Ini Tanda Yang Menunjukkan Kamu Belum Siap Menikah

Apr 09, 2018 by Karina Mustika

Cewek selalu dikaitkan dengan keinginan tentang pernikahan yang lebih besar dibanding cowok. Dan saat dua orang yang sedang berpacaran belum juga menikah dalam kurun waktu lama, kebanyakan karena si cowok yang belum siap. Padahal tidak selalu seperti itu, ada kemungkinan memang kamulah yang belum siap menikah dan menghadapi komitmen besar tersebut.

Dari pada sibuk mencari alasan dengan kehidupan percintaanmu, coba pahami dirimu terlebih dulu. Apa kamu benar-benar sudah yakin seratus persen atau belum. Untuk meyakinkan, coba lihat apakah tanda yang Miignon sebutkan berikut ini ada di kamu atau tidak.

Tanda ini menunjukkan bahwa kamu masih belum siap menikah

belum siap menikah img
Image: shutterstock.com

Kamu masih menyimpan rahasia

Semua orang memiliki masa lalu serta rahasianya masing-masing yang tidak pernah diungkap pada siapapun. Memang hal itu sah-sah saja sih. Namun pernikahan adalah sebuah hubungan jangka panjang dan kamu harus mempersiapkan semua agar dapat berjalan dengan baik. Termasuk dengan mengungkapkan setiap hal kecil tentang dirimu pada pasangan. Meskipun kamu berhak memiliki privasi, namun dalam pernikahan semua hal harus transparan dan tidak ada yang ditutupi agar menambah keintiman emosial kalian berdua.

Ingin lebih berkuasa dibanding pacarmu

Kamu mungkin terbiasa hidup mandiri, melakukan semua sendiri bahkan dalam mengambi keputusan penting. Nah dalam pernikahan, kamu sudah harus mengesampingkan itu semua. Kamu harus menciptakan keseimbangan antara kepentingan pribadi dan hubunganmu. Disaat kamu merasa akan tertekan dengan harus berkompromi, itu sudah merupakan tanda yang jelas agar kamu tetap mempertahankan status single-mu.

Tidak punya rencana jangka panjang

Menikah berarti membangun masa depan bersama dan itu membutuhkan kerjasama serta perencanaan jangka panjang. Kamu sudah harus memikirkan itu semua sebelum menjalaninya. Karena banyak sekali aspek yang ada dalam pernikahan. Jika kamu belum punya pikiran tentang kehidupan pernikahanmu 10 atau 20 tahun ke depan, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa sebenanrnya kamu memang belum siap menikah.

Kamu menganggap perceraian bukan hal besar

Bukan hanya karena desakan dari beberapa pihak, namun harus dengan keinginan dan tekad yang kuat. Karena pernikahan bukan hanya selembar kertas yang perlu kamu tanda tangani dalam buku nikah yang bisa kamu hapus sewaktu-waktu. Jika bahkan sebelum menikah saja kamu sudah berpikiran jika kamu gak berhasil kamu tinggal bercerai dengan pasanganmu, lebih baik lupakan ide tentang menikah. Sudah pasti kamu belum siap dan tunda pernikahan sampai kamu benar-benar siap.

Belum bisa percaya 100 persen dengan pacarmu

Cinta saja tidak cukup untuk menjadi modal utama menikah. Jadi jika kamu belum yakin dan bisa mempercayai pacarmu seratus persen, itu tandanya kamu belum siap dengan pernikahan. Bukan berarti hubunganmu harus berakhir karena itu. Namun berikan waktu bagi dirinya untuk melihat seberapa besar usahanya buat kamu. Karena kejujuran merupakan hal paling penting yang juga harus dimiliki oleh pasanganmu.

Berpikiran bahwa menikah dapat mengubah pacarmu

Siapa yang punya pikiran seperti ini? Kamu juga termasuk gak? Kamu gak bisa mengambil resiko dengan berharap pasanganmu akan berubah setelah menikah. Entah menjadi lebih terbuka, lebih sabar, atau lainnya yang diluar dari sifat aslinya. Kamu harus tahu bahwa harapanmu ini akan sia-sia. Karena sikap yang ditunjukkannya saat pacaran, kurang lebih akan sama saja meskipun kalian telah menikah nantinya. Dan ini juga sama saja bahwa kamu belum siap menerima pasanganmu apa adanya.

 

Baca juga:

Saat Kamu Ragu Dengan Hubungan Yang Sudah Lama Terjalin

Kunci Agar Hubungan Bertahan Lama dan Bahagia

Related Articles