Rambut Pun Punya Masanya, Ini Perubahan Kondisi Rambut Sesuai Tahapan Umur

by :

Sama seperti halnya kulit dan tubuh, sebenarnya rambut kita, terutama para wanita,  juga mengalami perubahan kondisi seiring dengan bertambahnya usia. Perubahan ini biasanya terjadi sesuai dengan rentang usianya dan diawali pada usia 20-an.

Kondisi rambut di usia 20-an

kondisi rambut usia 20an pic
Sumber: pixabay.com

Pada usia 20-an, rambut seseorang sedang dalam kondisi terbaiknya. Biasanya hal ini ditandai dengan  pertumbuhan rambut yang optimal sehingga tampak sehat dan tebal. Di usia ini hormon juga sedang berada dalam kondisi stabil dan memainkan peranan yang cukup penting bagi pertumbuhan rambut.

Adapun berbagai masalah rambut seperti rambut rapuh dan mudah rontok biasanya hanya dialami oleh mereka yang memiliki kelainanhormon, misalnya hormon tiroid. Sedangkan, pada wanita yang hamil di rentang usia ini, hormon kehamilan akan membuat rambut tampak tebal dan bercahaya. Kondisi ini disebabkan oleh adanya produksi minyak pada kulit kepala cenderung mengandung kelembaban tinggi.

Beberapa tips berikut ini dapat dilakukan untuk mempertahankan keindahan rambut di usia 20-an, yaitu:

  • Batasi penggunaan pewarna rambut dan pemakaian hair styling bertenaga panas yang dapat merusak rambut lebih cepat dari seharusnya.
  • Lakukan perawatan rambut dengan menggunakan conditioner dan hair spa secara teratur.
  • Lindungi rambut dari paparan sinar matahari. Gunakan topi atau pelindung rambut saat berada di area yang terkena panas matahari secara langsung.

Kondisi rambut di usia 30-an

kondisi rambut
Sumber: pixabay.com

Kondisi rambut bisa berubah total setiap dekadenya. Pada usia 30-an, meskipun rambut masih tampak indah dan bercahaya, tetapi sudah mulai menampakkan tanda penuaan. Munculnya uban dan rontoknya beberapa helai rambut membuatnya tampak lebih tipis dibandingkan periode sebelumnya.  Hal ini terjadi karena pada rentang usia 30-an, metabolisme tubuh akan mulai melambat yang ditanai dengan berkurangnya massa otot dalam tubuh.

Kondisi perubahan rambut di usia 30-an sebenarnya bersifat sementara. Pada umumnya hal ini sering terjadi pada mereka yang telah memiliki anak. Kelelahan secara fisik dan beban psikis menyebabkan terjadinya perubahan kondisi rambut lebih cepat dibandingkan mereka yang belum memiliki anak atau bahkan belum menikah.

Solusinya, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang seimbang. Tambahkan asupan vitamin B yang akan membantu membawa nutrisi dan oksigen ke kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Vitamin B bisa didapatkan melalui biji-bijian, daging, produk makanan laut, dan sayuran hijau. Di samping itu penting juga untuk dapat memanajemen tingkat stres dan kelelahan tubuh agar dapat membantu rambut segera pulih dengan cepat.

Kondisi rambut di usia 40-an

kondisi rambut usia 40 img
Sumber: pixabay.com

Tanda penuaan mulai tampak di rentang usia 40-an. Beberapa penelitian menunjukkan menopause adalah faktor terbesar yang paling dapat mempengaruhi perubahan tubuh, terutama secara fisik. Banyak wanita mengalami kondisi yang tidak menyenangkan saat memasuki masa menopause. Mulai dari kulit kepala yang mengering, rambut rontok, rambut menipis, bahkan botak di area tertentu yang disebabkan karena frekuensi pertumbuhan rambut yang terganggu.

Perubahan kondisi rambut selama menopause terjadi akibat dari ketidakseimbangan hormon, khususnya produksi estrogen dan progesteron yang melambat. Seiring dengan menurunnya kadar estrogen dan progesteron, maka akan mempengaruhi pertumbuhan rambut pada rentang usia ini.

Untuk mengatasinya, dianjurkan untuk rutin menggunakan hair tonic dan serum rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menutrisi kulit kepala, batang rambut, dan folikel  rambut. Selain itu usahakan untuk mengkonsumsi daging merah setidaknya dua kali seminggu, dan konsumsilah berbagai makanan yang mengandung zat besi, vitamin C, dan vitamin B12, untuk mempertahankan kadar zat besi dalam tubuh.

Setiap orang pasti akan mengalami perubahan kondisi fisik seiring dengan pertumbuhan usia. Meski demikian, penuaan dini bisa saja terjadi pada beberapa orang tergantung dari gaya hidup, tingkat stres yang dialami, dan kondisi kesehatan. Nah, Girls, mumpung masih belum terlambat, ubah pola hidupmu agar tetap sehat dan bersemangat hingga usia lanjut.