Oxytocin Adalah Hormon Cinta?

Apr 16, 2018 by Larissa

Jenis hormon yang satu ini sering kali disebut-sebut sebagai hormon cinta. Dengan kata lain, banyak orang percaya kalau hormon inilah yang bekerja saat kamu pasangan berpelukan, berpegangan tangan, berciuman, dan kegiatan romantis lainnya. Tapi sebenarnya bagaimana sih cara kerja hormon yang satu ini?

 

Apa itu hormon oxytocin?

oxytocin hormon img
Shutterstock

Hormon ini adalah hormon yang dimiliki semua manusia, meski pada wanita dikatakan lebih tinggi levelnya. Dari segi medis, hormon ini sebenarnya berfungsi sangat besar untuk wanita karena berperan dalam aktivitas seksual, melahirkan, dan menyusui. Tapi, hormon ini juga memiliki fungsi sosial. Hormon ini membantu memperkuat ikatan batin antar pasangan, menyimpan kenangan, memperkuat rasa percaya, dan masih banyak lagi. (Baca juga: Jangan disepelekan, Ini Tandanya Jika Hormonmu Tidak Seimbang)

 

Apakah oxytocin merupakan hormon cinta?

oxytocin hormon berpelukan img
Shutterstock

Menurut penelitian, pasangan yang masih dalam tahap PDKT atau tahap awal hubungan akan memiliki hormon oxytocin yang sangat tinggi, terlebih jika dibandingkan dengan orang yang masih single. Saat hormon oxytocin dilepas ke otak, hormon itu akan mempengaruhi emosi, pikiran, dan kemampuan sosial seseorang.

oxytocin hormon kemesraan img
Shutterstock

Suatu penelitian mengatakan bahwa hormon yang berpengaruh pada emosi dan kemampuan sosial seseorang dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks, menjadi lebih percaya, dan stabil. Karena itulah, saat pasangan berpelukan atau melakukan kegiatan romantis lainnya, pasangan tersebut akan merasa rileks. Hormon ini juga ternyata bisa mengurangi kadar stres dan anxiety seseorang, loh.

Related Articles