Setia Pada Satu Produk dan Tidak Pernah Mengganti Skincare, Apakah Efektif?

Apr 16, 2018 by carmelw

Dalam dunia kecantikan, ada orang-orang tertentu yang bisa dianggap setia dalam menggunakan satu produk kosmetik. Mereka bahkan telah memakainya selama bertahun-tahun karena merasa cocok dengan produk tersebut dan enggan untuk menggantinya dengan produk kosmetik yang lain. Sebenarnya, tidak pernah mengganti skincare itu efektif nggak sih? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini, yuk.

Apakah menggunakan produk skincare yang sama terus-menerus itu efektif?

dampak mengganti skincare img
Sumber: shutterstock.com

Secara umum  sebenarnya tidak ada masalah dengan tidak pernah mengganti skincare yang sama setiap hari dalam jangka waktu yang panjang. Namun, seperti yang kita tahu, seiring dengan berjalannya waktu organ tubuh manusia termasuk kulit akan mengalami banyak perubahan yang di antaranya terjadi karena berbagai faktor seperti stres, perjalanan, perubahan cuaca, pertambahan usia, perubahan hormon, dan lain sebagainya.

Hal itulah yang akan membuat kondisi kulit akan terasa lebih kering atau justru menjadi berminyak dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Perubahan kondisi kulit inilah yang kemudian harus kita cermati agar dapat menentukan produk yang tepat bagi kulit.

Kulit yang mengalami perubahan tentu saja akan membuat produk kosmetik yang telah dipakai sebelumnya menjadi tidak berfungsi secara efektif atau setidaknya berkurang manfaatnya. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk mengganti skincare secara berkala dan seperlunya sehingga dapat memenuhi kebutuhan kulit secara maksimal.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memilih Varian Skincare The Ordinary

Dampak buruk penggunaan produk skinacare yang sama secara terus-menerus

mengganti skincare tidak baik img
Sumber: shutterstock.com

Seperti telah dikatakan sebelumnya, menggunakan produk kosmetik secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama tetapi tidak menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit akan membuat produk tersebut kehilangan manfaatnya. Namun, selain itu juga dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah kulit, seperti:

Jerawat

Munculnya jerawat biasanya menjadi pertanda umum bahwa telah terjadi masalah pada kulit. Segera ganti produk kosmetik yang dipakai jika mulai muncul jerawat secara mendadak pada kulit wajah.

Iritasi

Bukan tidak mungkin produk yang sering digunakan mengandung bahan yang terlalu keras bagi wajah, sehingga dapat menimbulkan terjadinya iritasi dan ruam kemerahan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kulit kusam dan kehilangan sinarnya

Pada umumnya, semua produk kecantikan wajah akan membuat kulit tampak halus dan bersinar. Namun, penggunaan produk yang sama dalam jangka waktu lama dapat membuat kulit kusam dan kehilangan sinarnya karena kulit merasa jenuh sehingga akan berpengaruh pada kinerja pergantian sel dalam kulit.

Kapan saatnya mengganti skincare?

mengganti skincare wajah img
Sumber: shutterstock.com

Saat kulit tidak dapat beradaptasi lagi dengan produk skincare

Banyak orang yang mengatakan bahwa sangatlah normal jika produk skincare yang kita pakai akan menimbulkan efek yang berbeda setelah sekian waktu pemakaian. Namun, jika dipikir kembali, kalau memang produk tersebut cocok untuk kulit, pastinya tidak akan menimbulkan reaksi apapun seberapa lama kita memakainya.

Saat kulit mengalami perubahan kondisi

Di awal pembahasan tadi, telah disebutkan bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan produk skincare adalah mempertimbangkan kebutuhan kulit.

Kulit akan mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usia, yang ditandai dengan adanya perubahan kondisi seperti kehilangan kelembaban, menjadi kendur, kehilangan elastisitas karena produksi kolagen yang menurun dan lain sebagainya.

Karena itulah sebaiknya tidak menggunakan produk yang sama dalam waktu yang lama serta dibutuhkan perubahan rutinitas perawatan kecantikan misalnya seperti penggunaan produk anti-aging untuk mengatasi berbagai tanda-tanda penuaan yang terjadi.

Nah, Girls sekarang sudah paham ya mengapa kita disarankan untuk mengganti skincare secara berkala dan sesuai dengan kebutuhan kulit? Tentu saja semua demi meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit di masa depan.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Selama Ini Skincare-mu Nggak Cocok

Related Articles