Nggak Cuma Cokelat, 10 Makanan Sehat Ini Bisa Membantu Menghilangkan Stres

by :

Saat kamu sedang merasa stres, mungkin kamu akan berusaha mengalihkannya pada makanan-makanan yang kaya akan kalori dan karbohidrat. Salah satu comfort food yang paling sering menjadi pilihan ketika seseorang sedang merasa stres adalah cokelat. Cokelat memang dikenal sebagai makanan anti-depresi dikarenakan kandungan anti-oksidannya yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan memberikan efek menenangkan.

Sayangnya, banyak orang yang salah dalam memilih cokelat yang tepat. Mereka justru malah memilih cokelat susu yang mengandung banyak gula dan kalori. Selain cokelat, makanan-makanan manis lainnya seperti es krim dan kue juga menjadi makanan alternatif untuk menghilangkan stres. Padahal, gula justru malah memicu hormon stres yang bisa mengakibatkan mood swings dan rasa kekhawatiran berlebih pada seseorang. Nah, daripada mengonsumsi makanan-makanan manis yang tidak sehat dan hanya bisa meredakan stres sementara, sebaiknya kamu memilih jenis-jenis makanan lainnya yang lebih sehat. Berikut ini adalah sepuluh makanan sehat yang bisa membantu menghilangkan stres.

10 Makanan Sehat Yang Membantu Menghilangkan Stres

1. Sayuran hijau

sayuran hijau makanan sehat img
Sumber: health.com

Makan cheeseburger saat sedang stres memang tempting sih, tetapi junk food nggak bisa menghilangkan stres secara permanen dan hanya berdampak buruk pada kesehatanmu. Jika kamu ingin mengusir stres dalam jangka panjang, perbanyaklah konsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam mengandung folat yang berfungsi menenangkan otak.

2. Dada ayam

Sumber: foodnetwork.ca

Asam amino yang terkandung dalam makanan yang mengandung protein seperti dada ayam menghasilkan serotonin, yakni senyawa kimia yang mengatur rasa lapar dan perasaan bahagia. Triptofan yang ada dalam asam amino sendiri juga bersifat menenangkan. Makanan lain yang kaya akan triptofan antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, ikan, gandum, dan telur.

3. Oatmeal

Sumber: ABC News

Kalau kamu nggak bisa lepas dari makanan yang mengandung karbohidrat, kamu nggak harus selalu menolak hasratmu itu. Tetapi, ketimbang memilih donat sebagai pelarian stres, sebaiknya kamu memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal. Stres bisa meningkatkan gula darah, oleh karena itu sebaiknya kamu mengurangi stres-mu dengan mengonsumsi makanan karbo yang lebih sehat.

4. Yogurt

Sumber: prevention.com

Meskipun kedengarannya aneh, tetapi bakteri pada usus manusia ternyata juga memberikan kontribusi pada stres. Penelitian di UCLA pada tahun 2013 membuktikan bahwa sebanyak 36 wanita yang mengonsumsi yogurt lebih bisa mengontrol emosi dan stres mereka dibandingkan dengan mereka yang nggak mengonsumsinya.

5. Salmon

menghilangkan stres dengan makan salmon img
Sumber: health.com

Saat sedang stres, hormon kecemasan seperti adrenalin dan kortisol bisa meningkat. Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melawan efek negatif dari hormon stres. Selain menghilangkan stres, rajin mengonsumsi ikan salmon juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

6. Jeruk

jeruk kaya akan vitamin C pic
Sumber: prevention.com

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk berfungsi menurunkan tekanan darah dan hormon stres kortisol. Kamu bisa memakan buahnya secara langsung atau meminum sari atau jusnya. Selain menghilangkan stres, vitamin C juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercantik kulit.

7. Tiram

Sumber: prevention.com

Selama ini, tiram dikenal sebagai salah satu makanan afrodisiak. Tetapi, nggak hanya itu. Tiram ternyata juga bisa meredakan stres. Ini dikarenakan tiram mengandung banyak zinc yang ampuh dalam menurunkan hormon stres kortisol dalam tubuh.

8. Pistachio

Sumber: health.com

Kabar baik untuk penggemar kacang! Rutin mengonsumsi pistachio nggak hanya menyehatkan jantung tetapi juga membantu menghilangkan stres. Pistachio mengandung banyak magnesium yang menyeimbangkan lever kortisol dalam tubuh.

9. Alpukat

alpukat makanan sehat pic
Sumber: Clara Persis

Alpukat nggak hanya bisa mengenyangkan tetapi juga bisa membantu menenangkan otak. Tambahkan alpukat pada rotimu setiap pagi agar kamu terhindar dari stres secara permanen.

10. Bluberi

bluberi dapat membantu menghilangkan stres img
Sumber: StyleCraze

Ketika kamu sedang stres, ada pertempuran yang terjadi di dalam tubuhmu. Anti-oksidan dan fitonutrien yang ada dalam bluberi membantu memerangi hormon stres dalam tubuh. Selain melawan stres, blueberi juga melindungi tubuh dari radikal bebas.

 

Referensi:

http://vegnews.com/articles/page.do?pageId=6525&catId=7

http://www.prevention.com/mind-body/emotional-health/13-healthy-foods-that-reduce-stress-and-depression/slide/6

http://www.health.com/health/gallery/0,,20909426,00.html

http://www.rd.com/health/healthy-eating/11-healthy-ways-to-destress-with-food/