Sakitnya Mata Bintitan: Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

by :

Pernah menjumpai benjolan kecil kemerahan yang muncul di pinggir kelopak mata? Konon kabarnya, munculnya gangguan pada mata yang sering disebut dengan bintitan ini disebabkan karena kita punya hobi mengintip orang mandi. Benar nggak sih? Cari jawabannya di sini, yuk.

Mata bintitan atau dalam bahasa medis dikenal dengan hordeolum atau stye adalah salah satu penyakit mata yang selain dapat mengganggu aktivitas juga dapat merusak penampilan sehari-hari. Umumnya, bintitan memang terjadi di kelopak mata bagian luar, tetapi nggak jarang juga muncul di bagian dalam mata dan tentu hal itu terasa lebih menyakitkan.

Waspada Mata Bintitan!

 

Faktor penyebab munculnya mata bintitan

Mata bintitan terjadi  karena bakteri Staphylococcus areus yang hidup pada kulit manusia dan menjadi penyebab terjadinya infeksi jika kita kurang menjaga kebersihan seperti menyentuh atau mengucek mata dengan tangan yang kotor. Di samping itu, mata bintitan juga dapat terjadi karena faktor lainnya seperti:

  1. Terjangkit iritasi kelopak mata yang disebut blepharitis atau kondisi kulit yang disebut rosacea. (Baca selengkapnya tentang rosacea di sini)
  2. Memakai produk kosmetik yang sudah kadaluarsa
  3. Malas membersihkan wajah, terutama yang memakai kosmetik sebelum tidur
  4. Kurang menjaga kebersihan tangan saat melepas atau memasang lensa kontak
  5. Menderita diabetes tipe 2 atau penyakit dermatitis seboroik
  6. Terjadinya sumbatan pada kelenjar kelopak mata tanpa adanya infeksi bakteri yang disebut sebagai chalazion

Gejala mata bintitan

Mata bintitan yang terjadi karena infeksi kelenjar kelopak mata biasanya akan menimbulkan benjolan kecil berwarna merah di salah satu kelopak mata yang disertai dengan munculnya rasa nyeri dan panas, mata terasa kering seperti berpasir, dan juga rasa gatal di area sekitar. Selain itu, pada beberapa orang bintitan akan menampakkan bintik kecil dengan warna kuning atau putih, mata berair, dan pembengkakan yang dapat menimbulkan nanah.

Meskipun penyakit ini tidak termasuk penyakit yang berbahaya, tetapi jika benjolan yang muncul cukup besar tidak segera diobati akan dapat mengganggu ketajaman daya penglihatan seseorang. Penyakit ini juga bisa menyebabkan infeksi akut pada jaringan mata yang disebut dengan selulitis periorbital.

Baca Juga: Mata Sembab Setelah Menangis? Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Mengurangi atau Menyamarkannya

Cara mengatasi mata bintitan

Pada umumnya, pengobatan mata bintitan dapat kita lakukan sendiri di rumah, yaitu dengan cara :

  1. Kompres mata dengan kain hangat selama 10 hingga 15 menit, dua hingga empat kali sehari hingga bengkaknya mengecil. Mengompres mata dengan air hangat akan dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan mata. Saat mengompres, pastikan mata agar dalam kondisi yang tertutup, tekan dengan lembut bengkaknya untuk membuka sumbatan.
  2. Hindari menggunakan lensa mata, hingga kondisi membaik
  3. Hindari penggunaan kosmetik untuk sementara waktu

Dalam kondisi tertentu, bintitan mungkin akan membutuhkan pertolongan dokter jika:

  1. Bengkak tidak mengempes dalam beberapa hari atau kondisi makin buruk
  2. Kelopak mata makin membengkak dan menimbulkan rasa sakit di sekitar mata sehingga tidak dapat melihat
  3. Menjadi penanda terjadinya gejala penyakit kronis lainnya

Supaya mata tidak bintitan …

Sebenarnya, mata bintititan yang seringkali membuat kita hilang percaya diri ini dapat dicegah dengan cara-cara seperti berikut ini:

  • Jangan pernah tergoda untuk menggosok mata, terutama saat tangan kita sedang kotor. Kebiasaan buruk ini akan dapat memicu terjadinya perpindahan bakteri di tangan ke mata dan menyebabkan terjadinya infeksi.
  • Rajin mencuci wajah, terutama saat wajah terasa berminyak dan kotor, untuk mencegah terjadinya penyumbatan kelenjar minyak.
  • Rutin merawat dan membersihkan kelopak mata. Campurkan beberapa tetes shampo bayi ringan bersama satu cangkir air hangat, aduk rata, kemudian gunakan kapas untuk membasuh kelopak mata dan area sekitarnya dengan larutan tersebut. Lakukan ini dengan mata tertutup.

Ternyata, timbulnya bintitan pada mata bukan disebabkan karena hobi mengintip orang mandi, melainkan karena kurangnya kita menjaga kebersihan tangan dan mata. So, nggak ada salahnya melakukan pencegahan sedari sekarang, yuk Girls.