Psst, Ini Triknya Agar Manikurmu Tetap Awet Berminggu-minggu

Jan 01, 2018 by carmelw

Bagi seorang wanita memiliki kuku yang terlihat terkelupas, kusam, dan tidak sehat tentu bukan hal yang menyenangkan. Karenanya, untuk membuat tampilan kuku cantik, bersih, segar, dan terawat, biasanya mereka memilih melakukan perawatan kuku atau biasa disebut dengan manikur yang dapat dilakukan di salon atau klinik kecantikan.

Meski demikian, seringkali hasil manikur tidak dapat bertahan lama. Kuku tangan akan mulai terkelupas akibat rutinitas harian dan menyebabkan kondisinya kembali ke kondisi semula sebelum perawatan. Nggak pingin hal ini terjadi dan bikin kamu bete kan? Berikut ini lima tips agar hasil manikurmu tetap awet yang akan Miignon bagikan khusus untuk kamu yang sangat peduli akan kecantikan kuku jari tanganmu.

menjaga manikurmu tetap awet img
Sumber: pexels.com

Tips Manikurmu Tetap Awet

Lindungi kuku dari air

Membiarkan kuku terlalu lama terendam air dapat memperpendek umur manikur, karena dapat menyebabkan kutek mudah mengelupas. Sebaiknya gunakan sarung tangan karet saat sedang melakukan aktivitas mencuci. Jangan terlalu lama membiarkan kuku terendam air saat mandi. Sebagai tambahan, hindari mencuci tangan di air panas setidaknya 12 jam setelah melakukan perawatan.

Melindungi kuku dari air ini juga berlaku sebelum melakukan perawatan. Sebab, kuku akan dengan mudah menyerap air dan memperlebar bentuk alaminya. Saat kuku selesai dipoles dan air kemudian menguap akan menyebabkan kuku bereaksi dan strukturnya menjadi mudah pecah. Solusinya, bersihkan kuku dengan bola kapas yang direndam dengan remover berbasis aseton untuk memastikan tidak adanya minyak, air, atau pelembab yang tertinggal di kuku yang dapat membuat kutek tidak dapat bertahan lama.

 

Lakukan perawatan kutikula

Kutikula adalah lapisan tipis kulit mati di pangkal kuku yang sebenarnya adalah bagian dari kulit. Sama seperti halnya kulit, kutikula juga bisa mengering, terkelupas, dan bersisik yang sangat berpengaruh pada penampilan kuku.

Banyak orang yang saat memanikur kukunya, kutikula juga ikut dipotong. Akibatnya bisa terjadi infeksi atau iritasi serta berbagai masalah kuku seperti munculnya bintik putih, garis putih pada kuku, dan terhambat pertumbuhannya. So, kalau kamu ingin hasil manikur berumur panjang, jangan lupakan untuk melakukan perawatan kutikula juga ya.

Gunakan base coat

Sama seperti halnya primer dalam make up wajah, base coat biasanya digunakan untuk menyempurnakan kutek pada kuku dan menjaga tampilannya lebih tahan lama. Base coat biasanya  digunakan sebelum melakukan pemakaian kutek.

Dengan menggunakan base coat sebagai lapisan dasar, nantinya kuku akan lebih terlindungi terutama dari efek yang terjadi setelah penggunaan remover, seperti kuku retak, dan berwarna kekuningan.

Baca Juga: Bahaya Cat Kuku: Bikin Tampilan Kuku Jelek Hingga Masalah Kesehatan Serius

Aplikasikan top coat secara rutin

Top coat yang berwarna bening biasanya digunakan sebagai lapisan akhir setelah mengaplikasikan kutek berwarna. Fungsinya untuk melapisi warna kuku agar menjadi lebih cerah serta mencegah cat kuku mudah mengelupas dan tergores.

Mengaplikasikan top coat pada kuku secara rutin setidaknya dua atau tiga hari sekali dapat membuat manikurmu lebih awet.

Hindari penggunaan hand sanitizer

Hand sanitizer alias pembersih tangan biasanya mengandung alkohol yang berfungsi untuk mematikan bakteri yang ada di tangan. Sayangnya, kandungan alkohol yang ada di dalamnya dapat menyebabkan kuku dan jari tangan kering serta membuat tampilan terlihat kusam. Manikurmu pun jadi nggak awet.

Untuk mencegahnya, hindari penggunaan hand sanitizer dan sebagai gantinya cucilah tangan dengan menggunakan sabun tangan dan air hangat bila memungkinkan.

Nah, itu tadi lima tips bagaimana mempertahankan hasil manikurmu tetap awet dalam waktu yang lama. Ternyata mudah kan?

Baca Juga: Bentuk Kuku Ternyata Bisa Mengungkapkan Kepribadian Seseorang Lho

Related Articles