Menonton Video Hewan Lucu Saat Kerja Bisa Menambah Produktivitas, Loh!

Apr 24, 2018 by Larissa

Enggak usah merasa bersalah lagi ketika sedang bekerja beristirahat sebentar melihat foto atau video hewan lucu seperti kucing dan anjing lucu, karena ternyata sudah terbukti bisa meningkatkan produktivitas loh! Seorang peneliti dari Jepang telah membuktikannya lewat penelitiannya yang mengubah cara pandang dunia tentang produktivitas bekerja.

Berikut video hewan lucu yang bisa meningkatkan produktivitas kerja versi Miignon

Menonton video hewan lucu bisa menambah produktivitas kerja

Shutterstock

Peneliti Jepang dari Universitas Hiroshima, Hiroshi Nittono, merilis jurnal penelitiannya mengenai hubungan antara menonton video hewan lucu dan produktivitas saat bekerja. Jurnal penelitiannya yang berjudul The Power of Kawaii menjelaskan bahwa kebalikannya dari kepercayaan orang-orang, menonton video hewan lucu di sela-sela pekerjaan justru dapat menambah daya konsentrasi dan meningkatkan kinerja otak. Hal itulah yang membuat orang menjadi produktif.

video hewan kucing lucu img
Shutterstock

Hiroshi meneliti sejumlah mahasiswa yang dibagi menjadi sejumlah grup. Ia meminta masing-masing grup untuk memainkan suatu permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Beberapa grup memainkan permainan setelah melihat foto dan video anak kucing dan anjing yang lucu. Sedangkan grup yang lain memainkan permainan setelah melihat foto atau video hewan dewasa, makanan, dan hal netral lainnya. Hasilnya, grup yang melihat foto dan video hewan lucu bermain jauh lebih baik. Tingkat konsentrasi otak mereka meningkat sehingga mereka bisa menyelesaikan permainan dengan hasil yang bagus.

video hewan anjing lucu img
Shutterstock

Kinerja seseorang bisa menjadi lebih baik saat melihat foto atau video hewan lucu karena saat itu otak manusia bagaikan sedang dihadapkan dengan bayi. Kita otomatis menjadi lebih atentif, lebih perhatian, dan lebih fokus. Selain itu, melihat anjing dan kucing lucu dapat membuatmu tersenyum, dan senyuman bisa membuat rentang perhatian atau fokus menjadi lebih panjang. Perubahan tingkat kefokusan itulah yang akan membuatmu menjadi produktif sepanjang hari.

video hewan lucu img
Shutterstock

Tentunya manusia tidak bisa bekerja terus menerus. Otak kamu akan merasa lelah setelah dipakai bekerja berjam-jam. Karena itu, bagaimanapun jenis istirahatnya bisa membuat otak lebih segar dan bisa bernapas sejenak. Daripada bekerja tanpa henti, manusia justru bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih baik jika mereka sesekali me-refresh pikiran. Jadi, jangan ragu untuk mengeluarkan ponselmu saat bekerja, buka video hewan favoritmu, dan bekerjalah lebih produktif!

Related Articles