Sebelum Memutuskan Pakai Kawat Gigi, Kamu Harus Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Jan 30, 2018 by haify

“Pasang kawat gigi? Hmmm…

Salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilanmu tentu saja gigi. Karena bisa membuat senyummu lebih indah dan menambah percaya diri. Gigi yang sehat, putih, dan rapi tentu saja jadi keinginan semua orang. Namun nggak semuanya memiliki itu. Beberapa di antara kita memiliki susunan gigi yang berantakan. Entah karena dulu memang jarang merawatnya atau memang sudah bentukannya seperti itu.

Tapi untuk memperbaiki gigi yang nggak rapi, kamu bisa melakukan perawatan dengan cara menggunakan kawat gigi alias behel. Dengan menggunakan behel, letak gigimu akan dikoreksi sehingga terlihat lebih rapi. Namun, perawatan ini bukan hanya sekali atau dua kali saja, tapi merupakan rangkaian dalam jangka waktu yang cukup panjang. Dibutuhkan kesadaran sebelum memutuskan memakai kawat gigi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memasang behel, berikut 5 hal yang harus kamu pahami dan bisa dijadikan pertimbangan.

5 Pertimbangan Sebelum Memasang Kawat Gigi

 

1. Pastikan kalau kamu sudah berkomitmen selama perawatan karena kawat gigi nggak cuma dipakai satu atau dua bulan saja

pasang kawat gigi pic
https://www.pexels.com/photo/pain-armchair-dentist-suffering-52527/

Hal yang harus kamu pahami adalah komitmen selama kamu memakai kawat gigi. Kenapa? Karena ini bukan hanya untuk dua atau tiga bulan saja, tapi lebih lama dari itu. Rata-rata untuk membuat gigi lebih rapi diperlukan waktu lebih dari satu tahun, tergantung kesulitannya. Dan dalam jangka waktu tersebut dibutuhkan kedisipinan dalam merawatnya. Karena berbeda dengan perawatan biasa, merawat gigi yang menggunakan kawat gigi lebih sulit. Dan kamu harus lebih telaten untuk menjaga kebersihannya.

2. Biaya untuk kawat gigi nggak hanya di awal pemasangan, tapi juga kontrol secara berkala

https://www.pexels.com/photo/blur-business-close-up-computer-287227/

Selain membutuhkan komitmen yang kuat untuk merawat gigi yang berkawat, kamu juga harus memikirkan biayanya. Mungkin sebagian kita hanya berpikir bahwa biaya dibutuhkan saat awal saja dan nanti saat pelepasan behel. Tapi ternyata bukan itu saja. Kamu harus melakukan kontrol rutin paling tidak sebulan sekali untuk melihat perkembangan gigimu. Dan tentu itu membutuhkan biaya. Belum lagi alat perawatannya seperti sikat gigi khusus dan lain-lain, kamu harus menyiapkan biaya untuk itu semua.

3. Permasalahan tentang nyeri gigi akan sering kamu hadapi, termasuk sariawan yang mengganggu

https://pixabay.com/id/gigi-kawat-gigi-gigitan-mulut-366335/

Jika kamu melihat temanmu yang pakai kawat gigi terlihat biasa saja dan enak-enak saja, maka kamu salah. Yang namanya koreksi gigi tentu saja akan menimbulkan rasa sakit. Gigimu akan ditarik agar bisa tersusu rapi. Belum lagi rasa nyeri di bagian gusi. Dan nggak cuma itu, terkadang persoalan mulut seperti sariawan juga bakal sering datang di awal, karena gesekan antara dinding mulut atau bibir. Jadi jangan kaget jika nanti ada lebih dari satu sariawan yang muncul dan itu perih banget.

4. Pastikan juga kamu nggak akan pindah selama minimal satu tahun ke depan, agar kamu bisa kontrol ke dokter gigi yang sama

https://pixabay.com/id/anak-dokter-gigi-gigi-zahntechnik-1933014/

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memakai kawat gigi adalah memilih dokter giginya. Apakah kamu bisa menemui dokter yang sama selama memakai kawat gigi atau nggak. Karena tentu saja orang yang mengerti bagaimana perkembangan gigimu adalah dokter yang memasangkan behel tersebut. Jadi usahakan kamu nggak pindah atau pergi jauh dalam kurun waktu yang lama. Karena kamu butuh kontrol dengan dokter yang sama.

5. Jika sebelumnya kamu bebas makan apa saja, setelah memakai behel makananmu jadi terbatas

makan sehat img
https://pixabay.com/id/makan-mulut-bibir-kelaparan-2330850/

Dan yang terakhir, kamu harus pahami bahwa ketika nanti kamu memakai kawat gigi, kamu nggak akan bebas lagi melahap semua makan, termasuk makanan favoritmu. Karena saat menggunakan kawat gigi, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Seperti jagung rebus, cokelat, jeruk, minuman soda, dan lain sebagainya. Makanan ini dilarang bukan tanpa sebab, tapi bakal menyusahkan. Bisa saja ada bagian bricket yang lepas, atau makanan tersebut susah dibersihkan, dan lain sebagainya.

 

So, udah siap dengan segala risiko dan komitmen di atas? Kalau udah sih boleh-boleh aja kok pakai behel. Apalagi nanti bisa membuat gigimu lebih rapi. Tapi kalau belum siap, mending ditunda dulu. Biar nanti kamu juga nggak menyesal setelah memasang behel.

Related Articles