Resep Es Kepal Milo Hingga Milo Cube Kekinian Ini Enaknya Bikin Keblinger

Apr 20, 2018 by carmelw

Siapa sih yang enggak kenal dengan minuman coklat bermerek Milo? Bubuk coklat produksi Nestle yang sebenarnya berasal dari Australia ini, memang sejak dahulu memiliki banyak penggemar dari berbagai usia dan kalangan, baik tua maupun muda.

Kecintaan akan Milo membuat para penggemarnya dari waktu ke waktu semakin inovatif dan kreatif dalam menciptakan berbagai menu yang unik dengan menggunakan Milo sebagai bahannya.

Biasanya kita mengenal Milo sebagai minuman yang disajikan baik secara panas maupun dingin. Namun, belakangan ini muncul berbagai olahan menu terbuat dari Millo yang nggak kalah enaknya untuk dinikmati.

Berikut ini Miignon punya tiga resep Milo yang kekinian dan sedang viral di dunia perkulineran. Ketimbang mahal-mahal membelinya, kenapa nggak coba untuk membuatnya sendiri?

Resep es kepal Milo

Pernah dengan es kepal Milo yang belakangan ini santer dibicarakan? Olahan bubuk Milo yang lagi naik daun ini, kabarnya berasal dari negara tetangga, Malaysia. Namun, dengan peran serta para netizen yang kerapkali membagikan postingan tentang menu ini, nggak butuh waktu lama untuk menjadikannya terkenal terutama di dunia perkulineran di Indonesia.

Pada intinya resep es kepal Milo ini adalah es serut yang dibentuk dengan kepalan tangan,  lalu disiram dengan saus Milo kental dan ditambahkan aneka topping menarik lainnya. Resep es Kepal Milo cocok untuk dinikmati kapan saja dan siapa saja, terutama bagi mereka penggemar Milo.

Bahan:

  • Es batu, diserut atau diblender hingga halus
  • 5 bungkus Milo bubuk ukuran 80 gram
  • 50 gram coklat bubuk
  • 200 ml susu kental manis putih
  • Topping sesuai selera

Cara membuat:

  1. Campurkan bubuk Milo, coklat bubuk, dan susu kental manis dalam sebuah mangkuk, lalu aduk hingga rata.
  2. Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit demi sedikit susu cair tawar
  3. Bentuk es batu yang sudah diserut menjadi bulatan dengan cara mengepalnya dengan tangan yang dilapisi plastik bersih.
  4. Letakkan es kepal dalam mangkuk atau wadah saji, lalu tuangkan campuran Milo tadi ke atas es hingga seluruh permukaannya tertutupi. Taburi lagi dengan Milo bubuk.
  5. Tambahkan topping sesuai selera. (Bisa choco chips, wafer, Oreo, dan lain sebagainya)
  6. Es kepal Milo siap untuk dinikmati.

Resep Milo cube

resep es kepal milo
Sumber: mayura benjarattanapakee / Shutterstock.com

Sebelum resep es kepal Milo ramai dibicarakan, ada satu produk olahan Milo lainnya yang sempat ngehits dan membuat banyak orang penasaran. Apalagi produk ini banyak diperjual belikan secara online, sehingga sangat mudah untuk didapatkan.

Keunikan Milo cube, selain praktis dibawa kemana saja, juga dapat dinikmati langsung seperti mengunyah permen biasa. Sudah bisa dipastikan, produk ini sangat diminati terutama oleh anak-anak.

Bahan:

  • 2 bungkus Milo ukuran 80 gram
  • 3 sdm coklat bubuk
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Tempatkan Milo dan coklat bubuk pada sebuah wadah, lalu aduk rata ke-duanya.
  2. Selanjutnya tambahkan susu kental manis sedikit demi sedikit, aduk rata hingga berbentuk adonan yang lengket.
  3. Bentuk adonan seperti dadu dengan menggunakan cetakan es batu, lalu taburi kembali dengan Milo bubuk.
  4. Masukkan ke dalam lemari es, agar teksturnya mengeras dan Milo cube homemade siap dinikmati.

Resep Milo cake

resep es kepal milo
Sumber: shutterstock.com

Milo cake ini mudah untuk dipraktekkan. Bahkan, untuk kamu yang notabene adalah anak kos. Selain tidak membutuhkan mixer, Milo cake ini diolah dengan cara dikukus. Meski praktis, tapi soal rasa tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 1 bungkus Milo bubuk
  • 3 sdm coklat bubuk
  • ½  sdt vanila bubuk
  • 1 sdt baking soda
  • ½ sdt garam
  • 150 ml minyak sayur
  • 200 ml air matang

Cara membuat:

  1. Kocok gula pasir dan telur dengan menggunakan whisk atau garpu hingga larut dan tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu, Milo bubuk, coklat bubuk, vanila bubuk, baking soda, garam lalu aduk rata kembali.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk, lalu terakhir masukkan minyak sayur ke dalamnya. Aduk rata kembali.
  4. Siapkan cetakan kue, lapisi dengan minyak seluruh permukaannya, lalu tuang adonan ke dalamnya.
  5. Kukus adonan selama 25 menit dengan api sedang, dan jangan lupa lapisi tutup panci dengan lap bersih agar uap air tidak membasahi adonan.
  6. Selanjutnya tusuk kue dengan lidi untuk memastikan kematangannya. Jika tidak ada adonan yang menempel, dapat dipastikan kue telah matang sempurna dan siap untuk diangkat dari kukusan.

Wah, ternyata resep menu-menu Milo kekinian ini nggak terlalu sulit untuk dipraktekkan, lho Girls. Coba praktekkan, yuk.

 

Related Articles