Tak Hanya Cantik Warnanya, Ini Kehebatan Bunga Calendula Untuk Kecantikan

Jun 12, 2018 by carmelw

Bunga calendula dipercaya memiliki manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan, terutama dengan kemampuannya untuk mempercepat penyembuhan luka, melindungi kesehatan mulut, anti inflamasi, mengurangi risiko pada penyakit kanker jenis tertentu serta menjaga dan mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Meski tersedia dalam berbagai bentuk topikal, tetapi minyak calendula adalah satu bentuk yang paling mudah untuk dibuat dan digunakan. Cara terbaik mengolahnya adalah diproses dengan minyak dingin seperti almond atau minyak zaitun, serta ditambahkan vitamin E sebagai bahan untuk merawat dan menenangkan kulit.

Calendula yang memiliki bunga berwarna kuning atau jingga cerah ini merupakan jenis tanaman yang berasal dari selatan Eropa. Tanaman yang juga disebut dengan pot marigold ini termasuk dalam famili Asteraceae dan memang biasanya dimanfaatkan ekstrak minyaknya untuk keperluan pembuatan bahan kosmetik dan obat-obatan, bahkan sejak jaman bangsa Mesir Kuno dahulu.

Pada dasarnya, ekstrak bunga calendula memang terkenal bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit dan infeksi karena memiliki kandungan anti inflamasi, antiseptik, dan antibakteri yang dapat menenangkan kulit.

 

Berikut ini beberapa manfaat bunga Calendula untuk kecantikan

bunga calendula cantik img
Sumber: hermo.my

Tak heran jika dengan segala kandungan yang ada di dalamnya, banyak orang yang kemudian menggunakannya sebagai bahan pembuatan produk perawatan kulit karena memiliki manfaat sebagai berikut ini:

Anti inflamasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bunga calendula memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan serta mengurangi rasa sakit pada luka. Selain itu, minyak calendula juga sering dimanfaatkan untuk mengurangi ruam popok pada bayi dan juga mengatasi terjadinya kaligata atau chilblain. Kaligata adalah peradangan yang terjadi pada tangan atau kaki akibat paparan udara dingin yang ekstrim.

Anti bakteri

Dengan sifat anti bakteri yang terkandung di dalamnya, minyak bunga calendula seringkali digunakan sebagai salah satu metode herbal untuk membunuh Staphylococcus aureus, yaitu sejenis kuman yang umumnya menginfeksi lecet, luka bakar dan segala jenis luka termasuk eksim, gatal-gatal, dermatitis, psoriasis, dan berbagai gangguan kulit lainnya. Selain itu, minyak ini juga dapat dapat bermanfaat untuk mengusir bakteri penyebab terjadinya jerawat yang mengganggu penampilan.

Anti oksidan

Bunga calendula kaya akan antioksidan seperti karotenoid, prekursor vitamin A yang secara ampuh dapat membantu mengusir radikal bebas penyebab munculnya tanda penuaan dini seperti kerutan, keriput dan kulit kering. Selain itu bunga ini juga sangat kaya akan tokoferol atau vitamin E yang memiliki kemampuan untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya tampak lebih lembut bercahaya.

Mencerahkan dan membantu meregenerasi kulit

Bunga calendula merupakan pencerah kulit alami yang sekaligus efektif untuk menyamarkan bekas luka. Sebuah studi mengungkapkan bahwa ekstrak bunga calendula terbukti dapat merangsang produksi kolagen yang sangat penting dalam proses regenerasi kulit, sehingga sangat tepat untuk mengatasi kulit kusam sekaligus mengembalikan keremajaan kulit dengan membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

Mengatasi ketombe dan merawat rambut

Dengan sifat anti mikroba yang dimilikinya, bunga calendula juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe yang membandel yang disebabkan oleh adanya jamur yang ada di kulit kepala. Selain itu, minyak calendula ini juga dapat menyembuhkan kulit kepala yang rusak sehingga mencegah terjadinya kerontokan rambut di samping juga membantu agar folikel rambut dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Tea Tree Oil, Ampuh Menebalkan Rambut Dan Mengatasi Ketombe

Sebagai pewarna rambut alami

Siapa sangka air rendaman kelopak bunga calendula yang diolah seperti pembuatan teh herbal dapat digunakan sebagai pewarna rambut alami? Teh celandula ini biasanya digunakan untuk memberikan efek pirang berkilau serta warna kecoklatan pada rambut tanpa perlu menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan rambut.

Secara umum, olahan bunga calendula merupakan ramuan alami yang sangat aman digunakan untuk segala keperluasn sehari-hari. Selain tidak menimbulkan efek samping berbahaya, ramuan ini tidak akan menimbulkan kontraindikasi jika digunakan dengan obat-obatan medis.

Namun, jika kamu alergi terhadap segala jenis bunga marigold, sedang dalam keadaan hamil dan menyusui sebaiknya hindari penggunaan ramuan ini untuk mencegah risiko yang berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya konsultasikan juga penggunaannya dengan dokter pribadimu sebelum menggunakannya.

Baca Juga: Manfaat Air Mawar dan Cara Mudah untuk Membuatnya di Rumah

 

Related Articles