Muncul Tahi Lalat di Wajah? Mungkin ini Karena Kesalahanmu Sendiri

Jun 26, 2018 by Dira L

Pagi hari sedang bercermina, kok rasanya ada hal yang janggal ya pada wajah. Wah, rupanya ada dua tahi lalat di wajah yang baru muncul. Dalam hati pasti kamu berpikir kok bisa-bisanya tahi lalat di wajah tiba-tiba muncul begitu saja. Apa ya penyebabnya? Well, sadar tidak sadar bisa jadi munculnya tahi lalat itu merupakan kesalahanmu sendiri, lho ladies. Supaya tidak penasaran, cari tahu penyebab munculnya tahi lalat itu, yuk!

Faktor genetik

tahi lalat di wajah
Pexels

Tahi lalat bisa muncul karena faktor genetik. Untuk kamu yang memiliki kulit berwarna terang atau cerah, biasanya tahi lalatnya akan lebih banyak daripada yang berkulit gelap. Seseorang dengan kulit terang cenderung memiliki lebih banyak nevus. Tahi lalat ini umumnya akan muncul sejak kamu baru lahir hingga usia 25 tahun. Besar kemungkinan kamu akan memiliki tahi lalat jika keluargamu juga punya banyak tahi lalat.

Tahi lalat di wajah muncul karena kamu tinggal di iklim panas

tahi lalat di wajah
Photo by bruce mars from Pexels

Tinggal di iklim yang panas seperti Indonesia memang tidak mudah. Kamu harus rajin menggunakan sunscreen di bagian yang terpapar sinar matahari. Nah, buat kamu yang lalai menggunakan sunscreen, munculnya tahi lalat di wajah adalah salah satu risikonya. Tahi lalat muncul karena kulit mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Sekarang sadar kan apa penyebab ada titik hitam di wajahmu? Rajin-rajinlah menggunakan sunscreen.

Kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu

tahi lalat di wajah
Photo by rawpixel.com from Pexels

Satu hal lagi yang menyebabkan munculnya tahi lalat di wajah adalah konsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obatan seperti hormonal, antibiotik, dan antidepresan menbuat kinerja sistem kekebalan tubuh menurun. Kulit menjadi lebih sensitif saat terkena cahaya matahari. Kalau kamu terlalu sering terkena cahaya matahari dan jarang menggunakan sunscreen, sudah pasti ada kemungkinan tahi lalat akan muncul di wajahmu. jagalah kesehata tubuh agar kamu tidak perlu mengonsumsi obat-obatan tersebut. Pastikan juga kamu selalu bahagia dan menghargai hidupmu agar tak perlu sampai mengonsumsi antidepresan.

Jaga kulit wajahmu dengan baik, ya! Baca lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui caranya. 

Sunscreen di Bawah 50ribu untuk Lindungi Kulitmu dari Sinar Matahari

Mengenal Sunscreen vs Sunblock, Apa Saja Perbedaannya?

Musim Panas Tiba, Ini Dia 5 Rekomendasi Sunblock Jagoan Under Rp 200 Ribu

 

Related Articles