Masih Sering Nahan Pipis? Akibatnya Bisa Fatal lho!

Jun 13, 2018 by Karina Mustika

Dulu sewaktu kecil kita dilatih untuk dapat mengontrol kandung kemih sehingga tidak ngompol dimana-mana. Jadi setelah beberapa saat kita jadi tahu kapan waktunya untuk ke toilet dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Namun semakin dewasa kita jadi terlalu lama nahan pipis entah karena sedang tidak dekat toilet ataupun sedang sibuk.

Menahan pipis bukanlah hal yang baik, kamu pasti sudah tahu itu. Tapi karena sudah sering melakukan itu, lama-lama justru jadi kebiasaan. Disitulah masalah-masalah berasal, dan bahkan dapat terjadi akibat yang parah. Gak mau kan kamu mengalami hal itu? So, pahami baik-baik informasi berikut ini dan mulai merubah kebiasaanmu.

Ini yang terjadi saat kamu sering nahan pipis

nahan pipis tidak baik img
Image: shutterstock.com

#1 Otakmu menjadi sulit membedakan kapan saat untuk pipis sesungguhnya

Meskipun kamu sulit untuk percaya dampak yang satu ini, namun kenyataannya memang seperti itu. Semakin kamu menunda untuk mengosongkan isi kandung kemihmu, maka otot-ototnya akan semakin meregang. Setelah kandung kemih meregang, otak dapat kehilangan kemampuannya untuk mengetahui kapan kamu harus pipis. Pesan dari kandung kemih kepada otak saat kamu harus buang air kecil bisa luput dari perhatian.

#2 Kemungkinan kamu bakal pipis di celana

Semakin lama kamu nahan pipis dalam kondisi kandung kemih yang makin penuh pula, maka semakin besar kamu gak sampai di toilet tepat waktu. Meskipun kasus ini kebanyakan terjadi pada anak-anak dan orang tua namun tetep ada kemungkinan terjadi pada orang dewasa juga lho. Contohnya saja seperti saat kamu harus ngantri di toilet umum. Meskipun gak benar-benar ngompol, tapi kamu pasti pernah kelepasan pipis sedikit di celana. Oops!

#3 Memicu terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Hampir separuh dari jumlah cewek di dunia pernah mengalami ISK setidaknya sekali dalam hidup mereka. Infeksi ini terjadi karena bakteri telah masuk ke saluran kemih, yang kemudian menyebabkan gejala seperti terbakar, sering ingin buang air kecil, nyeri panggul, dan lainnya. Meskipun sering menahan pipis bukan satu-satunya penyebab ISK, namun merupakan salah satu pemicunya. Karena jika kamu tidak selalu mengosongan kandung kemihmu dengan baik, maka bakteri akan berkembang biak di tubuhmu dan menyebabkan ISK.

#4 Organ tubuh lain juga mendapat pengaruh buruk

Kandung kemih terhubung dengan salah satu organ terpenting manusia yaitu ginjal. Karena urin merupakan hasil dari penyaringan kelebihan oar dalam darah yang tidak terpakai. Jadi penting sekali untuk kamu tahu bahwa menahan pipis akan menyebabkan urin kembali pada saluran ginjal. Dan hal itu akan menyebabkan infeksi serta kerusakan pada ginjal. Efek samping lainnya juga akan kamu rasakan akibat infeksi seperti demam, nyeri, kram, dan banyak lagi. Jadi dari pada nahan pipis, sebaiknya kamu segera pergi ke toilet girls!

#5 Otot-otot akan menjadi terkatup

Menahan pipis selain bikin perasaan gak nyaman juga akan membuat otot-otot kandung kemih menjadi terkatup. Efeknya akan membuat rasa nyeri pada perut bawah. Salah satu cara untuk mengurangi produksi urin yang berlebih adalah dengan menghindari minum alkohol serta kafein.

Baca juga:

Bahaya Mengintai Dibalik Skinny Jeans-Mu, Buang Jauh-Jauh!

Kopi dan Efeknya yang Terjadi Pada Tubuhmu

Hati-Hati 9 Jenis Pakaian ini Ternyata Buruk Bagi Kesehatan!

Related Articles