Puasa Sambil Pacaran? Ikuti Tips Ini Agar Puasa dan Percintaanmu Sama-Sama Lancar!

May 22, 2018 by Larissa

Pertanyaan “Boleh enggak sih pacaran pas puasa?” biasanya tak hentinya dilontarkan saat bulan suci Ramadhan tiba. Hal ini karena di bulan puasa, umatnya harus menahan nafsu, bukan hanya menahan nafsu haus dan lapar, tapi juga tentunya nafsu untuk berpacaran. Loh, berarti untuk kamu yang pacaran harus tahan tidak bertemu selama sebulan? Eits, bukan begitu. Jangan khawatir, kamu masih bisa pacaran dengan kekasih tercinta dengan mengikuti tips ini agar puasamu juga tetap lancar, ya!

 

1. Jaga jarak

Kalau kamu merasa bisa bertahan tanpa bertemu si pacar selama kurang lebih sebulan, mungkin kamu bisa berkompromi dengan dia untuk tidak bertemu dulu. Toh, sebulan bukan waktu yang terlalu lama, bukan? (Atau mungkin terlalu lama?) Kamu masih bisa berkomunikasi dengan sang pacar lewat ponselmu. Bayangkan saja dirimu sedang menjalani LDR. Yang penting selama sebulan ini kamu dan dia bisa fokus dengan ibadah kalian.

 

2. Hindari hanya berdua

puasa sambil pacaran di bulan ramadhan img
Shutterstock

Jika kamu janjian untuk bertemu dengan pacar, usahakan kamu tidak berdua saja. Mungkin kamu bisa mengajaknya berkunjung ke rumahmu, supaya pacarmu bisa bersilaturahmi dengan keluargamu. Atau, kalau kamu ingin berkencan di luar rumah, kamu bisa mengajak sahabat kalian dan melakukan double date. Yang penting, kamu dan si pacar tidak hanya berduaan dan usahakan pergi ke tempat ramai.

 

3. Melakukan kegiatan positif

puasa sambil pacaran dengan kegiatan positif img
Shutterstock

Pacaran sambil berpuasa juga bisa menjadi kegiatan positif, loh. Tentunya dengan mengikuti kegiatan positif bareng pacar. Misalnya, kamu bisa ikut menjadi relawan di panti asuhan, atau kamu bisa menjadi panitia suatu acara amal Ramadhan, dan masih banyak lagi. Saat bulan Ramadhan, banyak sekali instansi yang membutuhkan tenaga muda seperti kalian. Jadi, jangan ragu untuk mendaftar bersama dan berbuat hal-hal yang baik bersama pacar. Selain kamu bisa menghabiskan waktu bersama, kamu bisa menambah pahala.

 

4. Jangan bertemu sebelum buka puasa

Pada prinsipnya, menahan nafsu seharusnya dilakukan selama satu bulan full bulan Ramadhan, tidak peduli apakah kamu sedang puasa atau sudah berbuka. Tapi, kalau kamu memang ingin memilih waktu berkencan yang tepat, sudah pasti setelah buka puasa. Jika ingin berkencan, cobalah untuk bertemu saat atau setelah buka puasa. Kamu bisa janjian bukber dengan dia atau setelahnya. (Baca juga: Resep Takjil Lezat dan Mudah Untuk Buka Puasamu)

 

5. Melakukan ibadah bersama

Kalau kamu tidak ingin jadwal pacaran dan jadwal ibadahmu terganggu, atau jadwal keduanya bentrok, mungkin kamu bisa menggabungkannya. Caranya, kamu bisa melakukannya barengan. Misalnya, kamu bisa mengaji bareng di rumah, solat bareng, atau pergi tarawih bareng. Dengan begitu, waktu pacaranmu bisa membawa pahala dan manfaat, bukan?

Related Articles