Sunblock Saja Kurang, 8 Makanan Ini Wajib Untuk Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Apr 28, 2018 by carmelw

Nggak bisa dipungkiri, aktivitas yang tinggi sehari-hari membuat kulit kita sangat akrab dengan yang namanya sinar matahari. Apalagi kamu yang banyak bekerja di luar ruangan, tentu nggak bisa menghindari sinar matahari. Untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, orang-orang biasanya menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF dan PA yang tinggi di dalamnya. Ternyata, cara itu tidaklah cukup untuk membuat kulit tetap aman dan terhindar dari dampak buruk paparan sinar matahari.

Karenanya, dibutuhkan perlindungan dari dalam agar tubuh memiliki daya tahan yang lebih maksimal terhadap sengatan sinar matahari. Salah satunya melalui aneka makanan, terutama buah dan sayuran yang berwarna cerah yang kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan pada kulit.

Berikut ini delapan jenis makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap sinar matahari. Simak baik-baik ya.

 

Beberapa jenis makanan yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari

Tomat dan aneka buah berwarna merah

Tomat adalah salah satu sumber lycopene atau pigmen karotenoid yang biasanya ditemukan dalam buah merah. Biasanya, tanaman memanfaatkan keberadaan pigmen ini sebagai pelindung dari sengatan sinar matahari. Jadi, makan buah dan sayur yang berwarna merah cerah dan mengandung karotenoid tinggi dapat meningkatkan toleransi sinar matahari pada masing-masing individu.

Ubi jalar

Mirip dengan lycopene pada sayuran yang berwarna merah, beta karoten adalah pigmen lain yang sering ditemukan pada buah dan sayuran berwarna oranye yang juga bermanfaat melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Ubi jalar memiliki lebih banyak beta karoten dibandingkan dengan sayuran lainnya seperti wortel. Bahkan, ubi jalar ungu memiliki jumlah yang lebih tinggi dari cyanidin dan peonidin, pigmen antioksidan yang telah terbukti meningkatkan perlindungi tubuh dari paparan sinar matahari seperti yang terdapat pada tabir surya.

Brokoli dan aneka sayuran berwarna hijau

Meski tidak termasuk dalam daftar utama sayuran yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap sinar matahari, tetapi banyak sayuran seperti brokoli dan aneka sayuran berwarna hijau lainnya yang mengandung asam folat dan vitamin A, C, E yang merupakan sumber sulforaphane yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunblock Lokal Jagoan Harganya Di Bawah Rp100 Ribu

Ikan

Ikan air dingin seperti salmon, herring, mackerel, trout, dan bahkan sarden memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi dan berkhasiat untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat sinar matahari.

Buah delima

Pomegranate atau buah delima adalah buah yang mengandung polifenol dan antioksidan yang  tinggi dan bisa mencegah peradangan kulit yang disebabkan oleh pengaruh radikal bebas. Peradangan tersebut dapat membuat kolagen dan elastin menjadi rusak dan yang mengibatkan timbulnya garis-garis halus, noda hitam, dan yang terburuk adalah kanker kulit.

Teh

Berbagai jenis teh seperti teh hitam, teh putih, dan bahkan teh hijau mengandung polifenol dan katekin yang merupakan dua flavonoid yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Namun, di antara semua jenis teh, teh hijau lah yang paling kaya akan polifenol, epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Baca Juga: Lindungi Kulit Jangan Sampai Salah, Pilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu

Cokelat hitam

Cokelat hitam yang biasa dikenal dengan dark chocolate dengan kadar 70% dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh hingga 25% dengan kandungan jumlah fenol dan katekin 4x lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan yang ada di dalam teh.

Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu sumber vitamin E terbaik. Dengan mengkonsumsi setidaknya 20 butir per hari dapat melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet. Selain itu kacang almond juga mengandung quercetin tingkat tinggi, yaitu senyawa flavonoid yang dikenal dapat melindungi kulit dari kerusakan UV.

Nah, itulah tadi kedelapan jenis makanan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan terhadap sinar matahari. Selain makanan tersebut kamu bisa mengkonsumsi beberapa suplemen tambahan seperti vitamin C, vitamin D3, dan minyak ikan yang merupakan salah satu antioksidan terbaik yang ada.

Related Articles