Satu Butir Kapsul Minyak Ikan Bisa Gantikan Pelembab Wajahmu, Ini Caranya

Apr 11, 2017 by carmelw

Sudah banyak orang yang mengetahui jika minyak ikan memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Ada banyak penyakit yang bisa dicegah jika rajin mengkonsumsinya, karena minyak ikan sering kali menjadi salah satu bahan utama suplemen.

Minyak yang biasanya terbuat dari ikan tuna, salmon dan kod yang kaya akan protein, asam lemak omega-3 yang  disebut docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) sehingga ampuh untuk menjaga imunitas tubuh. Di samping itu terdapat kandungan asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan, tapi tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Dalam tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3.

kapsul minyak ikan pic
Sumber: barbellrepublicusa.com

Minyak ikan yang biasanya hadir dalam bentuk kapsul ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain :

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular atau yang berkaitan dengan sistem peredaran darah
  2. Mengurangi kadar trigliserida
  3. Mencegah kanker
  4. Mencegah penyakit mata bernama age-related macular degeneration (AMD)
  5. Mengurangi kebutuhan akan obat-obatan asma
  6. Pengobatan arthritis
  7. Meningkatkan kinerja indera pasien attention deficit-hyperactivity disorder  (ADHD)

Dan masih banyak lagi manfaatnya bagi pencegahan penyakit. Namun, siapa sangka ternyata minyak ikan ini juga memiliki manfaat bagi kecantikan? Apa saja sih manfaat rutin mengkonsumsi minyak ini untuk kesehatan kulit?

Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Kulit

manfaat minyak ikan bagi kesehatan kulit img
Sumber: kimberlysnyder.com

Manfaat minyak ikan untuk melembabkan kulit

Suplemen minyak ikan mengandung omega- 3, docosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic (EPA) di dalamnya yang dapat melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari. EPA dapat meningkatkan jumlah paparan sinar matahari yang dapat diterima oleh kulit. Paparan sinar matahari dapat berdampak negatif pada kulit yang menyebabkan terbentuknya kerutan, hiperpigmentasi, dan noda hitam.

Minyak ikan dapat membantu menjaga kulitmu dari efek penuaan akibat kerusakan sinar matahari. Mengaplikasikan dan mengonsumsi minyak ikan dapat memperbaiki hidrasi dan kekenyalan kulit. Juga melindungi sel-sel dalam kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Minumlah satu kapsul dalam sehari, agar mendapatkan hasil yang maksimal atau kamu tinggal mengganti pelembap harianmu dengan minyak ikan. Ratakan ke seluruh wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Beri pijatan lembut pada permukaan wajah, lalu bilas hingga bersih.

Menghilangkan jerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya minyak ikan mengandung dua asam lemak omega-3, yang ternyata juga memiliki sifat efek anti-inflamasi dan antibakteri yang berperan dalam mengendalikan jerawat. Asam lemak omega-3 ini membantu mengontrol kelebihan hormon dimana artinya mengontrol produksi minyak sebum sehingga meminimalisir pertumbuhan jerawat pada kulit. Disamping itu antioksidannya berperan untuk mengusir bakteri dan mencegah perkembangannya pada kulit. Dengan demikian, jerawat tidak bertambah parah, dan jika ternyata jerawat tersebut membengkak hebat, berwarna merah disertai nanah di dalamnya, maka kandungan omega-3 pada minyak ini bermanfaat anti inflamasi yang  bisa mencegah terjadinya peradangan pada jerawat. Caranya cukup mudah, oleskan minyak ikan pada jerawatmu, dan biarkan mengering kemudian baru bilas. Sebaiknya dilakukan secara rutin di malam hari.

Mencegah kerontokan rambut

Rambut rontok biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, namun kenyataannya banyak diantara kita yang  mengalami kerontokan rambut. Rambut rontok mungkin disebabkan oleh adanya infeksi dalam tubuh, atau gangguan yang dapat menyebabkan rambut rontok. Kebiasaan makan, stres dan gaya hidup, dan kekurangan vitamin D juga bisa menjadi penyebab terjadinya kerontokan rambut.

Kandungan vitamin D yang terdapat di dalam minyak ikan memiliki manfaat untuk merangsang sel-sel yang berfungsi untuk pembentukan batang rambut baru di kulit kepala. Di samping vitamin D, kandungan omega-3 di dalam mintak ikan sangat baik untuk membantu kembali pertumbuhan rambut , menambah lubrikasi minyak alami di folikel rambut, dan  menutrisi rambut agar rambut lebih kuat dan berkilau. Konsumsilah sehari sekali untuk mendapatkan manfaat minyak ikan ini bagi kecantikan rambutmu.

Meskipun memiliki banyak manfaat, dalam mengkonsumsinya sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter agar tidak terjadi efek samping yang menyertainya, ya!

 

Related Articles