Paulo Coelho, Penulis Luar Biasa yang Perlu Ada di Reading List-mu

Jul 20, 2017 by Karina Mustika

Sang Alchemist, Brida, serta Manuskrip yang Ditemukan di Accra adalah beberapa novel karya Paulo Coelho. Masih banyak lagi novel karya Paulo Coelho yang lain yang mungkin pernah kalian dengar. Bukan tanpa alasan tentunya mengapa novelnya telah diterjemahkan ke dalam 81 bahasa dan mendapatkan predikat sebagai buku dengan penjualan terbaik sepanjang masa.

Ini dia alasan yang perlu kamu ketahui jika kamu belum pernah membaca salah satu karya Paulo Coelho. Miignon akan mengulik sedikit mengenai kehidupan dari penulis dunia tersebut. Apalagi jika kamu termasuk dalam kategori cewek yang suka membaca. Pastikan kamu melihat ke deretan novel Paulo Coelho saat berkunjung ke toko buku.

sang alkemis - buku novel pic
Sumber: hartonomall.com

Memiliki pengalaman hidup yang sangat beragam

Paulo adalah seorang anak laki-laki biasa yang lahir di Brazil dan merasakan proses untuk menemukan jati diri. Sama seperti orang pada umumnya, banyak hal telah dia lakukan selama masa hidupnya. Mulai dari perilaku baik hingga yang berbanding terbalik dengan itu. Mulai dari dikeluarkan dari sekolah, menggunakan obat-obatan terlarang, menjalani hidup sebagai kaum Hippie, dan melakukan banyak sekali perjalanan.

Beberapa bagian benua telah dikunjungi oleh Paulo Coelho. Dari perjalanannya tersebut Paulo banyak mendapat pengalaman berharga yang kemudian dikembangkan pada beberapa karyanya. Dan itu pula alasan mengapa pada beberapa novelnya Paulo sering menekankan pentingnya menjelajahi dunia dengan melakukan perjalanan. Tujuan dari hal itu adalah untuk menemukan, mengenal, dan memahami banyak hal di dunia ini yang belum kita ketahui.

Keinginannya untuk menjadi penulis mendapat banyak rintangan

Sejak remaja Paulo telah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang penulis. Namun keinginannya tersebut sangat ditentang oleh kedua orangtuanya. Mereka tidak dapat memahami mengapa Paulo ingin menjadi penulis sedangkan ayahnya saja adalah seorang ahli mesin. Orangtua Paulo sangat menginginkan anaknya belajar di sekolah hukum, namun keinginan tersebut ditolak olehnya. Karena penolakannya untuk mengikuti jalan yang telah dipilih oleh orangtuanya tersebut, Paulo dibawa ke Rumah Sakit Jiwa.

Begitu sulitnya perjalanan seorang Paulo untuk menjadi seorang penulis. Karena penolakan bertubi-tubi yang dialaminya. Bahkan Paulo sempat berpikir untuk meninggalkan mimpinya tersebut. Setelah melakukan perjalanannya dan kembali ke Brazil, Paulo sempat menjadi penulis lagu dan kemudian ditangkap oleh pemerintah militer yang berkuasa saat itu karena lirik lagu ciptaannya dianggap berbahaya bagi mereka.

Selain itu Paulo juga sempat menjadi seorang aktor, jurnalis, dan pemain teater sebelum akhirnya dia kembali kepada mimpinya sebagai penulis.

buku karya Paulo Coelho pic
Sumber: amazon.com

 Dekat dengan para penggemarnya melalui sosial media

Sejak sosial media semakin berkembang Paulo Coelho telah memiliki beberapa akun agar dapat selalu dekat dengan penggemarnya. Baik Blog pribadi, Facebook, Twitter, hingga Instagram Paulo telah memiliki jutaan pengikut. Paulo memberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pengemarnya melalui ruang sosial media tersebut. Tidak jarang pula Paulo memposting kata-kata bijaknya disana. Bahkan telah terbit satu buku yang berisi kumpulan quote Paulo dalam tweet di Twitter nya.

Kedekatan Paulo dan para pembacanya membuat penulis satu ini memiliki banyak penggemar. Tidak heran bahwa Paulo dapat memenangkan Guinness World Record for most translated book by a living author (buku yang paling banyak diterjemahkan oleh penulis yang masih hidup). Hampir kebanyakan orang menganggap bahwa setelah membaca karya Paulo Coelho membuat mereka mengubah sudut pandang dalam hidup mereka.

Bagaimana? Apa kalian masih ragu untuk mencoba membaca salah satu dari karya legendaris Paulo Coelho? FYI girls, beberapa tokoh terkenal seperti Madonna, Will Smith, Oprah Winfrey, hingga Bill Clinton mengaku bahwa novel Paulo yaitu Sang Alkemis merupakan novel favorit mereka.

 

 

 

Related Articles