Tidak Hanya Pempek, Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba!

May 05, 2018 by Gabriella Sakareza

Sudah rahasia umum kalau negara Indonesia tercinta kita itu punya begitu banyak pilihan kuliner. Tidak hanya yang mainstream seperti rendang dan nasi goreng, masih sangat banyak pilihan kuliner yang harus dikenal dan diakui, terutama dari warga Indonesia sendiri! Karena Indonesia punya begitu banyak provinsi dan kota, ternyata di setiap daerah juga punya kuliner khasnya masing-masing lho!

Kalau ditanya pempek merupakan makanan khas daerah mana, kamu pasti bisa langsung jawab kan? Ya, tak lain tak bukan adalah Palembang. Makanan berbasis dasar ikan ini begitu nikmat, apalagi kalau ditambah dengan cuka pedas. Tapi, apakah cuma pempek yang merupakan makanan khas Palembang? Tentu tidak!

Jadi kalau kamu akan atau sedang mengunjungi kota Palembang, pastikan jangan hanya mencicipi pempek saja! Banyak pilihan kuliner lain yang harus ketahui dan coba. Apa saja? Yuk simak!

Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba!

1. Tekwan

source: dapurkobe.co.id

Kalau pempek dinikmati dengan cuka, kali ini kita membahas makanan berkuah. Mungkin bisa dibilang seperti sup ya. Tekwan adalah makanan dengan kuah udang yang isinya ada daging ikan dan tapioka, irisan bengkoang dan jamur, soun, dan daun bawang. Tekwan berasal dari kata “Berkotek Samo Kawan”, yang dalam bahasa Palembang artinya duduk mengobrol bersama teman.

2. Model

source: okezone.com

Eits, model di sini bukan model yaitu seseorang sebagai objek foto ya. Bukan hehe. Model adalah makanan khas Palembang yang mirip dengan tekwan, namun isinya tentu berbeda. Apabila tekwan berisikan daging ikan dan tapioka, dalam model, adonan ikan dicampur dengan tahu lalu digoreng sebelum dicampur dengan kuah.

3. Mie Celor

source: belanga.id

Makanan khas Palembang yang satu ini punya citarasa gurih seafood yang kuat. Kuahnya sedikit kental dan berwarna putih dari penambahan santan. Sajian ini cukup unik karena mie kuning sebagai bahan utama tidak dimasak bersamaan dengan bahan lainnya. Sesaat akan disajikan, mie kuning baru akan disiram dengan kuah berbumbu yang telah dimasak tersendiri dengan bahan lainnya.

4. Pindang

source: rasamasa.com

Mungkin memang bisa dibilang menu khas Palembang itu terlalu lekat dengan ikan atau udang ya. Kalau pindang, sudah pasti menggunakan menu dasar yaitu ikan. Pindang adalah hasil olahan ikan dengan cara kombinasi perebusan (pemasakan) dan penggaraman. Biasanya ikan yang sering digunakan adalah ikan patin, ikan gabus atau ikan baung. Namun biasanya yang lebih populer adalah pindang patin.

Baca juga

Tujuan Kuliner Pantai Indah Kapuk Yang Harus Kamu Coba

Ide-Ide Bisnis Kuliner yang Simpel, Tapi Untungnya Jutaan. Wajib Coba!

Related Articles