Thermal Water vs Micellar Water, Air-Air Ajaib Untuk Kulit Cantik dan Sehat

Mar 14, 2017 by carmelw

Beberapa tahun belakangan ini, dunia perawatan kulit diramaikan oleh air-air ajaib yang konon bisa membersihkan wajah dengan maksimal. Meski terlihat teksturnya seperti air kebanyakan, tetapi ternyata air-air ajaib ini punya berbagai manfaat lho. Yang paling banyak dijual di pasaran adalah thermal water dan micellar water. Apa sih bedanya?

Perbedaan Thermal Water dan Micellar Water

Thermal water untuk mengatasi permasalahan kulit

thermal water mengatasi masalah kulit pic
Sumber: nosotras.com

Seringkali ketika kita membahas tentang thermal water, banyak yang belum memahaminya, dan kemudian bertanya-tanya “Apa sih thermal water itu?” kemudian akan dilanjutkan dengan pertanyaan ” Emang buat apa sih, paling juga  sama seperti air biasa kan?” No, no.. No.. Thermal water ini adalah  air ajaib yang punya banyak manfaat untuk kecantikan kulitmu. Secara umum sih sebenarnya thermal water ini berasal dari sumber mata air yang  berasal dari dalam tanah. Di mana air tersebut menjadi panas  karena  aktivitas panas bumi (panas alami bumi yang juga menyebabkan lava menjadi cair).

Perkembangan Thermal Water

Thermal water yang kemudian banyak dikenal dengan Avene Thermal Spring Water (ATSW) di dunia kecantikan ini, pada awalnya berasal dari sebuah kisah keajaiban di tahun 1736 di desa Avène – Prancis. Keajaiban air ini ditemukan setelah kejadian tak sengaja, dimana  kuda milik Marquis of Rocozels yang bisa sembuh total dari penyakit kulit setelah minum dan bergulir di mata air panas yang ada di sana. Sang pemilik kuda yang juga memiliki tempat itu kemudian membangun fasilitas kesehatan yang diberi nama Avène Hydrotherapy Center di tahun 1743 untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Hingga di tahun 1975, Avène Hydrotherapy Center dibeli oleh Pierre Fabre Laboratories yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Perancis. Dari situlah nama Avène semakin mendunia, dan lahir berbagai produk skincare lengkap untuk mengatasi masalah-masalah kulit.  

Jadi, ATSW yang warna dan teksturnya mirip  air pada umumnya, dipercaya punya kandungan Ph 7,5 (mendekati netral) dan punya keistimewaan bebas dari mikroba. Sedangkan untuk manfaatnya, adalah  untuk mengurangi sensitifitas kulit dan mengembalikan mekanisme natural kulit. Menyimpan kembali keseimbangan PH kulit dan meningkatkan sistem defensif kulit.

Cara penggunaannyapun cukup mudah, cukup disemprotkan ke wajah pada jarak 30 cm dengan gerakan memutar. Diamkan selama 2-3 menit sampai meresap ke dalam kulit, lalu kamu bisa menggunakannya misalnya untuk menenangkan kulit setelah facial, peeling, setelah mencukur rambut kaki, atau ketika membersihkan luka dan mencegah timbulnya iritasi.

Micellar water untuk membersihkan wajah

manfaat micellar water img
Sumber: emilymakeupart.com

Oke, sekarang kamu sudah mulai ada sedikit gambaran tentang thermal water? Nah sekarang yang akan dibahas selanjutnya nggak jauh-jauh dari air. Kamu sudah pernah tahu tentang micellar water? Kalau yang ini mungkin lebih banyak dikenal ya. Karena air yang satu ini sering muncul pada produk pembersih wajah. Micellar water ini terbukti ampuh untuk membersihkan wajah dan make up bahkan yang mengandung minyak. Buat kamu  yang super sibuk sehingga tidak sempat membersihkan wajah, micellar water ini bisa jadi penyelamatmu.

Micellar water yang berasal dari Perancis ini muncul di awal tahun 90an akibat krisis air bersih. Ketika para peneliti melakukan uji coba dan mendapat inspirasi untuk memanfaatkan keadaan unik molekul air yang dikenal dengan istilah micelle tersebut. Molekul dalam micellar water yang memiliki kecenderungan untuk mengangkat minyak dan kotoran di wajah termasuk sisa make up  ini tidak mengandung alkohol, sabun, deterjen atau bahan kimia yang berbahaya. Sehingga micellar water juga cocok dan aman untuk kulit sensitif .

Karena disebut water maka sudah pasti  berbentuk cair dan penggunaannyapun sangat mudah. Kamu hanya perlu menuangkan beberapa tetes micellar water pada kapas kemudian sapukan ke bagian wajah yang ingin dibersihkan. Pembersih ini memberikan sensasi kulit lembab, segar dan bersih tanpa perlu takut kulit menjadi kering.

Related Articles