Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat di Dunia

Jun 05, 2018 by Gabriella Sakareza

Masih di tengah nuansa Ramadhan, berbagai negara di belahan dunia juga menjalankan tradisi puasa. Namun seperti yang telah diketahui, tiap negara pasti memiliki perbedaan waktu. Hal yang sama juga dirasakan saat berpuasa. Berbagai negara memiliki perbedaan waktu dan lama puasa yang berbeda juga. Jadi dari sekian banyak negara, pasti ada negara dengan waktu puasa tercepat!

Kalau sebelumnya telah dibahas nih negara mana saja yang memiliki waktu puasa paling lama, sekarang akan dibahas negara dengan waktu puasa tercepat saat berpuasa! Kira-kira, Indonesia masuk nggak ya? Simak sampai akhir!

 

Berikut beberapa negara yang memiliki waktu puasa tercepat

1. Chili

puasa tercepat negara chili img
source: national-geographic.pl

Negara di Amerika Selatan ini mengalami waktu puasa tercepat, yaitu hanya 9 jam 12 menit dalam sehari. Penduduk muslim di Chili mulai imsak Pukul 05.31 dan mereka sudah berbuka puasa pada Pukul 15.00 waktu setempat.

2. Argentina

Penduduk Muslim di Argentina, bisa dihitung dengan jari, hanya 1 persen atau sekitar 400 orang aja. Di sini, mereka melaksanakan ibadah puasa selama 10 jam saja setiap hari.

Walaupun minoritas, seperti di Jerman, Argentina sangat memiliki toleransi beragama yang tinggi. Bahkan, di Buenos Aires, ibukota Argentina, terdapat sebuah masjid besar yang menjadi pusat pembelajaran agama di Islam di Argentina dan negara-negara Amerika Latin lainnya. Masjid ini dibangun atas bantuan Raja Fahd dari Arab Saudi.

3. Australia

puasa tercepat negara australia img
source: indiaeducation.com

Berbeda dengan negara lainnya yang sudah memasuki musim panas, di Australia baru akan memasuki musim dingin. Maka dari itu, waktu berpuasanya hanya sekitar 11 jam, jadi masuk dalam daftar negara dengan waktu puasa tercepat.

4. Afrika Selatan

Afrika Selatan termasuk memiliki waktu puasa tercepat  dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Penduduk Muslim di sini hanya sebanyak 1,5 persen dari jumlah penduduknya yang sebanyak 52 juta orang. Cuaca yang panas sampai 30 derajat Celcius, menjadi tantangan tersendiri umat Muslim untuk berpuasa.

Walaupun demikian, makanan halal dapat dengan mudah ditemukan di sini, hampir di seluruh restoran cepat saji sudah berlabel halal.

5. Brazil

puasa tercepat negara brazil img
source: theculturetrip.com

Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Kristen ini melakukan ibadah puasa sekitar 13 jam. Menjadi minoritas di Brazil merupakan tantangan tersendiri bagi umat Muslim melakukan ibadah puasa di sini.

Baca juga

5 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

Ini Solusinya Bau Mulut Mengganggu Saat Puasa

Related Articles