Terapi Alami Dari Indra Penciuman, Yuk Pilih Jenis Aromaterapi Yang Tepat

May 15, 2017 by carmelw

Aromaterapi belakangan menjadi istilah  untuk merujuk pada perawatan tubuh dengan atribut wewangian yang menenangkan.  Aromaterapi adalah salah satu terapi pengobatan holistik yang menggunakan bahan alami berupa saripati tetumbuhan, bunga-bungaan atau buah-buahan yang memberikan efek langsung pada kesehatan, mood, serta fungsi kognitif tubuh.

Tahu nggak sih, Girls, konsep tentang minyak aromaterapi ini pertama kali diperkenalkan oleh sekelompok peneliti dan dokter asal Eropa sekitar tahun 1907. Kemudian, 30 tahun kemudian nama aromaterapi semakin populer lewat terbitnya sebuah buku dengan judul Aromatherapie: Les Huiles Essentielles, Hormones Vegetales yang ditulis oleh seorang ahli kimia bernama Rene Maurice Gattefosse.

penemu aromaterapi img
Sumber: danielefesty.com

Aromaterapi  amat banyak jenisnya, mulai dari yang berbau harum lantaran berasal dari bunga-bungaan seperti rose, lavender, jasmine atau geranium hingga yang berbau rempah atau herbal karena berasal dari bagian biji, akar, batang atau daun seperti pala, akar wangi, kayumanis dan kayuputih. Aromaterapi asli yang berasal dari bunga harganya amat mahal karena untuk mendapat satu mililiter sarinya saja dibutuhkan ribuan kuntum bunga, oleh sebab itu seiring dengan perkembangan industri parfum dibuatlah aromaterapi yang berasal dari bahan kimia. Lalu apa saja sih jenis-jenis aromaterapi yang umum dijual di pasaran?

Jenis aromaterapi

minyak aromaterapi - jenis aromaterapi pic
Sumber: medicalnewstoday.com

Jika pada awalnya aromaterapi lebih banyak berbentuk minyak, saat ini sudah berkembang ke banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu :

Essential Oil

Jenis aromaterapi ini berbentuk cairan minyak, dan penggunaanyapun beragam ada yang dioleskan, ada yang disemprotkan, dibakar dengan menggunakan tungku khusus untuk pembakaran aroma terapi, atau dioleskan pada kain.

Dupa

Aromaterapi jenis ini cara penggunaanya dengan dibakar, dan asapnya itulah yang mengeluarkan aroma. Aromaterapi bentuk ini sangat praktis karena bentuknya padat tidak mudah tumpah dan dapat dibawa kemanapun.

Lilin

Aroma terapi jenis ini hampir sama dengan dupa, hanya saja aroma akan muncul saat kamu membakar lilin tersebut.

Garam

Aromaterapi yang ini berbentuk bubuk seperti garam dan penggunaanya dengan cara mencampurkannya dengan air dan kemudian digunakan untuk mandi dan berendam untuk mendapatkan efek relaksasi yang menyenangkan.

Sabun

Aromaterapi ini berbentuk sabun yang padat dan cara penggunaanya dengan mengusapkan keseluruh tubuh seperti menggunakan sabun biasa.

Nah, ternyata aromaterapi yang dijual di pasaran nggak cuma bervariasi jenisnya. Tetapi juga aromanya. Masing-masing aroma ini punya manfaat dan efek yang berbeda untuk tubuh lho. Apa sajakah manfaat aromaterapi berdasarkan aromanya? Cari tahu di halaman berikut ini yuk.

Related Articles