Punya Minat Di Dunia Fashion? Ini Pekerjaan Yang Cocok Buat Kamu

Jan 21, 2018 by Karina Mustika

Dunia fashion di Indonesia semakin banyak diminati oleh banyak orang. Namun masih banyak yang belum tahu bahwa dari sekedar hobi, kamu bisa menghasilkan uang dengan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan itu. Meskipun sebagian orang lainnya masih banyak pula yang meragukan keberhasilan orang-orang yang memiliki karir di bidang fashion.

Saat ini banyak tempat-tempat yang menawarkan pendidikan akademis mengenai fashion. Tujuannya adalah agar kamu dapat lebih memperdalam minatmu serta mendapatkan pengalaman belajar dari para profesional. Tetapi gak perlu khawatir girls, karena beberapa pekerjaan berikut ini tidak menuntut kamu untuk memiliki pengalaman akademis kok. Kunci utama dari pekerjaan di dunia fashion adalah selalu tahu dengan tren-tren terbaru.

6 Pekerjaan di Dunia Fashion yang Dapat Kamu Coba

Fashion writer

dunia fashion
Image: freepik.com

Sudah pernah dengar dengan perkerjaan satu ini? Yup benar sekali, disini kamu bisa menulis segala hal yang berkaitan dengan dunia fashion. Kamu bisa bekerja pada website maupun merek pakaian tertentu untuk mengisi konten di bidang tersebut. Berbekal minatmu yang tinggi di bidang ini, maka seharusnya hal itu gak sulit untuk dilakukan. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai freelancer, sehingga untuk kamu yang memiliki kesibukan lain tidak masalah dengan waktu yang fleksibel dari perkerjaan ini.

Fashion influencer Instagram

dunia fashion
Image: freepik.com

Pekerjaan lainnya yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun adalah menjadi seorang influencer. Mau apapun latar belakang akademismu, selama kamu mempunyai minat yang tinggi serta selera fashion yang baik maka orang akan menghargai hal itu. Beruntungnya adalah kamu semakin dimudahkan dengan peran media sosial Instagram.

Meskipun pekerjaan ini terbilang cukup mudah karena tidak membutuhkan modal besar atau ijazah. Kamu tetap tidak dapat asal-asalan dalam mengerjakannya. Pertimbangkan untuk memiliki foto-foto dengan kualitas yang baik. Dengan style yang oke ditambah unsur fotografi yang baik, maka siap-siap mendapat banyak follower dan mendapatkan banyak endorse dari banyak toko terutama online shop. Dari sanalah kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi uang yang jumlahnya tidak sedikit.

Fashion blogger

dunia fashion
Image: shutterstock.com

Perbedaan blogger dengan content writer adalah pada sistem pengelolaan blog yang kamu lakukan sendiri. Disini kamu bisa membahas apa saja mulai dengan memberi review tentang produk-produk, menampilkan style yang menjadi favoritmu, dan juga pengalaman pribadi lainnya. Jika semakin banyak pengunjung di halaman blog-mu maka akan semakin banyak merek besar yang tertarik dan akan memberikan produknya secara cuma-cuma untuk kamu review. Dan pendapatanmu akan semakin besar seiring makin banyaknya orang yang mengenal blogmu dan membaca tulisanmu.

Clothing line

dunia fashion
Image: freepik.com

Jangan takut dulu saat mendengar kata clothing line. Karena faktanya kamu tidak selalu harus mengeluarkan modal yang sangat besar untuk membuat sebuah merek pakaian. Kamu bisa mulai dengan produksi kecil dahulu, sehingga modal yang kamu keluarkan juga akan lebih terjangkau. Bagi kamu yang cinta dengan dunia fashion, pasti memiliki impian bahwa suatu hari kamu bisa memiliki merek yang kamu desain sendiri dan tentu saja sesuai dengan personal style-mu. So, tunggu apalagi girls? Kamu juga akan sangat terbantu dengan semakin populernya penjualan secara online.

Fashion photographer

female photographer photo
Image: freepik.com

Berikutnya adalah menjadi fotografer di bidang fashion. Pekerjaan satu ini juga bisa kamu pelajari sendiri alias otodidak. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan memfoto koleksi produk dari merek fashion, hingga melakukan liputan fashion show untuk majalah online. Kamu tetap bisa berhubungan dengan dunia yang kamu suka. Ditambah kamu juga dapat mengembangkan kemampuan di bidang fotografi. Berminat mencoba?

Personal stylist

pekerjaan di dunia fashion img
Image: shutterstock.com

Pekerjaan terakhir yang dapat kamu coba adalah sebagai personal stylist. Memang belum begitu banyak kesempatan kerja sebagai personal stylist di Indonesia saat ini. Namun tidak ada salahnya kamu mencoba. Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencoba mencari perkerjaan di stasiun tv, karena dari sana kamu dapat berkenalan dengan para artis dan lebih mudah untuk menawarkan jasamu nantinya.

Cara lainnya adalah dengan mencoba mendandani teman-temanmu dan memperbanyak portofoliomu. Semakin banyak pengalamanmu maka semakin banyak pula yang akan mengenalmu. Dan orang-orang yang membutuhkan jasamu akan mencarimu dengan sendirinya. Selamat mencoba!

Ciptakan Workspace Nyaman di Rumah Buat Kamu Para Freelance

Ide Side Job Biar Kamu Selalu Ada Pemasukan di Luar Gaji Bulanan!

Related Articles