Pekerjaan Freelance yang Cocok Buatmu Mahasiswa Jurusan Komunikasi

Apr 26, 2018 by Silvia Ayu

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa tentu mengasyikkan. Meski kadang kamu dipusingkan dengan tumpukan tugas atau susahnya bertemu dosen untuk bimbingan skripsi, masa-masa indah semasa perkuliahan tetap saja bikin kangen. Belum lagi kalau kamu tinggal di rumah kos, pasti makin banyak kenangan yang nggak bisa dilupakan.

Ngomong-ngomong soal mahasiswa, Miignon ingin memberikanmu beberapa referensi tentang pekerjaan freelance khusus untuk jurusan komunikasi. Karena Miignon yakin belum semua dari kamu aware tentang hal ini, nggak ada salahnya kamu simak sampai selesai karena pasti akan berguna di kemudian hari!

 

Beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa jurusan komunikasi

Tour guide

pekerjaan freelance tour guide img
https://unsplash.com/

Menjadi seorang pemandu wisata itu bukan pekerjaan yang mudah. Hanya mereka yang punya tingkat kepercayaan diri tinggi dan mau membuka wawasan lah yang bisa survive di sini. Gimana nggak, menjadi tour guide berarti kamu diwajibkan bertemu dengan orang baru baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk itu, manfaatkan skill berkomunikasimu untuk menjadi tour guide selama masa magang atau menunggu skripsi, ya!

Admin sosial media

pekerjaan freelance admin sosmed img
https://unsplash.com/photos/tMI2_-r5Nfo

Jurusan Komunikasi pasti nggak akan jauh dari dunia public relations atau marketing. Di sini, kamu dituntut untuk pintar berkomunikasi dengan orang yang nggak dikenal sebelumnya. Bisa jadi, kamu pun akan mempromosikan produk dengan bahasa ‘sales’ yang nggak semua mahasiswa bisa melakukannya, lho.

Kalau kamu sudah pernah jadi admin, yakin deh jaringanmu akan luas dan nggak susah buat nyari kerja saat lulus nanti! 🙂

Content creator; fotografer, videografer atau penulis

https://unsplash.com/photos/d299Wu2xipY

Salah satu keuntungan menjadi mahasiswa komunikasi adalah banyaknya ilmu praktik yang dipelajari. Misalnya saja kamu bisa belajar bagaimana menghasilkan foto dan video yang baik serta layak jual, nggak lupa juga cara-cara jitu untuk menulis, baik di blog pribadi maupun media massa.

Nah, kenapa kamu nggak mengasah kemampuanmu untuk menjadi fotografer, videografer atau penulis? Lumayan lho buat portofolio nanti!

Penyiar radio

pekerjaan freelance penyiar radio img
https://unsplash.com/photos/p44B3PKChs4

Alih-alih untuk menambah pengalaman dan tentunya uang saku, menjadi penyiar radio itu mengasyikkan. Kemampuan public speaking-mu akan bertambah secara bertahap dan ini akan berguna ketika kamu benar-benar terjun ke dunia kerja.

Ingat ya teman-teman, salah satu kunci sukses menjadi lulusan jurusan komunikasi adalah adanya kepercayaan diri. Kalau nggak diasah sejak dini, mau kapan lagi? Semangat, ya!

Related Articles