Skincare 101: Pentingnya Menyeimbangkan pH Kulit

Feb 24, 2018 by carmelw

Seringkali mendengar anjuran untuk menjaga agar pH kulit tetap seimbang. Tetapi apakah kita memahami apa sebenarnya pH balance, peranannya bagi kulit, serta apa risikonya jika pH kulit mengalami ketidakseimbangan? Cari tahu lebih dalam yuk!

Apa itu pH Kulit?

apa itu pH kulit img
Sumber: shutterstock.com

pH atau potential Hydrogen adalah suatu ukuran yang digunakan untuk menunjukkan kadar keasaman atau kealkalian kulit. Seringkali, pH juga disebut-sebut memiliki pengaruh besar dalam kesehatan kulit. Kadar pH biasanya ditandai dengan jumlah tekanan ion H+ (Hidrogen) dan diukur dengan menggunakan pH meter sehingga memunculkan hasil dari angka 1 hingga 14.

Semakin tinggi pH pada kulit manusia, maka kadarnya termasuk dalam golongan basa atau alkaline. Sebaliknya, jika kadarnya terlalu rendah, kulit dapat dimasukkan dalam golongan asam atau acidic.

Pada umumnya, kadar pH asam ditunjukkan pada angka 1-6, sedangkan angka 7 biasanya dikategorikan dalam pH netral. Sementara itu angka 8-14 termasuk dalam golongan pH basa. Dengan kadar pH yang seimbang, wajah dapat terbebas dari berbagai macam masalah kulit seperti kulit sensitif, mudah berjerawat, muncul kerutan di sekitar mata, dan berisiko menimbulkan peradangan.

Mengapa pH alami kulit harus seimbang?

pH kulit terbentuk dari asam lemak dan asam amino dari kulit serta sekresi minyak di kulit yang menghasilkan acid mantle. Acid mantle berfungsi untuk melindungi kulit dari polusi dan kotoran, mengurangi terjadinya infeksi, membuat kulit terasa lembut dan lembab, serta menjadi pertahanan kulit terhadap bakteri dan segala gangguan, terutama yang berasal dari luar tubuh.  

Bayi yang baru lahir memiliki pH yang netral, yang seiring dengan perkembangan usian pHnya akan beranjak normal. Namun, pada masa pubertas di mana tingkat hormon yang tinggi akan menyebabkan kelenjar minyak di folikel rambut mengeluarkan sebum akan menjadi penyebab utama terjadinya ketidak seimbangan pH  pada kulit.

Keseimbangan pH kulit sendiri sebenarnya berkisar pada angka 4 hingga 6,5, dan setiap area tubuh memiliki rentang pH yang bervariasi.

Pada wanita dewasa, kondisi pH terbaik cenderung masuk ke dalam golongan asam atau berada pada kadar 4,2 hingga 5,6. Bila pH kulit terjaga keseimbangannya dan berada di kadar yang tepat akan membuat kulit terbebas dari berbagai masalah dan gangguan kesehatan. Seperti jerawat, timbulnya peradangan, iritasi, kulit kusam, munculnya tanda penuaan dini seperti adanya kerutan di sekitar mata.

Apa yang terjadi jika pH kulit tidak seimbang?

Jika kadar pH kulit terlalu rendah atau di bawah angka 4, artinya kulit menjadi sangat asam atau acidic. Biasanya pH yang terlalu rendah ditandai dengan kulit yang tampak berminyak, muncul banyak jerawat, mengalami peradangan, berwarna merah, dan terasa sakit jika disentuh.

Sedangkan pH kulit yang terlalu tinggi atau dalam kondisi alkaline akan membuat kulit tampak kering, sensitif, dan rentan terhadap gangguan kulit seperti eksim. Di samping itu pH kulit yang terlalu basa akan lebih mudah menunjukkan tanda penuaan dini seperti keriput dan munculnya garis-garis pada kulit terutama di sekitar area mata.

Baca Juga: Jangan Pernah Memakai Bahan Alami Ini Untuk Wajahmu

Tips mempertahankan keseimbangan pH kulit

Untuk mempertahankan keseimbangan pH kulit ada beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya:

  1. Hindari menggunakan produk-produk kecantikan seperti sabun dengan kadar pH yang terlalu asam atau basa sehingga akan menghancurkan keseimbangan pH
  2. Memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi kulit
  3. Hindari terlalu banyak menggunakan kosmetik berbahan kimia yang akan memberikan efek buruk pada keseimbangan kadar pH kulit. Gunakan produk perawatan kulit alami untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat
  4. Lakukan perawatan kulit secara rutin dan tepat, serta pastikan untuk membersihkan dan melembabkan wajah terutama sebelum tidur

Nah, Girls, sekarang sudah tahu kan mengapa sangat penting untuk menjaga keseimbangan pH kulitmu. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk membantumu merawat kesehatan kulit ya.

Related Articles