Shopaholic atau Expert: Tipe Doyan Belanja Seperti Apakah Kamu?

Apr 03, 2017 by carmelw

Shopping, belanja, atau apapun namanya itu adalah salah satu kegiatan yang umumnya disukai para wanita, tidak ketinggalan kamu juga kan? Membeli barang baik keperluan pribadi, kebutuhan bulanan, ataupun sekedar untuk memenuhi hobi merupakan satu kepuasan tersendiri terutama bagi kamu yang termasuk penggila kegiatan ini.

shopping img
Sumber: giphy.com

Dalam berbelanja, ada perbedaan antara pria dan wanita, terutama dari segi item yang dibelanjakan. Wanita biasanya lebih  cenderung ke produk yang menunjang kecantikan, misalnya peralatan make up, tas, sepatu, dan pakaian. Sedangkan pria lebih suka berbelanja apa yang menjadi hobi mereka, misalnya game terbaru, gadget terbaru, ataupun merchandise dari klub olahraga kegemaran mereka, misalnya.

Para pria biasanya lebih suka to the point dalam memilih produk atau barang di tempat perbelanjaan. Sedangkan para wanita, meskipun tidak semuanya, kebanyakan menghabiskan waktu untuk berlama-lama melakukan kegiatan yang saat ini telah menjadi sebuah gaya hidup ini. Nah, sebelum terlanjur larut dalam kegiatan yang terkadang membuat pengeluaran membengkak ini, kenali dulu yuk beberapa tipe gaya belanja mulai dari online shopper sampai pemburu diskon atau sale.

Tipe Gaya Belanja

Online Shopper

Buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk ngemall, salah satu kegiatan yang juga sedang ngetren saat ini adalah berbelanja secara online. Si  online shopper ini bisa menghabiskan berjam-jam untuk melihat layar smartphone atau laptop untuk belanja. Belanja melalui online memang saat ini bukan hal yang baru lagi, berbagai penawaran menarik yang ditawarkan penjual online melalui sosial medianya atau diskon besar-besaran di marketplace membuat si penggila belanja semakin ketagihan dan tak tahan untuk memasukkan berbagai item ke keranjang belanja mereka.

Impulsif

Kalau kamu seringkali berbelanja tanpa berpikir panjang, berarti kamu termasuk tipe yang satu ini. Mirip dengan cowok yang to the point, hanya dengan sekali lihat, kamu akan membayar barang yang kamu taksir, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membelinya. Tapi, tetap saja wajib perhatikan anggaran belanjamu ya, karena suasana hati atau mood sangat  menentukan si impulsif ini. Kamu akan berbelanja sesuai dorongan emosi saat itu. Setelah luapan emosi berlalu, seringkali kamu menyesal karena telah membeli barang-barang yang sebetulnya tidak perlu. Antisipasi dengan menghindari pemakaian kartu kredit dan hanya berbelanja dengan uang tunai

Expert

Tipe yang satu ini sangat ahli berbelanja. Mereka selalu bisa beli barang dengan tepat dan dengan sempurna. Selain itu mereka pun jago selama proses transaksi. Mereka punya gambaran yang jelas tentang produk, cepat dalam memilih barang yang tepat, dan mereka nggak buang waktu untuk belanja. Ini nih, tipe cewek yang cukup aman diajak belanja, karena mereka tahu apa yang mereka mau.

Shopaholic

Tidak diragukan lagi, si shopaholic ini dijuluki si ratu belanja sejati. Kalau kamu termasuk tipe yang satu ini, bagimu tiada hari tanpa belanja. Apapun akan dibeli tanpa melihat kebutuhannya. Pernah nonton film Confessions of a Shopaholic yang diangkat dari novel karya Shopie Kinsella yang menceritakan tentang si gila belanja Rebecca Bloomwoodyang  terpaksa harus menghentikan kegilaan belanjanya karena terlilit hutang kartu kredit? Jangan sampai kalian seperti itu ya.

Pemburu diskon

Sepertinya hampir semua wanita masuk dalam tipe yang satu ini. Si pemburu diskon rela mengantri panjang demi mendapatkan barang sale diskonan.  Apalagi saat ini brand – brand tertentu seringkali mengadakan weekend sale, bahkan midnight sale yang kemudian mengumumkannya di media – media sosial. Si pemburu diskon akan siap dan sigap untuk mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan harga  yang lebih murah, dan promosi yang paling hemat.

Jadi, kamu termasuk tipe belanja yang mana nih?

Related Articles