Susah Untuk Dapet Magang? Coba Lakukan 5 Tips Ini!

Mar 31, 2018 by Larissa

Kamu masih kuliah atau baru lulus kuliah tapi tidak punya pengalaman kerja atau magang? Pengalaman kerja dan magang memang penting banget saat kamu sedang mencari pekerjaan nanti, girls. Namun, enggak dipungkiri kalau mencari kesempatan magang tidaklah mudah. Padahal kamu membutuhkan pengalaman-pengalaman tersebut untuk membantumu mendapat pekerjaan yang kamu inginkan nantinya. Jangan takut! Selain magang, kamu bisa loh membuat CV kamu dipenuhi oleh hal lain yang enggak kalah kerennya dengan magang. Coba ikuti 5 tips ini supaya kamu diterima magang atau jika kamu tidak juga diterima magang!

5 Tips Supaya Diterima Magang

 

1. Cari yang sesuai passion

magang passion gbr
Shutterstock

Mungkin karena kamu mengira ini hanya magang, kamu pikir kamu bisa melamar magang ke mana saja. Di pikiranmu yang terpenting adalah kamu mendapatkan tempat magang. Padahal itu salah banget, loh. Meskipun ini hanya magang, penting banget untuk kamu mencari jenis magang yang sesuai dengan passion kamu. Dengan begitu, kamu akan bisa menjalani magang kamu dengan baik dan hati yang senang. Sang pencari anak magang pun jadi bisa melihat kalau kamu serius untuk magang di tempat mereka. Bukan hanya karena sekadar kamu ingin mengisi kolom “pengalaman kerja” di CV kamu.

 

2. Research dan banyak latihan

Salah satu alasan kamu terus tidak diterima magang mungkin karena kamu tidak terlalu berpengalaman. Pengalaman kerja tidak harus datang dari bekerja di perusahaan, kok. Lakukan banyak research tentang pekerjaan dan perusahaan tempat kamu apply. Dengan begitu, kamu punya pengalaman “bayangan” yang bisa kamu jadikan senjata meski kamu tidak punya pengalaman sesungguhnya. Selain itu, meski kamu tidak punya pengalaman sungguhan, kamu bisa mengasah kemampuan lewat latihan sendiri, bukan? Latihan terus hingga kemampuanmu tidak kalah dengan mereka yang punya pengalaman sungguhan, ya.

 

3. Buat portofolio sendiri

magang portofolio sendiri image
Shutterstock

Meskipun kamu tidak punya pengalaman, bukan berarti kamu tidak bisa membuat portofoliomu. Jika kamu tertarik untuk menjadi penulis, kamu bisa mengisi portofoliomu dengan tulisanmu yang kamu buat saat sedang iseng-iseng. Begitu juga untuk kamu anak design yang bisa membuat portofoliomu dengan ilustrasi atau desain kamu sendiri. (Baca juga: Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Cara Unik Belajar Tanpa Harus Kuliah Lagi)

 

4. Buat blog

Sama seperti portofolio, perusahaan tempat kamu apply membutuhkan suatu sarana bagi mereka untuk melihat kemampuanmu. Selain portofolio, kamu juga bisa membuat blog berisi tulisan atau gambar yang menunjukkan kemampuanmu. Sering kali, blog atau sosial media lain milikmu dijadikan pertimbangan para perekrut, loh. Dari blog atau sosial mediamu, mereka bisa melihat apa ketertarikanmu dan bagaimana kepribadian kamu. Untuk kamu yang senang menulis dan ingin apply di pekerjaan yang fokus pada jurnalisme dan editorial, blog bisa menjadi portofolio pribadimu.

 

5. Volunteer

magang volunteer image
Shutterstock

Mungkin kamu mengira magang atau freelance adalah satu-satunya pengalaman kerja yang bisa mengisi CV kamu. Padahal ada pilihan lain yang tidak kalah keren, yaitu menjadi sukarelawan atau volunteer. Banyak sekali event atau perusahaan yang mencari volunteer anak kuliahan atau fresh graduate. Event dan perusahaan itu enggak kalah kerennya dengan magang atau freelance. Semoga beruntung!

Related Articles