Serba Serbi Face Oil

Mar 11, 2017 by Alifah Puarada

Semakin ke sini ragam skincare semakin banyak. Moisturizer saja tidak cukup untuk menutrisi kulit. Belakangan muncullah bintang baru dalam dunia perawatan kulit. Namanya face oil. Disebut-sebut sebagai primadona, oil memiliki banyak sekali kegunaan.

Selain melembapkan wajah dengan lebih intensif, dapat juga digunakan sebagai makeup.

Ah yang benar ? Apa tidak greasy atau oily ? Bukannya minyak akan menyumbat pori-pori lantas jadi jerawat ?

Tunggu dulu. Simak dulu penjelasan berikut ini.

Apa Itu Face Oil ?

apa itu face oil? img

Face oil adalah minyak untuk wajah. Terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan, biasanya tanpa tambahan bahan kimia.

Jerawat terjadi ketika minyak tersumbat oleh sel kulit mati. Minyak ini tidak menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat. Justru akan memperbaiki tekstur kulit dan menyeimbangkan kadar minyaknya.

Face oil biasanya dikemas dalam botol-botol kaca gelap berukuran kecil. Hal tersebut karena minyak ini berisi bahan-bahan aktif dan konsentrasi tinggi. Face oil pun terbukti lebih efektif menutrisi kulit dari pada cream.

Meskipun bentuknya minyak, namun terasa ringan dan cepat meresap. Kamu hanya perlu satu sampai dua tetes untuk seluruh permukaan kulit wajahmu.

Single Ingredients Atau Oil Blend

bahan dasar minyak jenis ini pic

Face oil ada yang terdiri dari satu jenis minyak saja atau campuran dari beberapa jenis minyak.

Sumber Oil Dan Manfaat

Minyak untuk face oil terbuat dari bermacam-macam tanaman. Yang paling sering ditemui adalah argan oil, rosehip oil, jojoba oil, dan chia seed oil.

Argan oil : cocok untuk kulit kering karena daya melembapkannya sangat bagus. Minyak Argan bisa juga digunakan sebagai pengganti hair serum. Rambut akan terlihat lebih sehat. Face oil jenis argan juga paling mudah ditemui. Bisa dibilang setiap brand yang memiliki produk face oil pasti salah satu variannya adalah argan oil.

Rosehip oil : minyak yang satu ini memiliki manfaat memudarkan bekas luka dan memperbaiki tekstur kulit. Juga menjaga elastitisas kulit sehingga dapat juga dijadikan treatment menghilangkan strech mark.

Jojoba oil : memiliki sifat sangat mirip dengan minyak asli kulit sehingga sangat aman. Mengandung vitamin E tinggi sebagai antioksidan, anti bakteri, dan non comedogenic.

Chia seed oil : memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak dari jeruk.

Cara Menggunakan

cara aplikasi face oil img

Cara menggunakannya tidak sama dengan pelembap yang hanya diusap-usap ke kulit wajah. Takaran dan aplikasinya harus tepat supaya hasilnya optimal. Sayang kan, kalau salah menggunakan dan tidak terlihat hasilnya, padahal harganya cukup mahal.

Pertama, pastikan kulit wajah sudah bersih dan lembap. Urutan pemakaiannya dalam skincare routine adalah setelah moisturizer. Wajah yang lembap akan lebih cepat dan mudah menyerap face oil. Tunggu hingga moisturizer meresap sempurna baru aplikasikan face oil.

Takarannya cukup satu atau dua tetes saja. Cara mengaplikasikannya dioleskan dengan kedua telapak tangan sambil dipijat. Lebih baik digunakan pada malam hari. Alasannya, wajah mungkin akan terlihat terlalu berminyak jika menggunakan face oil pada pagi hari.

Jika memiliki kulit sangat kering, bisa juga mencampur setetes face oil pada foundation. Atau gunakan sebagai pengganti highlighter di sana sini supaya kulit terlihat bercahaya dari dalam.

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Face oil memang banyak sekali manfaatnya. Namun tidak semua face oil tepat untuk semua orang. Sebelum memilih face oil, pastikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Bagi pemilik kulit berminyak, bisa memilih dry oil yang tidak greasy sama sekali. Atau pilih face oil jenis blended yan memang diformulasikan untuk kulit oily. Sementara untuk pemilik kulit kering, pilihan face oil lebih banyak. Single ingredients seperti argan oil bisa dipertimbangkan.

Related Articles