buka puasa img
Shutterstock

Setelah puasa seharian, haus dahaga di mulut dan tenggorokan pasti bagaikan meraung-raung meminta diguyur minuman segar dan manis. Tapi minuman manis seperti es buah, sirup, atau kolak sebenarnya hanya akan menimbulkan rasa lapar beberapa jam setelah makan. Hal ini membuatmu terus menerus makan dan tidak kenyang-kenyang sebelum sadar sebenarnya perutmu sudah penuh. Jadi, sebaiknya berbukalah dengan air putih, ya.

 

Related Articles