Siapkan Tisu! Ini Kisah Mengharukan 5 Patung Anjing Paling Setia di Dunia!

by :

Anjing adalah hewan yang sangat setia dan penyayang. Saking setianya mereka dikenal sebagai hewan sahabat manusia. Sudah banyak sekali kejadian yang memperlihatkan dan membuktikan kesetiaan mereka terhadap tuannya. Namun, tahukah kamu ada banyak sekali anjing setia dengan kisah luar biasa sampai-sampai mereka memiliki patung memorial sendiri? Ini dia 5 patung anjing di seluruh dunia yang terkenal akan kesetiaan mereka. Simak kisah mengharukan mereka!

 

Patung anjing paling setia #1. Hachiko – Jepang

patung anjing hachiko gbr
Worldtoptop

Hachiko mungkin bisa dibilang adalah anjing setia paling terkenal di dunia karena kisahnya yang sangat mengharukan. Hachiko adalah seekor anjing peliharaan seorang profesor di Jepang. Setiap harinya, Hachiko selalu mengantar dan menunggu tuannya pulang di Stasiun Shibuya. Suatu hari, profesor tersebut meninggal saat sedang mengajar. Meski tuannya telah tiada, Hachiko tetap menjalani rutinitasnya. Setiap hari, selama 10 tahun kemudian, Hachiko selalu menunggu tuannya di depan Stasiun Shibuya. Sebelum akhirnya Hachiko pun mati. Untuk mengenang kesetiaan Hachiko, masyarakat Jepang membangun patung memorial tepat di tempat Hachiko biasa menunggu tuannya, yaitu di depan Stasiun Shibuya, serta di universitas tempat tuannya mengajar.

 

Patung anjing paling setia #2. Kostya – Rusia

Worldtoptop

Pada suatu hari yang malang, sebuah keluarga mengalami kecelakaan yang tragis. Semua anggota keluarga itu tewas, kecuali anjing peliharaan mereka, Kostya. Setelah kecelakaan itu, Kostya selalu duduk menunggu di pinggir jalan tempat kecelakaan itu terjadi. Selama 7 tahun lamanya, Kostya tidak pernah beranjak dari tempat itu dan bahkan meninggal di tempat yang sama. Patung Kostya yang terbuat dari perunggu pun dibangun tepat di tempat Kostya selalu menunggu keluarganya. Patung Kostya dibuat menghadap jalanan di mana keluarganya mengalami kecelakaan.

 

3. Bobbie – Amerika Serikat

Worldtoptop

Meski banyak kasus anjing yang berhasil kembali ke rumah meski mereka tersesat, sepertinya tidak ada dari mereka yang memiliki kisah se-epic Bobbie. Anjing ini dikabarkan hilang saat ia dan pemiliknya melakukan family trip. Namun, setengah tahun kemudian, Bobbie ditemukan di depan rumah keluarganya. Ternyata, anjing itu telah berjalan dari tempat dia tersesat, Indiana, hingga ke rumahnya di Silverston. Yang berarti, Bobbie telah berjalan sejauh 4500 KM, alias 2/3 Amerika Serikat, demi kembali kepada keluarganya. Patung kepala anjing pengembara ini pun dibangun untuk menghargai kegigihan Bobbie! (Baca juga: 4 Figur Indonesia Ini Dipilih dan Dibuatkan Patung Lilin di Madame Tussauds)

 

Patung anjing paling setia #4. Gelert – Wales

patung anjing gelert gbr
Worldtoptop

Gelert adalah anjing peliharaan Pangeran Wales Utara. Suatu hari, sang pangeran pulang dari berburu dan Gelert menghampirinya dengan tubuh penuh darah. Sang pangeran langsung mencari putranya yang masih bayi dan tidak menemukannya. Mengira Gelbertlah yang menyerang putranya, sang pangeran menusuk mati Gelbert dengan pedangnya. Tak lama tangisan bayinya terdengar. Ternyata putranya masih hidup, dengan seekor serigala berdarah mati di sampingnya. Ternyata Gelbert telah melindungi anaknya dan sang pangeran hanya salah paham. Sang pangeran diceritakan tak pernah tersenyum lagi sejak hari itu.

 

Patung anjing paling setia #5. Waghya – India

patung anjing waghya image
Worldtoptop

Waghya adalah anjing peliharaan seorang raja India bernama Shivaji yang mendirikan Kerajaan Maratha. Saat Shivaji meninggal dan dikremasi di atas api, Waghya ikut melompat ke atas kayu yang dilalap api, membiarkan dirinya ikut terbakar bersama tuannya. Patung memorial Waghya dibangun tepat di samping makan Raja Shivaji.