Mudahnya Traveling Jaman Sekarang, Praktis dan Hemat!

May 24, 2018 by Karina Mustika

Jika dulu traveling merupakan kegiatan yang “wah” dan hanya dilakukan oleh sebagian orang, tidak sama halnya dengan sekarang. Traveling jaman sekarang semudah memencet tombol di smartphone, dan beberapa jam kemudian kamu sudah berpindah tempat. Banyak perbedaan yang semakin memudahkan kita untuk mendatangi tujuan wisata yang diinginkan. Termasuk juga dengan urusan biaya yang lebih terjangkau.

Kali ini Miignon akan membahas tentang berbagai hal tentang traveling di jaman milenial. So, tunggu apa lagi? Yuk siapkan koper dan ranselmu dan memulai perjalanan dengan berbagai kejutan serunya di luar sana!

Berbagai hal yang mendukung traveling jaman sekarang menjadi lebih mudah

traveling jaman sekarang
Image: shutterstock.com

#1 Banyaknya aplikasi pendukung

Berawal dari website yang memungkinkan kamu untuk melakukan online booking. Mulai dari tiket pesawat atau transportasi lainnya, hotel, bahkan biro wisata bisa dilakukan dari jarak jauh. Dengan informasi lengkap kamu dapat mengetahui segala hal yang kamu butuhkan.

Seiring meningkatnya kebutuhan akan smartphone, berbagai aplikasi baru dalam dunia traveling juga diciptakan. Jadi kamu gak perlu susah-susah mencari informasi dengan menggunakan PC, namun cukup mencari dalam smartphone-mu. Gak perlu ribet lagi kan!

#2 Mudahnya mendapatkan teman di dunia maya

Benar sekali, memiliki teman di dunia maya ternyata tidak hanya sekedar untuk eksistensi lho. Terutama buat kamu yang hobi traveling, hal ini benar-benar bisa sangat membantu. Karena kamu dapat berteman dengan banyak orang dan pastinya dengan tempat tinggal yang beragam di seluruh dunia. Sehingga kamu bisa mendapatkan informasi dan bantuan yang kamu butuhkan dari orang-orang tersebut.

Terlebih lagi sudah banyak pula jejaring pertemanan yang dikhususkan untuk para traveler. Bukan hanya berbagi informasi, namun kamu juga bisa mendapatkan bantuan dari para penduduk lokal tersebut. Sudah gak perlu untuk takut berwisata karena alasan gak ada teman.

#3 Review yang bisa dilakukan oleh semua orang

Jika sebelumnya kamu hanya mempercayakan penilaian terhadap suatu tempat atau fasilitas hanya pada travel blogger, sekarang sudah lebih mudah lagi. Semua orang dimungkinkan untuk memberikan penilaian mereka secara objektif. Meskipun tidak semua review bisa dianggap valid, namun kamu tetap dapat penilaian mayoritas orang. Sehingga kamu dapat mengumpulkan berbagai informasi baik positif ataupun negatif dan kemudian menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

traveling jaman sekarang
Image: shutterstock.com

#4 Keberadaan GPS

Traveling memang identik sekali dengan yang namanya peta. Malah bisa dibilang peta sudah menjadi simbolnya. Ini berkaitan dengan traveling berarti mengeksplorasi wisata suatu wilayah tertentu. Namun yang berbeda dengan traveling jaman sekarang, kamu sudah gak perlu membawa-bawa peta kertas berukuran besar. Cukup dengan smartphone kecil-mu semua dapat kamu temukan keberadaannya.

Gak ada lagi yang namanya takut nyasar atau salah jalan. Karena GPS malah dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dari pada peta. Serunya lagi nih, beberapa apliaksi malah dapat menunjukkan tingkat kemacetan dan jalan alternatif terdekat yang bisa kamu ambil.

#5 Memungkinkan untuk menghemat biaya

Memang benar traveling itu butuh uang dan budget tersendiri. Tapi justru traveling jaman sekarang ini malah memungkinkanmu untuk mendapatkan harga yang lebih murah atau sesuai budget-mu. Bayangkan saja, kamu bisa membandingkan harga tiket pesawat dan hotel yang satu dengan yang lain.

Kamu juga dapat mencari promo dari masing-masing maskapai ataupun hotel. Dan mulai banyaknya “open trip” yang diselenggarakan oleh biro wisata akan meringankan biaya dibanding kamu pergi seorang diri. Belum lagi jika teman di dunia mayamu menawarkan tempat tinggal atau bantuan lainnya. Dijamin traveling-mu bakal hemat banget deh!

 

Baca juga: 

Plus Minus Liburan Menggunakan Jasa Travel Agent

Tips Hiking untuk Pemula yang Harus Kamu Coba

Related Articles