Semua Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Menghapus Tato

Apr 17, 2018 by Karina Mustika

Tato memang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Dan makin tahun makin menjadi budaya yang mainstream bahkan di Indonesia. Gak hanya cowok dan dipandang sebagai sesuatu yang menyeramkan lagi, karena sudah banyak pula cewek yang hobi dengan seni lukisan di kulit ini. Meskipun banyak orang yang akan berpikir dua kali karena begitu melekat di kulit mereka tidak bisa begitu saja menghapus tato.

Seiring berkembangnya teknologi, tato bukan lagi hal yang permanen dan seumur hidup. Karena terdapat cara untuk menghilangkan lukisan di kulitmu itu. Entah karena kamu merasa risih dengan tato jaman kamu remaja, atau kamu ingin mengganti dengan gambar yang baru. Yang pasti buat kamu yang ingin menghapus tatomu, pastikan kamu sudah mengetahui beberapa hal berikut ini.

Bagaimana cara kerja tattoo removal?

menghapus tato
Image: shutterstock.com

Terdapat beberapa cara untuk menglinagkan tato. Namun yang paling populer adalah dengan menggunakan metode laser. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan gelombang cahaya pada laser untuk memecah partikel tinta pada tato. Sebagian besar tinta berada di permukaan kulit, laser akan menghancurkan tinta hingga menjadi sangat kecil. Dengan serangkaian perawatan lainnya, partikel kecil-kecil ini akan dihapus secara alami oleh tubuh dan menjadi tidak terlihat lagi.

Cara menghapus tato dengan laser ini dinilai paling efektif karena hanya akan menghancurkan bagian kulit yang bertato saja. Sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan di area sekitarnya. Sedangkan cara lainnya memiliki tingkat luka yang tinggi dan efek samping lainnya.

Proses menghapus tato tidak bisa hanya sekali

menghapus tato
Image: shutterstock.com

Satu hal yang perlu kamu tahu, setiap treatment untuk penghapusan tato seseorang berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini seperti usia tato, warna tinta yang digunakan, pembuatnya adalah seorang profesional atau bukan, hingga posisinya di bagian tubuh. Dan seluruh proses akan memakan waktu 6-20 kali perawatan. Bahkan itu pun masih ada kemungkinan hasilnya tidak memuaskan dan hilang 100 persen.

Dengan metode laser nanosecond, warna hitam merupakan tinta yang paling mudah dihapus. Namun teknologi terbaru yaitu laser picosecond, warna biru dan hijau lah yang paling mudah. Kamu juga harus memastikan bahwa kulitmu tidak terkena sinar matahari lansung, baik sebelum dan selama proses penyembuhan. Ini dilakukan untuk meminimalisir efek luka parut di kulitmu.

Penghapusan tato tidak benar-benar bebas resiko

menghapus tato
Image: shutterstock.com

Seperti kebanyakan tindakan medis lainnya, proses penghapusan tato juga memiliki resiko. MUlai dari bekas luka parut, hingga perubahan warna permanen pada kulit. Maka dari itu pastikan kamu dateng pada ahli yang sudah bersertifikat dalam pengobatan laser. Karena penggunaan gelombang serta durasi laser harus dilakukan dengan tepat.

Pikirkan kembali sebelum kamu ingin menghapus tato

menghapus tato
Image: shutterstock.com

Meskipun terlihat mudah buat menghapus tato dari tubuhmu, namun gak berarti proses ini murah lho girls. Dan biaya yang harus kamu keluarkan untuk menghapus jauh lebih tinggi ketimbang untuk membuatnya. Belum lagi banyaknya proses yang harus kamu lalui untuk menghapus sebuah tato. Jadi sebaiknya kamu pertimbangkan matang-matang sebelum berpikir buat menghapus tatomu.

Baca juga:

Nggak Cuma Di Kulit, Kini Sedang Tren Tato di Gigi dan Lidah! Niat Banget Ya?

Jangan Main-Main, Perhatikan Hal-Hal Ini Jika Kamu Ingin Membuat Tato

Related Articles