Puasa Harus Tetap Rajin Olahraga! Ini Fakta Tentang Puasa dan Olahraga!

May 17, 2018 by Larissa

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Meski kita puasa, bukan berarti kita harus menjalaninya dengan lemas dan tidak berenergi. Justru puasa harus dijalankan dengan penuh semangat dan aktivitas agar pahalamu semakin berlimpah. Begitu juga dengan olahraga. Mungkin kamu pikir bulan puasa adalah bulan di mana kamu bisa “cuti” olahraga. Bagaimana tidak, untuk beraktivitas biasa saja terkadang tubuh sudah lemas, apalagi olahraga? Eits, jangan salah. Meski puasa, kita bisa banget loh, berolahraga. Ini fakta yang harus kamu ketahui soal puasa dan olahraga!

 

 

1. Kapan harus olahraga?

Shutterstock

Mungkin kamu bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa. Apakah di pagi hari saat tubuh setidaknya masih segar? Atau di sore hari saat sudah dekat waktu berbuka? Atau mungkin malam hari saat kamu sudah berenergi kembali setelah buka? Jawabannya adalah saat kamu sudah buka puasa. Seperti olahraga saat hari-hari biasa, olahraga sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan saat perut kosong untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mual, pusing, dan lemas. Tapi jika kamu memiliki stamina yang cukup, olahraga 30-60 menit menjelang berbuka puasa juga dibolehkan, lo. Karena setelahnya kamu akan langsung mendapat asupan energi saat berbuka.

 

2. Olahraga macam apa yang bisa dilakukan?

rajin olahraga img
Shutterstock

Seperti halnya dengan hari-hari biasa, jenis olahraga apa yang kamu lakukan semuanya bergantung pada kemampuan masing-masing individu. Hal ini tentu berlaku saat kamu sedang puasa. Dirimulah yang tahu batas kemampuan tubuh untuk berolahraga. Seberapa banyak, seberapa lama, dan jenis olahraga yang dilakukan di bulan puasa semuanya bergantung padamu dan kemampuan tubuhmu. Namun, beberapa ahli medis menyarankan, terutama jika olahraga dijalankan saat kamu sedang puasa, jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya yang ringan-ringan saja, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. (Baca juga: 6 Gerakan Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan di Mana Saja, Termasuk Kamar Sempitmu!)

 

3. Apa yang harus disiapkan?

rajin olahraga ringan img
Shutterstock

Olahraga tidak akan memiliki hasil maksimal jika kamu tidak memberi asupan makanan yang tepat untuk tubuhmu. Karena itu, hal yang harus persiapkan paling utama adalah makanan dan minuman apa yang kamu konsumsi. Saat berpuasa, kamu hanya diberikan dua waktu makan, yaitu saat sahur (sebelum subuh) dan saat berbuka (maghrib). Karena itu, pastikan tubuhmu mendapat asupan yang dibutuhkan saat kedua waktu tersebut. Saat sahur, disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan tinggi lemak agar energi tersebut tidak cepat dicerna. Sedangkan saat berbuka kamu disarankan mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat, serat, dan protein yang tinggi. (Baca juga: Apa yang Kamu Makan Sebelum Olahraga Berpengaruh Pada Hasil Olahragamu, Loh!)

Selain makanan, tentu saja hal yang identik dengan olahraga dan puasa adalah minum. Hal ini adalah hal yang sudah pasti harus dilakukan oleh kamu yang ingin olahraga di bulan puasa. Perbanyaklah konsumsi air putih, sebaiknya lebih banyak daripada biasanya di luar bulan Ramadhan. Kurangnya cairan tubuh selama puasa, serta keringat yang banyak keluar saat olahraga merupakan alasan utama kamu harus memperhatikan konsumsi airmu.

 

 

Related Articles