Pentingnya Untuk Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Mar 07, 2018 by Karina Mustika

Berbagai macam aktifitas memang sangat menyita waktu dan tenagamu. Hingga kadang kamu melewatkan hal-hal penting seperti berkumpul bersama keluarga. Padahal menghabiskan waktu bersama keluarga itu sangat penting. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Jadi sesibuk apapun kamu usahakan untuk tetap memiliki “quality time” bersama mereka.

Alasan pentingnya kamu harus meluangkan waktu bersama keluarga

#1. Memperkecil jarak antara orangtua dengan anak

Pada saat pubertas, kebanyakan remaja mengalami masa dimana “anak sulit berkomunikasi dengan orangtua”. Dari sana biasanya kedekatanmu dengan orangtua akan merenggang dan terbentuklah jarak diantara kalian. Hal ini memang wajar terjadi kok girls. Namun setelah melalui masa tersebut, seharusnya kamu mulai belajar untuk dewasa dan mencari solusi dalam hubunganmu dengan orangtua.

Salah satunya adalah dengan sering-sering menghabiskan waktu dengan keluargamu. Bagaimanapun perselisihan diantara kalian, mereka adalah orangtua yang telah berjasa membesarkanmu. Dan seiring berjalannya waktu kondisi tersebut seharusnya sudah tidak menjadi masalah. Semakin sering kamu berkumpul dengan keluargamu, maka semakin kalian memahami satu sama lain.

#2. Memperkuat rasa sayang

Bagaimana kamu benar-benar dapat menunjukkan kasih sayangmu jika jarang bertemu dengan anggota keluarga padahal masih satu rumah. Bertemu hanya di pagi hari lalu sibuk seharian dan pulang larut malam. Selalu seperti itu setiap harinya. Tanpa sempat mengobrol santai dengan Ayah, Ibu, dan saudara-saudaramu lainnya. Kamu harus merubah kebiasaan dari sekarang, selagi anggota keluargamu masih lengkap. Karena kebanyakan orang hanya akan menyesali waktu yang mereka sia-siakan tanpa peduli dengan orang yang paling menyayangi mereka.

Itulah pentingnya kamu menghabiskan waktu bersama keluarga. Saling berbagi pengalaman dan cerita, dapat lebih peka dengan kondisi yang dialami oleh anggota keluarga yang lain, dan pastinya hubungan keluargamu menjadi lebih kompak dan harmonis. Jadi kamu perlu paham arti sesungguhnya dari keluarga bukanlah sebatas rumah tempat kamu tidur setiap harinya.

#3. Menghindarkan diri dari berbagai hal negatif

Memiliki teman yang banyak memang terasa menyenangkan. Begitu pula dengan berbagai kegiatan yang kamu habiskan bersama mereka. Sepertinya tidak pernah membuat kamu merasa lelah. Sepulang kuliah atau kerja kamu selalu menyempatkan waktu hangout dengan mereka. Tapi tahukah kamu ada yang lebih berarti dari mereka semua yaitu keluargamu sendiri.

Pada saat kamu benar-benar sedih dan terjatuh, orang yang akan menerimamu dan memberikan dukungannya tanpa berharap imbalan adalah keluargamu. Kamu yakin teman-temanmu akan melakukan itu? Pastikan kamu tahu betul porsinya kapan waktu untuk teman, kapan untuk keluarga. Saat kamu benar-benar memiliki hubungan yang dekat dengan keluargamu, maka hal-hal baik pasti akan mengiringimu. Dan sebaliknya, kamu akan terjauh dengan berbagai macam hal negatif di luar sana.

Kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga

menghabiskan waktu bersama keluarga pic
Image: shutterstock.com

Banyak cara untuk mengisi momen seru bersama keluarga. Tidak selalu harus dengan modal yang mahal, karena intinya adalah kebersamaan kalian. Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan bersama keluarga.

– Jika selama ini Ibumu selalu memasak untukmu seisi rumah, maka coba luangkan waktu untuk membantu di dapur. Kamu bisa belajar banyak tentang memasak dan kalian bisa saling bertukar pikiran. Semakin banyak yang ikut membantu di dapur maka semakin baik.

Nonton DVD bersama seluruh anggota keluarga. Selain kegiatan ini lebih hemat dibanding dengan harus pergi ke bioskop, suasana pasti akan lebih seru dan santai. Kalian juga lebih bebas untuk mengobol dan becanda saat menonton di rumah.

 

Jangan Ditunda, Sampaikan Perasaanmu Pada Orang Tercinta

Selain Sama Ibu, Inilah Alasan Mengapa Kamu Juga Harus Dekat dengan Ayah

Related Articles