Tiap Orang Berbeda Cara Menggunakan Uang, Kamu Yang Tipe Mana?

Apr 30, 2018 by carmelw

Karakter atau kepribadian manusia bisa dinilai melalui banyak hal, misalnya dari cara dia berbicara, hobi atau kegemaran, warna kesukaan, horoskop, dan lain sebagainya. Namun, nggak banyak orang yang tahu bahwa kepribadian juga dapat ditunjukkan melalui cara seseorang memperlakukan dan menggunakan uang dalam kehidupan sehari-harinya. Meskipun terlihat sepele, tapi karakter orang terlihat dari caranya saat mengatasi masalah yang berhubungan dengan keuangan.

Kekayaan, kemakmuran, atau dalam hal ini kebiasaan seseorang dalam menilai sisi finansial dapat digunakan untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan karakter atau pribadinya yang secara tidak disengaja terbentuk dari kebiasaan-kebiasaannya memandang masalah finansial.

Penasaran, seperti apa gambaran karakter orang dari cara menggunakan uang? Berikut ini pembahasannya:  

 

Berikut ini beberapa cara menggunakan uang versi Miignon, tipe kamu yang mana ya?

 

cara menggunakan uang dalam hidup img
Sumber: shutterstock.com

Tipe Penimbun

Tipe ini terungkap seiring dengan berjalannya waktu, terutama saat seseorang mulai belajar bagaimana cara memisahkan antara kebutuhan dan kesenangan hidup. Jika kamu termasuk lama tipe ini, artinya tidak ada yang namanya pengeluaran mendadak. Semuanya harus dipikirkan dan dipertimbangkan baik-baik sesuai dengan rencana yang yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kamu akan sangat ketakutan menjadi miskin di kemudian hari hanya karena menghamburkan uang di masa sekarang sehingga tidak dapat menyimpan banyak uang untuk masa depan.

Sayangnya, demi alasan keamanan finansial yang kamu terapkan sebagai sebuah prinsip hidup, banyak orang di sekitarmu yang akhirnya menganggap kamu pelit, terutama karena kebiasaanmu yang sulit atau bahkan tidak mau mengeluarkan uang.

Tipe Pemain

Jika tipe pertama sulit mengeluarkan uang, sebaliknya tipe berikut ini justru sangat mudah menghabiskan uang alias boros. Cara menggunakan uang oleh tipe ini cenderung untuk kesenangan pribadi.

Jika kamu termasuk dalam golongan ini, artinya kamu adalah orang yang memandang hidup semudah saat kamu mengeluarkan uang. Cara menggunakan uang sama dengan cara kamu memandang hidup sebagai sebuah permainan dan kemakmuran adalah sebuah prinsip hidup. Artinya, dengan uang orang dapat menilai kehidupan orang lain, termasuk bagaimana cara mengembangkan diri dan tujuan hidupnya.

Kamu tipe orang yang sangat konsumtif dan terlalu gengsi untuk mengakui keterbatasan masalah finansialmu. Bahkan, kamu tidak peduli apakah keputusan finansial yang kamu ambil termasuk tindakan yang baik atau tidak, asalkan itu dapat  memperlihatkan bahwa kemapanan.

Baca Juga: Faktanya, Suka Jajan Bikin Boros. Yuk Terapkan 5 Tips Menghemat Uang Makan Ini

Tipe Penghindar

Kamu menganggap bahwa masalah finansial adalah hal yang tidak sepatutnya dibahas. Bagimu pembahasan tentang finansial dapat mempengaruhi kehidupan baik secara sikap, kenyakinan, bahkan emosi dalam berperilaku.

Kecenderunganmu adalah menghindari topik mengenai keuangan, baik itu soal investasi, pengelolaan keuangan, dan aneka topik lainnya. Bagimu hal-hal tersebut hanya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Itulah yang membuatmu sulit untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan masalah finansial.

Biasanya, orang -orang yang termasuk tipe ini, saat sudah menikah tidak akan mau tahu tentang segala urusan keuangan. Umumnya mereka akan menyerahkan urusan finansial kepada pasangannya termasuk dalam hal mengatur tagihan dan pengeluaran rumah tangga.

Tipe Perencana

Berbeda dengan tipe penimbun yang seringkali tidak mau mengeluarkan uang, tipe perencana lebih tahu mana saat yang tepat untuk mengeluarkan uang, mana saat tepat untuk melakukan penghematan. Jika kamu masuk dalam tipe ini, kamu tahu bagaimana cara memperlakukan uang dengan baik termasuk juga tak ragu untuk mengeluarkannya jika itu dapat mendukung tujuan hidup jangka panjang.

Misalnya saja, saat berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kamu akan berusaha untuk menyisihkan pendapatan tambahanmu untuk tujuanmu tersebut ketimbang menghabiskannya untuk bersenang-senang. Sayangnya, tipe perencana ini seringkali merasa kesulitan untuk mengatur keuangan jangka pendeknya, karena terlalu fokus untuk mengarahkan diri pada rencana jangka panjang.

Keempat tipe kepribadian di atas tentunya ada positif dan negatifnya. Cara menggunakan uang berhubungan erat dengan pengelolaan. So, kamu masuk tipe orang dengan cara menggunakan uang yang mana?

Baca Juga: 6 Hal Yang Bikin Boros Tanpa Disadari, Sumber Raibnya Uangmu

 

Related Articles