Terasa Mulai Kecanduan Gula? Awas, Itu Sinyal Tubuhmu Meminta Pertolongan

Jun 11, 2018 by carmelw

Apakah kamu seringkali ingin makan sesuatu yang manis dan tidak mampu menahan diri saat melihat makanan manis ada di hadapanmu? Jika ya, besar kemungkinannya kamu sedang mengalami kecanduan gula atau disebut dengan sugar craving yang sebaiknya harus segera diatasi demi alasan kesehatan jangka panjang.

Orang-orang yang mengalami kecanduan gula dan terlalu banyak mengkonsumsi produk makanan bergula bukan saja mengalami risiko terhadap peningkatan berat badan dan kerusakan gigi saja, tetapi juga seringkali dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, stroke bahkan demensia.

Kecanduan gula ternyata juga memiliki efek yang sama berbahayanya seperti kecanduan obat-obatan terlarang. Sebab dapat menyebabkan timbulnya perasaan ngidam yang tidak dapat terkontrol, rasa cemas, menarik diri dari lingkungan sosial, dan efek depresi serta kelainan perilaku saat berusaha mengurangi asupan gula. Hal ini terjadi karena gula membuat tubuh akan melepaskan dopamin dan zat kimia penyebab kenikmatan lainnya sehingga mampu menghasilkan rasa bahagia dan kesenangan pada diri, sama seperti saat mengkonsumsi kokain.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Anak Muda Juga Rawan Mengidap Diabetes Tipe 2

Jika sudah terbiasa dengan munculnya perasaan ini, maka tubuh akan membutuhkan porsi yang lebih banyak lagi untuk mendapatkan respon yang sama sehingga lama kelamaan akan menimbulkan terjadinya kecanduan. Mereka yang mengalami kecanduan gula akan selalu mencari gula untuk meningkatkan energi dan kerapkali kesulitan menahan nafsu untuk mengkonsumsi makanan manis. Selain itu saat mengalami ketidakseimbangan hormon, pecandu gula akan memilih makanan manis untuk mengembalikan mood mereka.

kecanduan gula berbahaya img
Sumber: shutterstock.com

Lantas, apa yang menyebabkan terjadinya kecanduan gula? Yuk, kita cari tahu bareng lewat pembahasan berikut ini.

Tidak cukup mengkonsumsi kalori

Saat tidak mendapatkan cukup kalori, tubuh akan mulai mencari cara yang cepat untuk mendapatkan energi. Dan biasanya cara itu didapatkan dengan mengkonsumsi produk-produk yang manis yang mengandung gula. Kebiasaan ini jika dibiarkan terus menerus terjadi akan menyebabkan penurunan kinerja hormon leptin untuk memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh masih memiliki cukup kalori. Akibatnya, tubuh akan mengalami peningkatan keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan manis

Seringkali tanpa disadari, stres dan perubahan mood dapat menjadi penyebab terjadinya kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan manis, terutama camilan seperti kue, cokelat, permen, dan lain sebagainya. Hal inilah yang akhirnya kemudian menyebabkan seseorang merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan makan makanan manis dan cenderung memilihnya mengkonsumsinya untuk mengembalikan mood. Hindari menyimpan makanan manis di rumah dan pilihlah aktivitas lainnya seperti membaca buku, menonton film untuk menghindari sumber stres yang dapat menyebabkan ketergantungan pada produk-produk gula.

Terlalu banyak mengkonsumsi produk tepung

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa terlalu banyak mengkosumsi makanan berat seperti produk yang terbuat dari tepung dapat menjadi penyebab terjadinya kecanduan gula. Faktanya, saat mengkonsumsi produk tepung, kalori akan cepat terserap sehingga tubuh akan cepat merasa kenyang, tetapi sekaligus juga cepat menjadi lapar kembali. Inilah kemudian yang membuat dopamin tidak lagi mudah diproduksi sehingga seseorang akan terus-menerus memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung-tepungan hingga membuatnya merasa puas.

Baca Juga: Enak Sih, Tapi Awas, Kecanduan Karbohidrat Jangan Disepelekan

Mau tidak mau diakui, sugar craving merupakan fenomena nyata yang banyak terjadi di sekitar kita. Ironisnya, produk gula hampir selalu ada di berbagai bahan pangan, bahkan saat makanan tersebut tidak menunjukkan rasa manis di lidah seperti pasta, roti, dan aneka makanan lainnya. Sehingga tidak heran jika akhirnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengalami kecanduan gula.

Karenanya, perbanyak konsumsi air putih dan sayuran segar serta makan-makanan yang mengandung gizi seimbang, serta sebisa mungkin lakukan olahraga secara rutin untuk meningkatkan hormon endhorpin demi mengatasi kecanduan gula lebih parah.

 

Related Articles