Tiap Hari Pakai Makeup? Ini Dia Sejarah Kosmetik

by :

Kamu yang mengaku beauty enthusiast, tahu nggak kalau maskara kesayangan kamu dulunya dibuat dari arang dan vaseline ? Tahu juga nggak, kalau perempuan zaman dulu memakai arsenik sebagai bedak ?

Mari kita mengulik sejarah kosmetik dari masa ke masa. Perkembangannya luar biasa loh. Ternyata perempuan sudah mengenal kosmetik sejak 6000 tahun yang lalu. Tentu saja waktu itu konsepnya masih sangat sederhana. Belum ada cut crease, jamsu, baby punch, apalagi silicon blender. Tahun demi tahun berlalu hingga akhirnya kosmetik menjadi kebutuhan primer bagi perempuan seperti sekarang ini.

Pertama, kenali dulu apa itu kosmetik. Kata kosmetik berasal dari bahasa Yunani “kosmetike tekhne” yang berarti “teknik berhias atau berpakaian”, dari kata “kosmetikos” yang berarti “terampil dalam berhias”, dari kata “kosmos” yang berarti “susunan”.

Sejarah Kosmetik

4000 Tahun SM

awal sejarah kosmetik di zaman mesir kuno img

Bukti arkeologi mengatakan bahwa awal sejarah kosmetik pertama kali dikenal pada masa Mesir Kuno. Perempuan pada era ini menggunakan minyak jarak sebagai balsem dan memakai pelembap kulit yang terbuat dari lilin lebah, minyak zaitun, juga air mawar.

Selain merawat kulit, perempuan Mesir Kuno juga mulai mengenal konsep eyeliner dan maskara. Mereka menggunakan warna hijau di bawah kelopak mata dan menggelapkan bulu mata dengan kohl.

1000 Tahun SM

Pada era ini, perempuan-perempuan dari bangsa Persia mulai mengenal rambut berwarna. Mereka menggunakan henna untuk mewarnai rambut dan wajah.

Abad Pertama

Pada abad pertama masehi, tampilan wajah putih mulai diminati. Perempuan-perempuan Romawi mulai memakai kapur untuk memutihkan wajah. Kohl masih digunakan sebagai eyeliner dan maskara. Pemerah pipi mulai dikenal.

Abad Keenam

Kulit wajah putih semakin disukai. Makin putih makin bagus, terlebih putih yang cenderung pucat. Bahkan para perempuan rela melukai diri mereka sendiri supaya darah mereka berkurang. Extrem juga ya, perilaku perempuan demi dianggap cantik ?

Tahun 1600-an

kosmetik tahun 1600 pic

Lebih ekstrem lagi, pada era ini para perempuan kaya menggunakan Aqua Toffana. Kalau kamu belum tahu, Aqua Toffana adalah bubuk bedak untuk wajah yang mengandung racun arsenikum. Penggunaan bedak arsenik ini membuat para suami mereka meninggal.

Akhir Tahun 1700-an

Para perempuan mulai mengerti makeup lengkap meliputi lipstik, blusher, alis rapi, dan rambut berwarna. Produk-produk kosmetik berupa pemerah wajah, lipstik, pewarna alis, dan pewarna rambut mulai populer. Sebagian produk dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Namun sebagian lain mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri. Kerusakan kulit dan kerontokan rambut pun menjadi peristiwa jamak hingga akhirnya mengarah pada kematian.

Tahun 1800-an

Perusahaan kosmetik bernama Rimmel menciptakan maskara tanpa racun.

Namun pada abad ini, kosmetik banyak ditentang. Penggunaan kosmetik dianggap sebagai hal yang tabu dan vulgar, sehingga hanya digunakan oleh para pemain teater. Penjualan kosmetik pun dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Tahun 1910-an

Sebuah terobosan besar di dalam sejarah kosmetik bernama pressed powder diciptakan. Bedak dengan kemasan praktis yang dilengkapi kaca dan puff pun semakin diminati. Kemudian perona pipi berdesain sama juga mulai dipasarkan.

Gordon Selfridge pertama kali membuka konter kosmetik, yang memungkinkan pembeli mencoba kosmetik terlebih dulu.

Pada tahun 1914, majalah kenamaan Vogue meliput para perempuan Turki yang membentuk mata mereka menggunakan henna. Kemudian perusahaan kosmetik Max Factor mulai memperkenalkan pemakaian make up untuk selebriti. Pada tahun ini juga cake maskara cikal bakal merek Maybelline diciptakan. Ide membuat lipstik berbentuk tube mulai ditemukan oleh Maurice Levy.

Tahun 1920-an

Penjepit bulu mata untuk pertama kalinya dibuat, bernama Kurlash. Max Factor memperkenalkan lip gloss. Para perempuan mulai concern pada penggunaan make up sebagai reaksi terhadap attitude Victorian yang menganggap bahwa “perempuan baik-baik tidak memakai makeup”.

Tahun 1950-an

sejarah kosmetik tahun 1950 img

Audrey Hepburn memopulerkan gaya riasan mata kucing (cat eye). Ikon seksi Marlyn Monroe menjadi kiblat kecantikan.

Tahun 1970-an

Perona mata dan eyeliner semakin jamak. Gaya riasan mata yang bold semakin digemari sebagai tanda dari emansipasi wanita.

Tahun 1990-an

Krim anti aging mulai diperkenalkan. Gaya atletik minimalis menjadi gaya yang paling disukai di era ini.

Tahun 2000-an

Sebagai simbol milenium baru, nuansa metalik terlihat di mana-mana. Riasan metalik pastel sangat digemari. Para selebriti mendapat tempat sebagai kiblat dunia kecantikan.

Tahun 2010-an

Anak-anak selebriti menjadi ikon baru dunia kecantikan. Wacana cantik itu putih masih besar gaungnya terutama di Indonesia. Meskipun semakin banyak perempuan yang menyadari cantik itu bukan berarti putih, masih banyak juga krim pemutih abal-abal dijual.

Sekarang

Tren kecantikan cepat berputar. Brand-brand baru mulai bermunculan. Penggiat beauty pun semakin tidak terbatas. Bukan hanya beauty editor dan beauty blogger, perempuan biasa bisa menjadi beauty influencer melalui Youtube atau Instagram. Terutama di Indonesia, para selebriti sedang gencar memasuki industri kecantikan dengan menciptakan brand sendiri.