Mobile Games, Kecanduan Baru Yang Sedang Dialami Banyak Orang

Jun 21, 2018 by Karina Mustika

Perkembangan pesat dalam bidang teknologi memang berpengaruh pada banyak hal. Yang paling terasa adalah pada sebuah benda yang biasa ada di tanganmu, smartphone. Mulai dari informasi terbaru, komunikasi, hingga hiburan bisa kamu dapatkan disana. Dan yang sedang digilai banyak orang saat ini adalah sebuah aplikasi permainan yang sering disebut dengan mobile games.

Kamu pasti juga menyadari fenomena ini kan girls. Entah teman atau saudaramu pasti salah penggemar mobile games, atau justru kamu juga termasuk di dalamnya. Yang jelas, kecanduan akan permainan ini membuat banyak orang jadi lupa waktu. Dimana pun kamu berada pasti ada saja orang-orang yang menunduk serius memandangi smartphone mereka.

Apa sih kecanduan mobile games itu?

mobile games seru img
Image: shutterstock.com

Kecanduan terhadap mobile games memang tidak semematikan seperti kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang. Tapi sayangnya kecanduan ini juga tumbuh dengan sangat cepat. Tidak menghancurkan tubuh secara langsung, namun dapat menghancurkan kehidupan orang-orang yang terlalu jauh bermain.

Dulu permainan dalam mobile phone hanya sebatas mini game dan dimainkan secara offline. Namun perkembangan aplikasi permainan maju sangat pesat hingga semua menjadi lebih menarik. Fitur-fitur baru seperti aminasi tiga dimensi serta chat langsung berupa teks dan suara. Ditunjang dengan semakin stabilnya jaringan internet juga memungkinkan jenis game seperti ini tidak hanya dilakukan dengan menggunakan PC seperti dulu.

Gejala seseorang telah kecanduan mobile games

mobile games kecanduan img
Image: shutterstock.com

#1 Menghabiskan banyak waktu luang untuk bermain. Meskipun tidak setiap saat, namun jika seseorang bermain mobile games di setiap waktu luangnya maka itu sudah dapat dikategorikan sebagai gejala utamanya.

#2 Mengabaikan sekolah atau pekerjaan. Tanda seperti ini sudah cukup menjelaskan bahwa kamu memang kecanduan. Kewajiban penting seperti melaksanakan tugas-tugas malah kamu abaikan. Lebih parahnya lagi jika sampai bolos hanya demi bermain game.

#3 Mengabaikan keluarga. Kamu harus ingat bahwa permainan tersebut tidak pernah lebih penting dibanding dengan keluarga. Jika sampai pasanganmu atau keluarga terdekatmu merasa sendirian, sudah pasti kamu telah kecanduan.

#4 Tidak peduli dengan penampilan adalah gejala lain saat seseorang telah kecanduan game. Mereka terlalu fokus dengan permainan sehingga kebersihan tubuh maupun penampilan menjadi tidak penting.

#5 Gangguan pola tidur akan terjadi pada seorang pecandu game. Karena bermain mobile games membuat lupa waktu, sehingga bermain hingga larut malam akan menjadi hal yang biasa. Dan ini menyebabkan waktu istirahat juga berkurang drastis.

Efek dari kecanduan mobile games

mobile games img
Image: shutterstock.com

#1 Keluarga akan merasa diabaikan serta merasa bahwa game-mu menjadi prioritas utama.

#2 Teman-teman yang tidak memiliki ketertarikan sama akan mobile games juga perlahan akan menjauh dari kamu karena merasa tidak nyaman.

#3 Prestasi akademik maupun kerja akan semakin menurun, bahkan sampai bisa bikin kamu kehilangan pekerjaan.

#4 Berat badan meningkat akibat kurang gerak, dan juga potensi terjadinya kelelahan.

#5 Emosi menjadi tidak stabil, sering marah terutama saat kalah dalam permainan.

Baca juga:

Masih Sering Nahan Pipis? Akibatnya Bisa Fatal lho!

Bahaya Mengintai Dibalik Skinny Jeans-Mu, Buang Jauh-Jauh!

Kopi dan Efeknya yang Terjadi Pada Tubuhmu

Related Articles