Tak Disangka 6 Peralatan Dapur Ini Bantu Hidup Lebih Sehat

Apr 24, 2018 by Karina Mustika

Kesehatan selalu menjadi  kepedulian semua orang, tak terkecuali pun kita.  Biasanya saat membicarakan tentang kesehatan, hal utama yang menjadi fokus banyak orang selalu hanya pada makanan.  Ini dimulai dari bahan-bahannya hingga cara pengolahannya. Tetapi kita sering sekali melupakan peran lainnya yang juga bertugas untuk menjaga kesehatan kita. Siapakah dia? Dia adalah peralatan dapur yang sehari-hari kamu pakai.  Dia yang sering banget kita lupain, padahal  ternyata peralatan dapur juga dapat membantu kamu untuk hidup sehat lho girls.

Kok bisa sih peralatan dapur juga bikin lebih sehat, apa hubungannya? Mungkin pertanyaan itu muncul di kepalamu. Dan ternyata beberapa alasannya sangat sederhana sekali. Yuk cari tahu apa saja yang bisa bantu kamu jadi lebih sehat!

Peralatan dapur yang bisa bantu kamu jadi lebih sehat

1. Timbangan dapur

peralatan dapur
Image: shutterstock.com

Biasanya kamu akan mencari benda satu ini disaat akan mencoba resep kue yang butuh keakuratan berat bahan. Padahal nih girls, timbangan dapur ternyata sangat berjasa buat membantumu hidup sehat. Caranya dengan mengerti persis porsi dari makanan yang akan kamu makan. Karena faktanya kebanyakan orang makan lebih banyak dari yang mereka sadari. Apa yang terlihat sedikit belum tentu benar-benar sesuai dengan takaran ideal asupan yang tubuhmu butuhkan.

2. Cetakan muffin

peralatan dapur
Image: shutterstock.com

Cetakan muffin sama baiknya untuk mengontrol porsi makanmu. Porsi kecil yang tersedia juga bisa jadi patokanmu buat makan, dibanding jika kamu mengambil dari porsi besar yang utuh. Selain itu cetakan ini juga berfungsi untuk membuat makanan yang lebih awet dan praktis. Contohnya seperti membuat muffin telur, kamu tinggal menambahkan bumbu-bumbu yang kamu suka dan memanggangnya. Sisanya dapat kamu gunakan untuk sarapan atau bekal ke kantor. Cara ini juga tidak membutuhkan banyak minyak goreng lho.

3. Mangkuk tahan panas

peralatan dapur
Image: shutterstock.com

Perkembangan teknologi perlahan juga menggiring kebiasaan makan manusia menjadi lebih praktis. Apalagi yang lebih mudah dibanding dnegan makanan jadi yang hanya memerlukan waktu dua menit di dalam microwave. Tapi kamu perlu tahu girls bahwa makanan tersebut rata-rata mengandung sodium serta bahan pengawet yang tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Itulah mengapa peran mangkuk tahan panas sangat berguna disini. Kamu tinggal memasukkan filet ikan atau makanan favoritmu yang lain kemudian memasukkannya ke microwave. Bahan kaca dan penutup silikonnya memang di desain dapat digunakan dalam oven serta microwave. Praktis juga kan jika kamu bawa sebagai bekal tanpa perlu memindahkan wadahnya.

4. Slow cooker

peralatan dapur rumah img
Image: shutterstock.com

Mungkin sebagian dari kamu belum pernah mendengar tentang peralatan dapur yang satu ini, slow cooker. Meskipun sekilas mirip seperti tempat untuk menanak nasi, namun ternyata fungsinya justru lebih banyak. Salah satunya adalah untuk memasak masakan. Karena teknologi panas rendah untuk memasak, maka nutrisi dari makanan yang kamu masak tidak banyak hilang seperti saat kamu memasak dalam suhu sangat tinggi.

Hal yang paling malas kamu lakukan sepulang aktifitas seharian di luar rumah pasti adalah memasak. Harus mengupas bawang, memotong wortel dan daging. Makanya masyarakat jaman milenial lebih memilih pesan makanan siap saji. Nah dengan slow cooker kamu hanya perlu memasukkan bahan-bahan dan meninggalkannya, saat kamu pulang kerumah makananmu sudah siap dijamin dengan daging yang super empuk.

5. Apple slicer

peralatan dapur bersih img
Image: shutterstock.com

Miignon juga sangat suka dengan buah apel, selain rasanya yang segar manfaat dari fitamin ynag di kandungnya juga sangat baik bagi tubuh. Tapi kadang memotong apel membutuhkan waktu khusus dan itu jadi yang bikin malas. Kamu juga gitu gak girls? Tapi sekarang sudah tidak ada alasan lagi karena adanya apple slicer. Hanya dengan satu gerakan kamu akan mendapatkan apel atau buah pirmu terpotong rapi menjadi banyak bagian.

6. High speed blender

peralatan dapur sehat img
Image: shutterstock.com

Fungsi utama dari blender memang untuk membuat jus buah. Tapi high speed blender juga dapat membuat banyak hal sehat lainnya lho. Salah satu contohnya adalah non-diary milk seperti susu almond, atau saos lezat seperti guacamole. Jadi proses membuat makanan sehatmu menjadi lebih praktis dan sangat hemat waktu.

Baca juga: 

5 Snack Populer Favoritmu Ini Ternyata Vegan Lho!

Pengaruh Minum Susu Setiap Hari Pada Tubuh Orang Dewasa

Related Articles