Novel Sedih Berikut Ini Bisa Bikin Kamu Menangis Terharu!

Feb 19, 2018 by Gabriella Sakareza

Novel romance sering menjadi banyak pilihan bagi para pecinta buku. Biasanya novel romance dibagi untuk usia pembaca, mulai dari remaja hingga dewasa. Berbagai jenis cerita romansa bermacam-macam, ada yang penuh kebahagiaan, ada juga novel sedih yang harus berakhir tragis.

Ada beberapa novel yang memiliki sad ending, untuk memancing reaksi sedih dari para pembacanya. Biasanya sih kalau sad ending, kamu sudah bisa prediksi apa yang terjadi di akhirnya kan? Kalau kamu sedang mencari novel sedih yang bisa bikin kamu menangis terharu, kamu bisa baca berbagai novel sedih berikut ini nih!

Novel Sedih Yang Bisa Bikin Kamu Menangis Terharu

1. Me Before You – Jojo Moyes

source: waterstones.com

Will Traynor sangat mencintai hidupnya, dia telah pergi ke berbagai tempat dan melakukan berbagai hal yang disukai, seperti olahraga ekstream, menjadi pengusaha sukses, memiliki segalanya. Namun, sebuah kecelakaan membuatnya lumpuh dari leher ke bawah, dia menderita quadriplegia.

Pada mulanya Will terus berusaha untuk sembuh sampai akhirnya dia menyerah, dia sudah tidak lagi bisa menikmati hidup, dia kehilangan semangat untuk terus hidup. Will menjadi pribadi yang sarkastis, sinis, dan dingin, tidak ada yang mau mengurusnya karena semua ketakutan, kecuali Nathan seorang yang mengurus kebutuhan medis dirinya. Will membutuhkan seorang lagi untuk mengurus kesehariannya.

Louisa Clark, seorang gadis yang berusia 26 tahun baru saja kehilangan pekerjaanya di sebagai pelayan kafe, Lou bertugas membantu membiayai kebutuhan hidup keluarganya karena sang adik yang single mother, Treena harus kuliah, dia satu-satunya yang bisa diharapkan.

Dia pergi ke Job Centre tapi tidak ada perkerjaan untuknya karena keahliannya terbatas, petugas pun menawari sebuah tawaran yang baru saja masuk dan bergaji lumayan, yaitu merawat orang cacat. Karena tidak ada pilihan lain dan Lou sangat membutuhkan uang, dia pun menerima tawaran tersebut.

Perkerjaannya ternyata tidak semudah yang dibayangkan Lou, Will, orang yang harus dirawatnya sangat dingin dan tidak ingin diganggu, Lou merasa tidak betah karena dia tidak tahu apa yang harus dilakukan, tapi dia tidak bisa keluar karena hanya itu pekerjaan yang dia dapatkan.

2. The Notebook – Nicholas Sparks

novel the notebook photo

The Notebook mengisahkan tentang seorang pria tua yang secara tidak sengaja menemukan sebuah buku catatan. Karena dipancing rasa penasaran kemudian pria tua itu membuka buku catatan tersebut. Ternyata buku catatan tersebut adalah milik seseorang dan berisi tulisan-tulisan tentang kisah cinta dari pemilik buku catatan itu. Kemudian kisah beralih ke masa lalu, bagaimana kisah cinta dari buku catatan tersebut terjalin.

Diawali dengan seorang pemuda bernama Noah yang berlatar pada tahun 1940-an. Pada saat itu Noah pertama kali melihat seorang gadis cantik bernama Allie. Pertemuan tersebut terjadi di sebuah acara karnaval di desa. Mereka berdua masih sama-sama berusia 17 tahun. Pertemuan pertama tersebut langsung menyisakan impresi yang sangat dalam di hati noah. Dan ia tidak bisa memungkiri bahwa dia telah jatuh cinta kepada Allie.

Kemudian Noah mencoba berbagai cara untuk bisa mendekati Allie. Tapi ternyata Allie tidak langsung mudah percaya begitu saja dengan Noah. Bahkan Allie hanya menggangap Noah tak ubahnya pria lainnya yang suka memainkan hati perempuan. Berbagai cara dilakukan Noah untuk bisa mendapatkan hati Allie, dan perlahan hati Allie mulai luluh juga. Allie mulai beranggapan bahwa Noah memang tulus mencintainya. Mereka berdua pun resmi menjalin hubungan asmara.

3. Crazy Little Things – Tracy Brogan

novel sedih tracy brogan img
source: goodreads.com

Sadie Turner sebenarnya bisa dibilang memiliki kehidupan yang sempurna, kecuali kehidupannya sendiri. Kesempurnaannya berakhir saat ia mengetahui bahwa suaminya ternyata berselingkuh dirinya. Akhirnya Sadie memutuskan untuk meninggalkannya, dan membawa anak-anaknya untuk liburan musim panas di rumah danau milik Aunty Dody.

Meski niat awalnya hanya ingin bersantai-santai dan memulihkan kesedihan, Aunty Dody tidak membiarkannya. Ia langsung berusaha mendekatkan Sadie dengan tetangganya yang masih muda, tampan, tinggi seksi, yang juga mudah mengakrabkan diri dengan anak-anaknya Sadie.

Tapi karena masih mengalami diselingkuhi, Sadia yakin pria ini juga punya kekurangan yang membuatnya tak pas untuk Sadie. Tapi mau tidak mau, Sadie harus mengakui usahanya menahan diri dari pria tersebut kian menurun, tanpa tahu ada risiko apa dibaliknya.

Related Articles