Resep Asinan Rambutan Kekinian Ngehits Dari Pontianak

by :

Indonesia dikenal sebagai negara di daerah tropis yang punya berbagai macam jenis buah-buahan yang unik. Sebut saja buah salak, sawo, jamblang hingga rambutan. Buah-buahan ini hanya bisa kamu temui di Indonesia.

Kalau menyebut buah tropis, pasti yang diingat adalah buah rambutan karena bentuk buahnya yang unik dan rasanya yang manis. Di Indonesia, buah ini sangat mudah dibudidayakan meski memiliki musim berbuah di bulan-bulan tertentu saja. Buah rambutan umumnya berbuah subur dan dipanen di bulan November hingga Februari, maka tak heran jika di bulan-bulan ini banyak rambutan dijajakan di mana-mana.

Kelezatan buah rambutan dan panennya buah berwarna merah ini tentunya tidak disia-siakan oleh banyak orang, khususnya bagi pecinta kuliner. Di Malang, buah rambutan diolah menjadi keripik rambutan yang punya rasa manis-gurih. Keripik rambutan diolah melalui proses pengeringan, pemanggangan hingga dikemas di dalam kemasan foil yang kedap udara untuk menjaga kualitasnya saat didistribusikan ke berbagai kota hingga negara di seluruh dunia.

Nah, rupanya inovasi kuliner berbahan dasar buah rambutan gak cuma berhenti pada jenis makanan ringan saja seperti keripik rambutan di atas lho. Baru-baru ini, sebuah olahan kuliner berbahan dasar rambutan ramai dibicarakan dan bikin penasaran banyak orang. Pasalnya, banyak sekali foto-foto beredar di Instagram ataupun Twitter yang membahas soal asinan rambutan kekinian. Hmm, seperti apa ya rasa asinan rambutan kekinian yang fenomenal ini?

Asal Mula Asinan Rambutan Kekinian

Asinan rambutan kekinian merupakan makanan bercita rasa manis-asin-kecut yang pertama kali dipopulerkan di Instagram. Konon, warga Pontianak lah yang pertama kali membuat asinan rambutan kekinian ini jadi ngehits. Gak heran, karena saat ini di Pontianak rambutan sedang musimnya. Rambutan yang berbuah mekar-mekarnya ini dihargai hanya Rp. 10 ribu untuk 3 ikat rambutan berukuran besar dengan rasa yang manis.

Begitu melimpahnya rambutan di kota Pontianak, membuat masyarakatnya memutar otak bagaimana caranya agar buah ini bisa dinikmati tanpa membosankan. Akhirnya, muncullah ide untuk mengolahnya menjadi asinan yang segar dan bikin ketagihan.

Kalau kamu ngiler melihat foto-foto asinan rambutan kekinian yang beredar di Instagram, kamu gak perlu harus pergi ke Pontianak kok. Lalu, bagaimana sih cara membuat asinan rambutan kekinian ini? Bahan-bahan yang diperlukan sebetulnya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan: Rambutan, garam, gula, cabe, jeruk sambal dan asam.

Cara Membuat Asinan Rambutan

Cara mengolahnya pun mudah. Pertama-tama, kupas rambutan, keluarkan bijinya agar lebih mudah dimakan. Haluskan cabe, garam dan gula. Peras jeruk dan tambahkan asam. Cicipi untuk keseimbangan rasa. Kemudian, campurkan bumbu asinan ini ke atas rambutan. Aduk-aduk rata hingga air rambutan bercampur dengan bumbu asinannya.

Mengenai takarannya, sebetulnya tidak ada takaran yang pasti karena tergantung selera masing-masing. Jika kamu suka rasa yang cenderung manis, perbanyak takaran gulanya. Umumnya sih, orang-orang suka dengan rasa asinan yang cenderung asam dan pedas, jadi kamu bisa menambahkan takaran asam, jeruk dan cabe ulekannya.

Soal rasanya? Jangan ditanya lagi. Segarnya jeruk sambal, berpadu dengan asam yang mengundang air liur dilengkapi dengan pedasnya cabe yang menggugah selera untuk terus nambah.

Banyak orang yang mengatakan bahwa dengan resep ini rambutan jadi naik kelas menjadi makanan kekinian yang digemari. Dengan resep ini pula, rambutan jadi tidak mudah busuk dan lebih awet jika disimpan ketimbang dimakan begitu saja sebagai buah-buahan. Diamkan di kulkas terlebih dahulu selama 2 jam sebelum dimakan agar bumbunya lebih merasap. Hmm, yummy!