3 Novel Terbaik Karya Rainbow Rowell

Feb 05, 2018 by Gabriella Sakareza

Rainbow Rowell sudah bukan nama baru dalam dunia pernovelan. Dirinya mampu berjejer dengan nama-nama author cerita pop romance seperti Jojo Moyes, John Green, Meg Cabot, dll. Yang membedakan dari author-author lainnya adalah, Rowell mampu menciptakan cerita yang realistis, gaya bahasa yang ringan, tapi mampu menyentuh perasaan.

Meski selalu ada konflik, tapi konfliknya tidak berlebihan, alias bisa disederhanakan dan disampaikan dengan baik. Sangat realistis dengan kehidupan yang sebenarnya. Kalau kamu penggemar novel, kamu harus tahu novel terbaik dari Rainbow Rowell!

Novel  Terbaik Karya Rainbow Rowell

1. Fangirl

source: Goodreads.com

Novel itu sendiri mengisahkan tentang Cather Avery, seorang remaja berusia 18 tahun yang baru saja memasuki dunia perkuliahan bersama saudari kembarnya, Wren. Tapi Cath dan Wren bukanlah remaja biasa, mereka berdua adalah seorang fangirl.

Mereka tergila-gila dengan Simon Snow, sebuah karya fiksi-fantasi karya Gemma T. Leslie, terutama Cath. Cath bahkan menulis fanfiction tentang Simon, dan terkadang Wren membantunya dalam bagian aksi. Cath mempunyai sebuah situs tempatnya menaruh hasil karyanya, FanFixx.net dengan nama samaran Magicath.

Dunia perkuliahan tentu menjadi suatu dunia baru yang (mungkin) akan menyenangkan dan tentu saja seru. Tempat dimana semua hal baru muncul. Tempat untuk mencari teman baru. Lingkungan baru. Pengalaman baru. Tapi itu menurut Wren, tidak dengan Cath. Cath benci perubahan. Ia tidak suka hal baru.

Sayangnya, di dunia perkuliahan selalu ada hal baru. Bahkan, Cath juga harus menyesuaikan perubahan yang dialami oleh Wren, yang semakin hari semakin berbeda, dan kemudian menjauh. Padahal, Cath selalu mengandalkan Wren.

2. Eleanor & Park

novel eleanor & park pic
source: Rainbowrowell.com

Sesuai judulnya, novel ini mengisahkan tentang dua nama tersebut. Park- merupakan seorang siswa yang memiliki campuran Asia (tepatnya Korea) dari sang Ibu, yang membuatnya merasa berbeda dari murid lainnya. Membuat Park terjebak dalam kehidupan sekolahnya yang menjemuhkan.

Hingga pada suatu pagi, pada bus sekolah tempat ia biasa melakukan transportasi ke sekolahnya, kedatangan satu gadis baru.  Sayangnya, tidak adanya tempat duduk lagi yang tersedia, selain tempat duduk Park, membuat Park harus rela berbagi tempat duduk dengan gadis tersebut, membuat kehidupan Park, makin terjebak.

Eleanor- merupakan gadis baru, yang berarti harus menerima segala hal yang sudah memiliki ketetapan di tempat yang baru ditemuinya itu. Ia harus rela berbagi (lebih tepatnya dibagi tempat duduknya) dengan seorang anak Asia. Hal itu belum ada apa-apanya, dibandingkan dengan tatapan anak-anak jahat di bus serta di sekolah barunya itu, serta ejekan anak-anak sekolah barunya. Namun, kehidupan di sekolahnya lebih baik dibandingkan dia harus pulang ke rumah.

Eleanor dan Park- dua manusia yang dipertemukan dalam bus sekolah, ditengah keharusan yang membuat kedua-duanya kesal. Namun dimulai dari Eleanor yang mencuri pandang pada komik yang dibaca Park di bus, kemudian Park mulai meminjamkan komiknya tersebut, komentar-komentar kecil dilontarkan, hingga Park memberikan kaset berisi kumpulan lagu… Semua terjadi begitu saja, secepat hubungan mereka..

3. Attachments

novel karya rainbow rowell img
source: Goodreads.com

Novel ini bercerita tentang Lincoln, yang memiliki pekerjaan untuk membaca email-email karyawan di kantornya. Saat ia melamar pekerjaan sebagai petugas keamanan Internet, pemuda itu mengira ia akan membangun firewall dan melawan hacker, bukannya memberi peringatan pada karyawan yang mengirim E-mail berisi lelucon jorok seperti sekarang.

Beth dan Jennifer tahu bahwa ada seseorang di kantor yang memonitor E-mail mereka. Hal itu adalah kebijakan kantor. Namun, mereka tidak menganggapnya serius. Mereka bertukar E-mail tentang hal-hal paling pribadi.

Saat Lincoln menemukan E-mail Beth dan Jennifer, pemuda itu tahu ia harus melaporkan mereka berdua. Namun ia tidak bisa. E-mail mereka terlalu menarik untuk dilewatkan. Hanya saja, saat Lincoln sadar ia mulai jatuh hati pada salah satunya, sudah terlalu terlambat untuk memulai perkenalan. Bagaimana mau berkenalan, kalau Lincoln sudah tahu rahasia-rahasia besar orang yang disukainya?

Related Articles