Sebelum Memutuskan Kerja Freelance, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu!

Feb 12, 2018 by Silvia Ayu

Memutuskan untuk resign dari pekerjaan tetap dan mengambil langkah untuk kerja freelance itu bukanlah hal mudah. Kamu butuh banyak pertimbangan, termasuk persoalan lingkungan sosial yang pastinya akan banyak berubah. Dan pastinya, bukan cuma kamu lho yang dipusingkan kalau harus resign kerja, melainkan keluarga dan orang terdekat juga.

Dan di sini, Miignon akan membahas mengenai pekerjaan freelance yang ternyata nggak mudah buat dijalani. Bukan meremehkan, tapi lebih kepada beberapa pertimbangan sebelum kamu mantap memilih kerja freelance. Pssst, daripada menyesal nanti!

5 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Kerja Freelance

 

Alasanmu harus logis, bukan cuma gaya-gayaan!

https://pixabay.com/en/entrepreneur-lifestyle-millennial-2934861/

Kenapa makin ke sini, makin banyak orang yang dengan gagahnya memutuskan kerja freelance, padahal sebenarnya dia hanya ikut-ikutan? Yup, inilah yang dinamakan “latah” dalam mengambil keputusan. Bagi mereka, mengikuti tren sama dengan menyelamatkan gengsi dan kehidupan sosialnya, meski ini sama sekali nggak benar.

Nah, jangan sampai ya alasanmu untuk memutuskan kerja freelance hanya karena tren saja! Sebaiknya kamu pelajari baik-baik, karena kerja freelance dan kantoran biasa itu sama-sama punya kekurangan serta kelebihan. Jangan jumawa, semua tentu ada risikonya!

Freelancer atau nggak itu sama-sama punya tanggungjawab dan deadline!

orang sibuk img
https://pixabay.com/

Jangan kira, pekerjaan seorang freelancer itu selamanya enak dan bebas tugas. Justru, kamulah yang akan sepenuhnya mengatur waktu dan ritme pekerjaan agar semuanya berjalan lancar.

Kalau kamu hanya berpatokan pada enaknya saja, kerjaanmu sebagai freelancer pun nggak akan menghasilkan apa-apa. Perhatikan bahwa setiap pekerjaan yang menghasilkan itu harus dibarengi dengan konsistensi melakukan kewajiban; menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan anti molor!

Koneksi internetmu harus SELALU lancar!

https://pixabay.com/en/purse-wallet-coffee-pen-1478852/

Hal simpel yang jarang kamu persiapkan sebelumnya ini sebenarnya penting banget, lho! Kalau kamu sudah mantap kerja freelance, usahakan untuk memasang WiFi di rumah untuk mencegah tersendatnya pekerjaan dan rusaknya mood-mu. Jangan cuma andalkan paket data dari HP-mu, karena kamu nggak bisa menggunakannya sepanjang waktu.

Sudah siap belum merasakan kesepian karena nggak ada lagi rekan kerja layaknya di kantor biasa?

dunia kerja freelance photo
https://pixabay.com/

Pentingnya mempertimbangkan keputusanmu sebelum kerja freelance agaknya harus sampai pada pertanyaan, “emang gue udah siap jadi orang yang setiap harinya sendirian” deh! Kalau sudah, kamu akan memahami bahwa menjadi freelancer juga bukan perkara mudah karena banyak pertimbangan.

Pengaturan keuangan yang sekarang sudah nggak tentu kapan keluar dan masuknya

https://pixabay.com/en/money-bank-note-banknote-euro-gift-2991837/

Namanya juga freelancer, pekerjaanmu pasti nggak tentu hari. Bisa saja dalam sebulan kamu hanya bisa mengerjakan 2  proyek atau bahkan 10 proyek dalam sehari. Tentunya, hal ini berpengaruh besar dengan pendapatan dan pengeluaranmu bukan?

Untuk itu, coba manage semuanya dengan baik, bila perlu taruh di buku catatan atau aplikasi pencatat keuangan. Jangan sampai, profesi freelancer malah membuatmu sering bokek dan nggak bijak dalam mengatur keuangan.

Related Articles