Yang Perlu Kamu Lakukan untuk Menjaga Kulit di Usia 20an

Sep 08, 2017 by Karina Mustika

Memiliki kulit cantik dan sehat pasti merupakan idaman semua cewek. Tapi masih banyak dari kamu yang tidak peduli untuk menjaga kulit secara maksimal. Tidak mungkin bisa kamu mendapatkan hasil yang baik tanpa usaha girls. Perawatan pada kulitmu tidak hanya dimulai saat terlihat tanda-tanda penuaan atau pada usia diatas 30 tahun.

Tidak ada salahnya mencegah dan melakukan perawatan sebelum terlihat tanda penuaan di kulitmu. Tentu saja tujuannya agar menjaga kulit kamu tetap cantik hingga tua. Luangkan waktumu untuk melakukan hal-hal dibawah ini, jika usiamu sudah memasuki 20 tahun keatas. Mudah sekali kok melakukan perawatan ini sejak awal!

Tips Menjaga Kulit Sejak Usia Muda

Gunakan sunscreen untuk merawat kulit pic
Sumber: huffingtonpost.com

Gunakan sunscreen

Meskipun terlihat sepele, namun kegunaan sunscreen untuk menjaga kulit sangatlah penting. Pakailah selalu sunscreen sebelum kamu melakukan aktifitas outdoor. Penting untuk memilih sunscreen dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan jenis kulitmu. Sinar matahari memang sangat jahat dan dapat menimbulkan kerusakan pada kulitmu. Terutama jika kamu beraktifitas di luar dalam waktu lama, pastikan kamu menggunakan sunscreen setiap 2 jam sekali.

Baca juga: Lindungi Kulit Jangan Sampai Salah, Pilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu 

 

banyak minum air putih bagus untuk kulit image
Sumber: rd.com

Minum air yang banyak

Air putih atau air mineral sangat dibutuhkan untuk tubuh. Karena seperti yang kalian tahu bahwa sebagian besar tubuhmu terdiri dari cairan. Sedangkan kegunaan air mineral bagi kulitmu adalah supaya tidak terjadi dehidrasi yang salah satunya akan menjadi membuat kering dan mempengaruhi elastisitasnya.

Baca deh soal pentingnya air putih: Air Putih, Manfaat Luar Biasa yang Sering Disepelekan

 

hindari pencet jerawat img
Sumber: gazettereview.com

Jangan pencet jerawat

Jerawat yang muncul di wajahmu memang terlihat sangat mengganggu. Wajar sih jika kamu ingin cepat-cepat menyingkirkannya. Tapi memencet jerawat yang ada di wajahmu bukanlah hal yang tepat girls. Kamu gak pengen kan jerawatmu menghilang namun meninggalkan bekas luka? Maka dari itu kamu harus mengetahui cara memperlakukan jerawat dengan benar, seperti membersihkan daerah berjerawat lalu menutupnya dengan acne patch.

Pelajari lebih banyak soal jerawat disini: 5 Treatment Jerawat Darurat Penting Untuk Kamu, Jangan Asal Dipencet !

 

Istirahat cukup pic
Sumber: healthnewsline.net

Istirahat cukup 

Saat memasuki usia 20an, kamu memang harus mulai memerhatikan pola hidupmu. Salah satunya yang penting adalah waktu tidur. Usahakan kamu tidur sekitar 7-8 jam perhari. Karena disaat tidur, kulitmu tetap bekerja dan melakukan proses regenerasi kulit. Maka dari itu juka istirahatmu kurang maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada kesehatan kulitmu.

 

Jangan gunakan makeup terlalu tebal gbr
Sumber: youtube.com

Jangan gunakan makeup terlalu tebal

Diusia 20an kulitmu masih tergolong bagus dan belum memerlukan makeup terlalu banyak untuk menutupi kekurangan yang ada. Gunakan makeup natural seperti BB cream dari pada kamu menggunakan foundation. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa makeup dapat menutupi seluruh pori-pori kulitmu, sehingga akan menyebabkan kulit tidak dapat bernapas dengan baik.

 

Bersihkan makeup sebelum tidur gambar
Sumber: youtube.com

Bersihkan makeup sebelum tidur

Tidur dengan masih menggunakan makeup dapat menyebabkan banyak efek buruk terhadap kulitmu. Seperti pori-pori yang semakin membesar, menimbulkan komedo, maupun jerawat. Maka dari itu sangat penting untuk kamu meluangkan waktu sebentar sebelum pergi tidur untuk membersihkan wajahmu dari seluruh makeup yang menempel.

Baca juga: Ini yang Terjadi Saat Kamu Tertidur dengan Makeup!

 

Cuci muka di pagi dan malam haripic
Sumber: noiseware.in

Cuci muka di pagi dan malam hari

Banyak dari kalian yang berpikir bahwa cuci muka hanya diperlukan pada malam hari setelah beraktifitas. Padahal kenyataannya mencuci muka juga diperlukan saat pagi hari setelah kalian bangun tidur. Sebab disaat tidur kulitmu melakukan banyak kegiatan seperti mengeluarkan sebum. Tips untuk membersihkan wajahmu dipagi hari adalah dengan menggunakan milk cleansing secara merata lalu basuh dengan handuk yang telah diberi air hangat. Terakhir baru basuhlah menggunakan air dingin.

 

Bersihkan tangan sebelum cuci muka img
Sumber: today.com

Bersihkan tangan sebelum cuci muka

Pastikan tanganmu bersih sebelum kamu mencuci muka. Karena tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak mengandung bakteri atau kuman. Kamu gak pengen kan membasuh wajahmu dengan tangan yang penuh kuman. So, pastikan kamu sudah mencuci tangan terlebih dahulu ataupun menggunakan hand sanitizer.

 

Gunakan eyecream img
Sumber: simplylaser.com.au

Gunakan eyecream

Eyecream atau krim mata tidak hanya dibutuhkan oleh yang sudah lanjut usia. Namun disaat usiamu memasuki 20an baik untuk menggunakan perawatan mata sebelum munculnya kerutan. Gunakan krim mata yang baik dan sesuai dengan jenis kulitmu.

Berhenti merokok pic
Sumber: lifehacker.com.au

Berhenti merokok

Jangan pernah merokok jika kamu ingin menjaga kulit kamu agar tetap sehat di usia 20an. Selain dampak buruknya terhadap kulitmu merokok juga beresiko meningkatkan kemungkinan timbulnya berbagai macam penyakit di tubuh. Ingat girls, kecantikan itu tidak akan selamanya tetap sam, namun juga perlu diusahakan.

Related Articles