Semua Yang Ingin Kamu Tahu Soal Serum, Essence, Booster dan Ampoule

by :

Setiap perempuan pastinya ingin tampil cantik dan sempurna dalam kesehariannya. Jika dahulu kita mengenal pembersih wajah, toner, dan pelembab saja sebagai “senjata perang” kita untuk merawat wajah, beberapa saat belakangan ini mulai muncul istilah seperti serum, essence, booster, dan ampoule untuk memenuhi kebutuhan kecantikan kulit.

Aduh, banyak banget ya jenisnya? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan istilah di atas dan apa pula fungsinya bagi kulit kita? Yuk, sebelum memakainya ada baiknya kamu tahu fungsi dan perbedaannya supaya nggak salah pakai.

Perbedaan Serum, Essence, Booster dan Ampoule

Serum

jenis serum pic
Sumber: intothegloss.com

Serum yang memiliki bahan dasar air atau minyak.  Secara umum kegunaan serum adalah membuat kulit lebih kencang dan kenyal, melembabkan, menyamarkan kerutan pada wajah hingga leher, mencengah penuaan dini, menghaluskan serta mencerahkan kulit, menutrisikan kulit, menghilakan flek pada wajah.

Serum memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain, karena itu partikelnya lebih halus dari pelembab sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Dipakai setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembab.

Serum biasanya memiliki kandungan yang ditargetkan untuk kebutuhan kulit secara lebih spesifik, seperti serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit, problem kulit kusam dan flek flek pada wajah. Sedangkan Serum vitamin E bermanfaat untuk antioksidant, manfaat antioksidan untuk kulit adalah mencegah terbentuknya lipofuscin, mempertahankan kelembaban alami kulit serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Adalagi yang cukup dikenal yaitu serum kolagen . Biasanya serum ini digunakan bagi mereka yang sudah berusia 30 tahun, maka fungsi dari serum kolagen adalah membantu mempertahankan kekencangan pada kulit wajah.

Essence

pemakaian essence img
Sumber: pinterest.com

Dalam kasus tertentu ada yang mendeskripsikan bahwa essence dan serum ini adalah istilah yang sama. Tapi jika pada merk tertentu mengeluarkan produk essence dan serum, maka tekstur dari essence ini akan lebih kental dibandingkan serum. Tekstur pada essence menyerupai emulsion atau menyerupai milky lotion. Biasanya juga, essence memiliki konsentrasi lebih bahan esensial untuk menutrisi wajahmu.

Booster

booster
Sumber: amodelrecommends.com

Disebut juga dengan pre-serum atau pre-essence  yang memiliki fungsi untuk memberi nutrisi tambahan yang dibutuhkan kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare yang akan dipakai setelahnya dalam artian digunakan sebelum pemakaian serum maupun essence. Teksturnya sendiri bermacam-macam dari cairan, lotion sampai dengan gel. Tapi tujuannya untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit dan juga membuat produk perawatan wajah yang ada pakai meresap lebih gampang dan bekerja lebih baik.

Ampoule

face ampoule
Sumber: michellefaith.com

Sebenarnya produk yang satu ini lebih sering ditemukan di Korea. Ampoule atau  ampule sering disebut sebagai supercharged serum. Formulanya aktif dan memiliki konsentrasi tinggi. Kandungan bahan aktifnyapun biasanya  paling banyak dibandingkan yang lain, bahkan dari serum. Teksturnya lebih  cair dan lebih mudah menyerap ke dalam kulit . Formula yang terkandung di dalamnya sangat reaktif sehingga membuat ampoule mudah teroksidasi. Oleh karena itu  di awal kemunculannya di industri kecantikan Korea, ampoule dikemas dalam bentuk ampul yang sebenarnya dan dalam kemasan sekali pakai.

Bahan-bahan dalam ampoule diformulasi untuk mengatasi permasalahan kulit secara lebih spesifik, walaupun  pada umumnya lebih difokuskan pada anti-aging. Selain asam hialuronat, peptides dan lendir siput, propolis adalah salah satu bahan yang sering dipakai juga pada ampul. Sifatnya yang anti-bakteri dipercaya dapat membersihkan pori-pori dan pemakaian jangka panjang akan membuat pori-pori terlihat lebih samar, bahkan membuat tampilan lebih muda. Pemakaian ampoule ini  biasanya dianjurkan untuk dikombinasikan dengan serum atau essence sejenis. Cara ini akan membantu menyelesaikan permasalahan wajahmu lebih cepat dari biasanya.

Perawatan wajah harus secara tepat dan tidak asal dalam penggunaannya. Ingat ya, setiap jenis kulit wajah memiliki reaksi yang berbeda, ketika orang lain merasa cocok belum tentu dengan kulitmu.