Stop Memikirkan Apa Yang Orang Lain Pikirkan Tentang Kita

Sep 25, 2017 by Alifah Puarada

Ketika kita tumbuh dewasa, banyak yang menjadi sangat pemalu dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri karena pengaruh lingkungan sekitar. Kita jadi sangat peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang kita, bahkan orang-orang yang tidak secara langsung kita temui. Ini adalah masalah yang membuat banyak dari kita menjadi kurang percaya diri karena wajar untuk peduli dengan pendapat orang lain tentang kita.

Sebagai manusia kita khawatir dihakimi, kita meminta persetujuan dari orang lain dan kita suka menyenangkan orang. Pada dasarnya kita ingin menyesuaikan diri dan tidak menjadi hal yang aneh.

Namun realitanya adalah ketika kita khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang diri kita, kita menahan diri dari menjadi diri sendiri dan melakukan apa yang kita sukai. Hidup menjadi jauh lebih mudah setelah kita belajar untuk berhenti memperhatikan apa yang dipikirkan orang lain tentang kita. Karena tidak ada yang harus memiliki kekuatan untuk menahan apa yang kita inginkan dalam hidup. Tidak ada yang bisa menghilangkan kepercayaan dirimu dan menghentikanmu menjalani mimpimu.

Hari ini kami ingin berbagi beberapa tip untuk membantu kamu berhenti memperhatikan apa yang dipikirkan orang lain tentang dirimu. Jadi kamu bisa menjadi diri sendiri dan melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Tips Berhenti Memikirkan Apa yang Dipikirkan Orang Lain Tentang Kita

  • Mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

“Cintai dirimu terlebih dahulu dan segala sesuatu menjadi sesuai. Kamu benar-benar harus mencintai diri sendiri untuk menyelesaikan sesuatu di dunia ini “- Lucille Ball.

Ini adalah salah satu kutipan favorit kami sepanjang masa karena sepenuhnya benar, kamulah yang pertama dan paling utama harus mencintai diri sendiri. Kamu tidak membutuhkan orang lain untuk memberi tahumu apa yang layak kamu dapatkan. Bila kamu mencintai diri sendiri jika tidak peduli apa yang orang lain katakan karena kamu sangat mencintai diri sendiri agar tidak peduli atau terluka oleh apa yang orang lain pikirkan atau katakan. Biarkan kepercayaan dirimu bersinar dan cintai siapa kamu.

  • Jangan Dimasukan Hati.

Jika kamu tidak memasukan pendapat orang lain di hati maka kamu membentengi dirimu dari pendapat orang lain dan tidak ada apa-apa. Tidak ada yang bisa menyakitimu. Ada gagasan bahwa orang adalah cerminan diri mereka sendiri. Oleh karena itu kamu hanyalah sebuah kanvas bagi orang itu untuk memproyeksikan keyakinan dan pemikiran mereka. Hal yang baik adalah, kamu mengendalikan pendapat dan keyakinanmu sendiri dan kamu tidak perlu menerima pendapat orang lain.

  • Berhenti Menjadi Paranoid.

Kamu tidak berada dalam pikiran semua orang sehingga berhenti menjadi paranoid. Kita semua berpikir bahwa kita sangat penting dan setiap orang membicarakan kita dan memikirkan kita tapi kenyataannya itu tidak benar sama sekali. Mari kita bersikap realistis di sini, orang terlalu sibuk memikirkan diri mereka sendiri dan mengkhawatirkan kehidupan mereka sendiri bahkan membiarkanmu terlintas dalam pikiran mereka. Terkadang mereka bahkan khawatir dengan apa yang kamu pikirkan tentang mereka, yang berarti kalian berdua paranoid tentang pendapat masing-masing yang lain, nampaknya konyol bukan?

  • Jangan Jelaskan Dirimu.

Orang hanya mengerti dari tingkat atau persepsi mereka sendiri, yang berarti orang hanya akan mendengar apa yang ingin mereka dengar. Jadi jangan repot-repot menjelaskan diri dan hidupmu kepada orang lain karena itu hanya buang-buang waktu saja. Jadilah diri sendiri dan lakukan apa yang membuatmu bahagia. Mereka yang keberatan tidak akan jadi masalah dan mereka yang peduli tidak akan keberatan.

Related Articles